5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri Perampokan selalu menjadi momok yang menakutkan untuk pemudik. Tetapi cara terbaik apa untuk menjadikan rumah anda tetap terlindungi? Kemungkinan besar anda telah memakai alarm system (jika ngga, bergegaslah), dan mungkin kamu memiliki anjing penjaga mempatroli rumah anda juga. Survei membuktikan kalau banyak pencuri masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. Jadi memiliki pintu itu tetap terkunci dan aman. Berikut ini adalah salah satu tips yang bisa dilakukanApakah Anda Mempunyai Pintu yang Kuat?
 5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Pilih pintu yang tepat. Jika pintu depan dan belakang kamu tidak aman, kamu perlu memperkuat saat mendekati waktu liburan. Seperti apa Caranya kamu tahu bahwa pintu anda rentan? Bisa dengan diketuk saja. Pintu mudah dibobol cuma lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: pastikan pintu besi ditopang bagian intinya, dan memiliki suatu yang disebut sebagai lock block (batu bata kokoh). Kalau tidak, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika mengganti pintu memakai kerangka baru, hitung juga untuk memakai pintu kaca yang mempunyai serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk menyerap benturan dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Ganti semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimal, seluruh pintu harus tidak berkaca, dan anda ngga ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga pencuri dapat merusak jendela dan membongkar pintu dari dalam.

Jika teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, lapisi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak bisa dibongkar yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, pencuri memasuki rumah target menggunakan pintu yang tak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau kamu tak menggunakannya. Kunci seluruh pintu bagian luar kapanpun kamu pergi hangout – bahkan jika kamu cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu memiliki kunci deadbolt didukung menggunakan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt wajib mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak menggunakan sekrup yang terlihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling ngga memiliki panjang 2,5cm. Kuncinya harus dipasang dengan kuat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut perlu dirombak
 5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Pasang deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memberikan keamanan tambahan saat anda ada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan gampang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat didobrak tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini ngga akan menolongmu secara langsung saat teman ngga di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan memikir dua kali untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah termudah mengamankan pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga bisa membuat atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya ngga bergeser. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) di bagian bawah pintu agar tak bisa terbuka. Cara apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan di langkah pengamanan di atas.

Memperkuat Jalan Masuk Kamu

Aplikasikan pengaman dari silinder yang ada pada sekitar kunci silinder (bagian tempat anda memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab seringnya dapat menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar memakai linggis dsb. Jaga kuncinya dengan besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tidak dapat dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan tips ini, tetapi jika punya teman belum ada, teman dapat membelinya.
 5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri

Rubah srike plate yang sudah renta. Strike plate merupakan batang besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar harus mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang dengan baut pendek.
 5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Lindungi engsel yang ngga terlindungi. Engsel kudu ada pada bagian dalam pintu. Jika punya teman tak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang ngga dapat dilepas. Anda bisa melakukannya dengan langkah mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tak bisa dilepas (teman dapat menemuinya di toko bangunan) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang tidak terlihat juga harus diamankan di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu anda kokoh dan bermutu tinggi, diperkokoh kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih bisa memasuki rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kuat bisa dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu tertancap di dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dibobol, jadi gunakan langkah yang mirip pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah anda layaknya pintu depan teman. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan perangkat keras lainnya perlu perawatan setiap saat, dan pintu yang tak diperhatikan dengan baik akan membuat pencuri lebih mudah membobol rumah kamu. Terutama, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi baik dan pintunya menempati jalur.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci anda. Letakkan kunci kamu dalam pengawasan. Kalau kamu kudu meninggalkan kuncinya di luar, taruh di kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah anda layaknya benteng. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam urusan mereka, tetapi mereka harus mempunyai jalur lain seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci anda pada kerabat, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga kamu, dan harta benda kamu, tetapi jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, anda masih dapat jadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat kamu tak dapat menikmati hidup teman.

Membuka gembok itu mudah kalau anda tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, paling tidak kamu sudah berusaha untuk menghalangi peluang untuk pencuri mengambil barang kita dengan mudah.

Terima kasih telah membaca 5 Tips Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga berguna. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel