16 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Pencuri

16 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Pencuri Perampokan selalu jadi momok yang menakutkan untuk pemudik. Tetapi trik paling gampang seperti apa untuk membuat rumah sobat tetap aman? Kemungkinan besar anda sudah menggunakan alarm system (kalau ngga, segera lakukan), atau mungkin kamu mempunyai anjing penjaga menjaga rumah anda juga. Statistik menunjukkan bahwa banyak pencuri masuk rumah menggunakan pintu depan ataupun belakang. So buat pintu itu harusnya terkunci dan keras. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Mempunyai Pintu yang Anti Maling?
 16 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Tentukan pintu yang kokoh. Jika pintu depan dan belakang anda tidak keras, teman kudu memperbaikinya saat mendekati waktu liburan. Bagaimana Caranya anda tahu bahwa pintu teman rentan? Cukup mengetuknya saja. Pintu rentan maling hanyalah lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar perlu solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Bagian dalam kayu kuat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: cek terlebih dahulu pintu besi ditopang bagian as-nya, dan mempunyai suatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (batu bata keras). Jika tidak, pencuri bisa membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika memasang pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk meredam benturan dari orang-orang yang masuk di saat liburan.

Rombak semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa kaca. Untuk tambahan keamanan maksimum, seluruh pintu kudu tak berjendela, dan teman ngga ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi orang jahat bisa merusak jendela kemudian membuka pintu dari dalam.

Jika teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, tutupi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang ngga dapat dibongkar yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, pencuri membongkar rumah korban memakai pintu yang ngga dikunci dengan benar. Gembok yang terkuat di dunia pun akan menjadi sia-sia jika kamu ngga menguncinya. Kunci seluruh pintu bagian luar setiap waktu kamu pergi keluar – bahkan jika anda cuma pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu memiliki kunci deadbolt ditambah dengan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak menggunakan sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling tak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya kudu dipasang dengan tepat. Umumnya rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu perlu dirombak
 16 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan tambahan saat kamu berada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan jelas pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak dapat dihajar tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan membantumu secara instan saat kamu tak di rumah, kunci ini sangat mudah terlihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Cara terkeren memperkuat pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya agar tak pindah posisi. Paling tak, taruh sebuah tongkat (kayu silinder tebal, contohnya) di bagian bawah pintu supaya tidak dapat dibuka paksa. Langkah apapun yang anda pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkeras Akses Masuk Kamu

Aplikasikan pengaman dari silinder yang ada pada sekitar kunci silinder (bagian dimana kamu memasukkan kunci anda) Orang tidak bertanggungjawab terkadang dapat menghancurkan atau menyopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dsb. Lindungi kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tidak dapat dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan mencegah penggunaan pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan ini, tetapi kalau punya anda belum ada, teman dapat membelinya.
 16 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Pencuri

Perkuat srike plate yang telah rapuh. Strike plate adalah batang besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar wajib mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang terpasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah dibangun dengan palang besi dengan mutu rendah atau strike plate yang terpasang dengan baut pendek.
 16 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Perkuat engsel yang tak aman. Engsel wajib berada pada bagian dalam pintu. Kalau punya anda ngga di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak bisa dicopot. Anda dapat melakukannya dengan langkah melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tidak dapat dilepas (kamu dapat mendapatkannya di toko hardware) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang tak terlihat juga kudu diamankan di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 16 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan bermutu tinggi, diperkokoh kunci yang jelas, seorang pencuri masih bisa membobol rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang keras dapat dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib mencapai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dimasuki, jadi perlakukan langkah yang mirip pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah teman layaknya pintu depan teman. Kunci juga pintu teman saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan perangkat keras lainnya butuh perhatian dari waktu ke waktu, dan pintu yang tidak diperhatikan dengan baik akan menciptakan peluang lebih mudah membobol rumah anda. Khususnya, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih baik dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Sehebat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Simpan kunci anda tersendiri. Kalau anda perlu meninggalkan kuncinya di luar, taruh di kotak kunci berkualitas yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan menjadikan rumah anda layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam bidang mereka, namun mereka kudu memiliki jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak dapat ditolong sebab rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga teman, dan harta benda kamu, namun jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, anda masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat teman tidak bisa menikmati hidup anda.

Membuka gembok itu mudah jika anda tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Namun, setidaknya kita telah mencoba untuk menghalangi peluang untuk pencuri menggondol barang kita dengan gampang.

Terima kasih telah membaca 16 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Pencuri, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel