Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong Pencurian saat berlibur selalu jadi suatu yang menakutkan untuk pemilik rumah. Namun cara paling mudah seperti apa untuk membuat rumah sobat tetap terjaga? Kemungkinan besar teman telah menggunakan alarm system (jika ngga, lakukan segera), atau mungkin kamu mempunyai hewan penjaga mempatroli rumah anda juga. Statistik membuktikan bahwa banyak perampok masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. So buat pintu itu tetap terkunci dan kokoh. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Anti Maling?
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Buatlah pintu yang kuat. Jika pintu depan dan belakang anda tidak aman, anda perlu memperbaikinya kalau ditinggal long weekend. Seperti apa Caranya teman ngerti kalau pintu teman lemah? Cukup diketuk saja. Pintu mudah dibobol hanyalah lapisan kayu tipis dengan kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Inti kayu kokoh
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: pastikan pintu besi ditopang bagian as-nya, dan memiliki suatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (batu bata kuat). Kalau ngga, pencuri bisa membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika memasang pintu menggunakan kerangka baru, perkirakan juga untuk menggunakan pintu kaca berserat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk menyerap benturan dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Perbaiki semua pintu yang letaknya di luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu perlu ngga berkaca, dan anda tak ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi pencuri bisa merusak jendela kemudian membuka pintu dari dalam.

Kalau kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang ngga dapat dihancurkan yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab memasuki rumah korban melewati pintu yang tidak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan menjadi tidak berguna jika anda ngga menggunakannya. Kunci seluruh pintu bagian luar kapanpun teman pergi keluar – walau anda cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus mempunyai kunci deadbolt ditambah dengan kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt kudu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak menggunakan sekrup yang dapat dilihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling tidak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya wajib terpasang dengan tepat. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu harus diperkuat
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan tambahan ketika teman ada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang ngga memiliki kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat dihajar tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini ngga akan membantumu secara instan saat kamu tidak di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara termudah mengamankan pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling tidak, letakkan sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) di bagian bawah pintu supaya ngga dapat dibuka paksa. Langkah apapun yang kamu pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah pengamanan di atas.

Memperkeras Pintu Masuk Kamu

Pasang pengaman dari silinder yang ada di samping kunci silinder (sisi tempat teman memasukkan kunci kamu) Orang tidak bertanggungjawab terkadang dapat merusak atau mencopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar memakai linggis dsb. Jaga kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau ring pelindung pada kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak dapat dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan ini, namun kalau punya anda belum ada, kamu dapat membelinya.
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Rubah srike plate yang telah keropos. Strike plate adalah plate besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah dibangun dengan palang besi berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang dengan baut pendek.
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Lindungi engsel yang tidak aman. Engsel perlu ada pada bagian dalam pintu. Kalau milik kamu tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak dapat dilepas. Anda dapat melakukannya dengan langkah melepas paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga bisa dicopot (kamu dapat menemuinya di toko bangunan) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang tak nampak juga perlu diperkuat di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu teman keras dan bermutu tinggi, diperkokoh kunci yang keras, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib mengenai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dimasuki, jadi pakailah cara yang mirip pada pintu diantara garasi teman dan rumah anda seperti pintu depan kamu. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan furniture lainnya perlu perawatan kapanpun, dan pintu yang tidak dijaga dengan benar akan menciptakan kemungkinan lebih gampang membobol rumah kamu. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser masih bagus dan pintunya menempati rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Letakkan kunci kamu dalam pengawasan. Kalau teman kudu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada tempat kunci berkualitas yang dipasang dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah anda layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, namun mereka kudu mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak dapat diselamatkan sebab rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga teman, dan harta benda anda, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, kamu masih dapat jadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan menjadikan anda tidak bisa menikmati hidup kamu.

Membuka gembok itu mudah jika teman tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Namun, setidaknya kamu telah mencoba untuk mempersulit kemungkinan untuk pencuri mengambil barang kita dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel