15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Pencurian saat libur panjang selalu menjadi suatu yang mengkhawatirkan bagi pemudik. Namun trik terbaik apa untuk membuat rumah sobat tetap terlindungi? Kemungkinan besar teman telah memasang alarm system (kalau tidak, anda dapat memikirkannya lagi), atau mungkin anda mempunyai hewan penjaga menjaga rumah kamu juga. Survei membuktikan bahwa banyak perampok masuk rumah menggunakan pintu depan ataupun belakang. So mempunyai pintu itu harusnya terkunci dan kokoh. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Anti Maling?
 15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Pilih pintu yang tepat. Kalau pintu depan dan belakang anda gampang dibobol, kamu wajib merenovasinya secepatnya. Bagaimana Trik untuk anda tahu kalau pintu kamu lemah? Cukup mengetuknya saja. Pintu tidak aman cuma lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Inti kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi didukung bagian as-nya, dan memiliki suatu yang dikenal dengan lock block (batu bata keras). Jika tak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai alat pencurian.

Kalau mengganti pintu memakai kerangka baru, hitung juga untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menyerap benturan dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Perkuat semua pintu yang letaknya di luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu kudu tak berkaca, dan anda tidak ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi orang jahat dapat masuk melalui jendela kemudian membuka pintu dengan mudah.

Jika anda memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, lapisi kacanya dengan besi pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak dapat dibongkar yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membobol rumah korban melintasi pintu yang tidak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau teman tak menggunakannya. Kunci seluruh pintu bagian luar setiap waktu kamu pergi berlibur – walau teman cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu memiliki kunci deadbolt didukung dengan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang terlihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya harus dipasang dengan benar. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu perlu diperkuat
 15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Terapkan deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memberikan keamanan ekstra ketika kamu ada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin bisa dilihat dengan mudah pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat dihajar tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini ngga akan membantumu secara langsung saat anda tak di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah termudah mengamankan pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat berkreasi atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya agar tidak pindah posisi. Paling tak, taruh sebuah tongkat (kayu untuk menahan, misalnya) pada bagian bawah pintu supaya tak dapat terbuka. Langkah apapun yang anda gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah di atas.

Memperketat Jalan Masuk Kamu

Pasang pengaman silinder di samping kunci silinder (bagian tempat teman memasukkan kunci anda) Orang tidak bertanggungjawab terkadang bisa merusak atau menyopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau silinder pelindung pada kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak gampang dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah pemakaian pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan ini, namun jika punya anda belum ada, anda dapat membelinya.
 15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

Rubah srike plate yang telah rapuh. Strike plate merupakan plate besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar perlu mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang terpasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang menggunakan baut pendek.
 15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Perkuat engsel yang ngga terlindungi. Engsel harus berada pada bagian dalam pintu. Jika milik teman ngga di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang ngga dapat dilepas. Kamu dapat mengerjakannya dengan langkah mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga dapat dilepas (kamu dapat membelinya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak terlihat juga perlu diamankan pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kokoh dan bermutu tinggi, terpampang kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih bisa memasuki rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya harus tertancap di dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibuka, jadi pakailah cara yang mirip pada pintu diantara garasi anda dan rumah kamu layaknya pintu bagian luar kamu. Kunci juga pintu kamu saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan jendela lainnya memerlukan perawatan setiap waktu, dan pintu yang tak dirawat dengan benar akan membuat pencuri lebih mudah membobol rumah kamu. Terlebih, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih bagus dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Sehebat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci teman. Simpan kunci anda tersendiri. Kalau teman harus meninggalkan kuncinya di luar, taruh di tempat kunci berkualitas yang diposisikan dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah teman seperti kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam urusan mereka, namun mereka wajib memiliki jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat diselamatkan karena rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada kerabat, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga teman, dan harta benda anda, tetapi jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, teman masih dapat menjadi korban pada suatu ketika, dan kamu memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat anda ngga dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu gampang jika teman tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, paling tidak kamu sudah berusaha untuk menutup kemungkinan untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca 15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga berguna. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel