15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Perampokan selalu menjadi suatu yang menakutkan untuk pemudik. Tetapi cara paling gampang seperti apa untuk menjadikan rumah teman tetap aman? Paling simpel kamu telah memasang alarm system (jika ngga, lakukan segera), dan mungkin anda memiliki anjing penjaga mempatroli rumah anda juga. Statistik membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. So buat pintu itu harusnya terkunci dan aman. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat digunakanSudahkah Kamu Memiliki Pintu yang Anti Maling?
 15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Tentukan pintu yang tepat. Kalau pintu depan dan belakang anda tidak keras, teman kudu memperbaikinya jika ditinggal long weekend. Bagaimana Caranya kamu ngerti kalau pintu kamu tidak kokoh? Cukup mengetuknya saja. Pintu lemah cuma lapisan kayu tidak tebal dengan kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar wajib kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan asli
Bagian dalam kayu keras
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: pastikan pintu besi ditopang bagian dalamnya, dan mempunyai sesuatu yang disebut sebagai lock block (batu bata kokoh). Kalau tak, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau memasang pintu memakai kerangka baru, perkirakan juga untuk memakai pintu kaca yang mempunyai serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menolak pukulan palu dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Rombak semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, semua pintu kudu tidak berkaca, dan kamu tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga pencuri bisa merusak jendela kemudian membuka pintu dari dalam.

Jika teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, tutupi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dihancurkan yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membobol rumah korban melewati pintu yang tak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi sia-sia jika anda tidak menggunakannya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar kapanpun kamu pergi keluar – bahkan jika anda hanya pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu memiliki kunci deadbolt didukung dengan kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt harus berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat tanpa adanya sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling ngga memiliki panjang 2,5cm. Kuncinya perlu terinstal dengan tepat. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut perlu diganti
 15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra saat anda berada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang tak memiliki kuncinya. Ini mungkin bisa terlihat dengan mudah pada pintu kalau dilihat dari luar, namun kunci ini ngga dapat dibuka tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan menolongmu secara langsung saat anda tidak berada di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Langkah terkeren mengamankan pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya tak bergeser. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu silinder tebal, contohnya) di bagian bawah pintu supaya tak dapat dibuka paksa. Trik apapun yang teman gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah pengamanan di atas.

Memperketat Akses Masuk Anda

Aplikasikan pengaman dari silinder yang ada pada samping kunci silinder (sisi tempat anda memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab seringnya dapat merusak atau mencopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dsb. Lindungi kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya ngga dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan tips ini, tetapi kalau punya teman belum ada, kamu dapat membelinya.
 15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

Ganti srike plate yang telah keropos. Strike plate merupakan plate besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar harus mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dilengkapi dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dilengkapi dengan palang besi berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang dengan baut pendek.
 15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Perkuat engsel yang tak terlindungi. Engsel perlu berada di bagian dalam pintu. Jika punya kamu tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang ngga dapat dicopot. Anda dapat melakukannya dengan langkah mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga dapat dilepas (anda dapat menemuinya di toko perkakas) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang tak nampak juga harus diperkuat di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu anda keras dan memiliki mutu tinggi, terpasang kunci yang keras, seorang pencuri masih bisa merangsek masuk rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib mengenai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibuka, jadi perlakukan cara yang mirip pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah anda seperti pintu depan anda. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan perangkat keras lainnya butuh perhatian setiap waktu, dan pintu yang tak dirawat dengan baik akan membuat pencuri lebih mudah membobol rumah teman. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya menempati rel.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci teman. Letakkan kunci teman dalam pengawasan. Kalau kamu kudu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan benar dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah teman seperti kastil. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk menolong masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam urusan mereka, tetapi mereka harus mempunyai jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat ditolong sebab rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga teman, dan harta benda kamu, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, kamu masih dapat jadi korban pada suatu ketika, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku menjadikan kamu tidak dapat menikmati hidup teman.

Membuka gembok itu gampang kalau kamu tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, paling tidak kamu telah berusaha untuk menghalangi kemungkinan untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca 15 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga berfaedah. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel