27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan Perampokan selalu menjadi suatu yang mengkhawatirkan untuk pemudik. Tetapi trik terbaik apa untuk menjadikan rumah teman tetap safe? Paling gampang kamu telah memakai alarm system (kalau tidak, bergegaslah), atau mungkin kamu mempunyai hewan penjaga mempatroli rumah kamu juga. Poling membuktikan kalau banyak perampok masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. Jadi memiliki pintu itu tetap terkunci dan aman. Di bawah ini merupakan salah satu tips yang dapat digunakanSudahkah Kamu Memiliki Pintu yang Kuat?
 27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Tentukan pintu yang kokoh. Jika pintu depan dan belakang anda tidak aman, teman perlu memperbaikinya kalau ditinggal libur panjang. Bagaimana Caranya kamu ngerti bahwa pintu kamu tidak kuat? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu lemah hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar wajib solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: cek terlebih dahulu pintu besi diperkuat bagian dalamnya, dan memiliki suatu yang disebut sebagai lock block (beton bata kuat). Kalau tidak, pencuri bisa membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika mengganti pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk menggunakan pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menolak benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Ganti semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk keamanan maksimum, semua pintu perlu ngga berjendela, dan teman ngga ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga pencuri dapat masuk melalui jendela kemudian membongkar pintu dari dalam.

Jika kamu memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, backingi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang ngga dapat dibongkar yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah korban melintasi pintu yang tidak dikunci dengan benar. Gembok yang terkuat di dunia pun akan menjadi tidak berguna jika teman ngga menguncinya. Kunci semua pintu pada bagian luar kapanpun teman pergi berlibur – walau kamu cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus mempunyai kunci deadbolt plus memakai kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya perlu terpasang dengan kokoh. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu kudu dirombak
 27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Instal deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan tambahan ketika kamu ada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan gampang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat didobrak tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini ngga akan menolongmu secara langsung ketika kamu tak berada di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Langkah termudah mengamankan pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya agar tidak bergeser. Paling ngga, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) di bagian bawah pintu agar tak dapat terbuka. Trik apapun yang anda gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis pada langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkuat Akses Masuk Kamu

Terapkan pengaman silinder yang ada di samping kunci silinder (bagian dimana teman memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab seringnya dapat merusak atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dsb. Jaga kuncinya memakai besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak gampang dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah pemakaian pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan tips ini, namun jika punya anda belum ada, anda dapat membelinya.
 27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

Rubah srike plate yang sudah renta. Strike plate adalah batang besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar harus memiliki pengaman besi strike plate yang keras yang terpasang dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Banyak rumah dilengkapi dengan palang besi berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang memakai baut pendek.
 27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Perkuat engsel yang tidak terlindungi. Engsel harus berada di bagian dalam pintu. Jika punya kamu tidak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak dapat dicopot. Anda dapat melakukannya dengan cara mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tidak bisa dilepas (teman dapat membelinya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tidak terlihat juga kudu diperkuat di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu kamu keras dan bermutu tinggi, terpasang kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih bisa merangsek masuk rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib mencapai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dibuka, jadi perlakukan langkah yang sama pada jalan masuk diantara garasi teman dan rumah anda seperti pintu depan teman. Kunci juga pintu anda saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya memerlukan perhatian dari waktu ke waktu, dan pintu yang tidak diperhatikan dengan benar akan menciptakan peluang lebih gampang membobol rumah kamu. Khususnya, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi baik dan pintunya menempati jalur.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Serapat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Letakkan kunci kamu sendiri. Jika kamu harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci berkualitas yang dipasang dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan menjadikan rumah anda layaknya benteng. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam bidang mereka, tetapi mereka kudu memiliki jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa ditolong karena rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga teman, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, anda masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat anda tak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu gampang kalau teman tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, setidaknya kita telah berusaha untuk menghalangi kemungkinan untuk pencuri menggondol barang kita dengan mudah.

Terima kasih telah membaca 27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel