5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang


Pewarnaan memakai cat yaitu cara termudah untuk mendapatkan tampilan menarik tanpa kudu merogoh cost mehong. Ruangan akan tampak berantakan dan kurang cantik jika tembok tidak diberi cat atau aksesoris yang memperindah. Selain karena seni ruangan, fungsi lain cat tembok, terutama cat tahan air, membantu untuk mencegah rusak atau jamur pada dinding. Oleh karena itu, dinding di dalam sebuah ruangan harus dilindungi cat. Warna yang digunakan pun harus menyesuaikan gaya interior ruangan. 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Tak hanya menyentuh polesan warna polos di tembok, ternyata banyak teknik mewarnai dinding lain yang dapat kamu pilih untuk hasil yang cantik. Cara pengecatan dinding ini dapat dikerjakan sendiri atau bersama teman-temanmu. Nah, berikut ini adalah banyak teknik pengecatan tembok yang beda yang bisa anda pilih. Pokoknya, hasilnya bakal bikin kamu terkagum kagum!


Pakai roller cat tembok bermotif


Ruangan dengan warna cat rumah monoton dapat anda ganti menjadi bermotif, lho. Teknik pengecatan tembok ini dengan menggunakan roller cat bercorak. Tentukan lokasi tembok yang ingin anda cat. Cek terlebih dahulu bahwa lantai dan perabotan sekitar tembok sudah kamu tutupi memakai kain atau koran.
 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Kudu diperhatikan, trik mengecat dinding seperti ini tidak sama dengan cara biasanya. Kalau kamu seringnya melakukan pengecatan dinding dengan arah yang acak acakan dari awal hingga selesai, sobat harus mengecat dengan arah yang searah dari permulaan hingga selesai.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Mulailah untuk pengecatan secara simetris. Kalau sobat mengawali cara pengecatan dinding dari arah atas ke bawah, lakukanlah teknik itu sampai akhir. Alasannya adalah supaya corak di dinding tidak berantakan.


Sapu jerami untuk beri garis


Selain memakai motif indah nan lucu, anda dapat menciptakan tembok yang mempunyai motif tanpa kudu melakukan pengecatan lagi. Untuk melakukan cara pengecatan tembok ini, anda cuma memerlukan sapu jerami. Awali dengan trik pengecatan dinding menggunakan cat polos sebagai dasar memakai warna yang anda pilih sampai beberapa lapis. Pada lapis paling akhir, tunggu sejenak dan jangan terlalu lama supaya cat tidak kering.
 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Selanjutnya, gunakan ujung sapu jerami dan pegang sampai menjadi tipis. Tempelkan ujung bawah sapu jerami ke dinding yang masih agak basah. Seret jerami dari atas ke bawah hingga membentuk garis lurus.
Lakukan langkah pengecatan tembok itu hingga akhir. Garis yang terbentuk tidak perlu lurus. Cara mengecat tembok menggunakan sapu jerami ini akan mengesankan tembok yang nampak layaknya wallpaper dinding tembok.


Pakai Spons untuk membuat ilusi batu bata ekspos


Teman dapat membuat batu bata ekspos pada dinding tanpa kudu menjebol dinding dan membangunnya ulang. Perangkat yang dipakai untuk mengecat dinding ini adalah spons persegi panjang. Tentukan lebar dan panjang spons, lalu buatlah sesuai dengan luas tembok yang akan diberi motif.
 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Pilih warna cat tembok yang mirip warna batu bata. Masukkan permukaan spons ke cat dan tempelkan di dinding. Kerjakan dengan intuisi|teliti} dan tenang agar corak batu bata eksposnya terlihat batu bata sungguhan. Dengan teknik pengecatan dinding ini, tamu yang baru pertama kali melihat ke dinding ruangan akan menyangka kalau tembokmu benar-benar menggunakan batu bata ekspos.


Cetak bintang menggunakan kertas


Cara pengecatan tembok satu ini terbilang paling ekonomis. Tak cuma menggunakan cat, kamu cuma membutuhkan kertas dan kuas kecil. Diawali dengan cara mengecat tembok ini dengan menggambar motif bintang yang kamu tentukan di kertas. Potong kertas bagian dalam jadi membentuk cetakan bintang sebagai contoh.
 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Lekatkan kertas cetakan menggunakan perekat yang bisa dilepas pada dinding. Cat dinding di bagian kertas yang berlubang dengan rapi. Trik supaya teknik pengecatan tembok ini mendapatkan motif yang selaras, kira kirakan motif bintang itu dengan perkiraan yang selaras satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre memakai selotip


Ragam teknik pengecatan tembok memang beragam. Salah satunya dengan memanfaatkan selotip. Penggunaan selotip bisa membantu teman memperoleh corak mozaik yang rapi pada tembok. Untuk mengawali cara pengecatan dinding ini, siapkan selotip dan macam macam cat dinding memiliki warna senada. Lekatkan selotip menjadi pola mozaik yang anda ingin buat. Lantas, cat bagian-bagian tembok yang telah dibuat oleh selotip.
 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang
Tunggu cat hingga mengering. Setelah itu, lepas selotip dengan hati hati. Jreng jreng jreng..! Jadilah tembok mozaik ombre karya sendiri. Sobat dapat menciptakan ide mengerjakan teknik mengecat tembok ini dengan pemilihan warna atau mozaik yang lain. Hati hati Jangan sampai sobat mengecat sampai keluar dari area tembok, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Cara pengecatan ruangan dua warna dalam 6 langkah mudah
Kamu akan memerlukan:
Semua perlengkapan yang Kawan butuhkan untuk mengecat ruangan dua warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Langkah 1: Mulai dengan pengukuran


Tandai titik pada posisi Kamu ingin dinding dua warna Kawan ketemu
Mulanya, Kamu harus menentukan pada titik pertemuan yang Sobat inginkan untuk dua warna yang Kawan tentukan di tembok Teman. Memakai meteran dan pensil, beri tanda tingginya dengan jarak yang sama di seluruh dinding.


Langkah 2: Pakailah warna yang lebih muda


Pakailah warna yang lebih hidup ke dinding terlebih dahulu. Gunakan rol cat Kamu, cat warna yang lebih muda di setengah tembok yang Kamu inginkan, dan cat agak lebih ke arah titik temu yang Kamu mau. Tunggu cat sampai kering.


Langkah 3: Tandai memakai kapur


Tandai ulang garis di mana dua warna Kamu akan dibagi menggunakan kapur dan tali. Pakai kapur untuk menutupi semua sisi tali. Tarik tali sepanjang tembok, gabungkan titik-titik yang telah Anda tandai menggunakan pensil. Lekatkan dengan ujung tali dengan pita penutup. Cek apakah talinya sudah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang tembok.


Keempat: Tutup menggunakan Selotip


Tempelkan pita penutup pada sepanjang garis kapur ketika cat telah  kering. Tentukan cat dengan warna pertama sudah  benar-benar kering. Lalu tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Kelima: Gunakan warna yang lebih gelap


Gunakan rol cat Kamu, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian tembok kedua. Pakai kuas cat untuk memastikan Teman mengecat pada bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Buka pita penutup untuk menampilkan hasil akhir tembok dua warna Kamu
Saat cat masih basah, copot pita penutup untuk melihat hasil akhir desain dinding dua warna Kawan.

Nah itulah 5 DIY Termudah untuk Mengecat Dinding Rumah, Gak Butuh Tukang. Semoga dapat memotivasi kamu untuk pengecatan hunian kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel