27 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri

27 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Perampokan selalu menjadi momok yang menakutkan untuk pemudik. Namun cara paling gampang seperti apa untuk membuat rumah kamu tetap safe? Paling mudah anda sudah memasang alarm system (kalau tidak, segera lakukan), atau mungkin teman mempunyai anjing penjaga menjaga rumah kamu juga. Survei menunjukkan kalau banyak pencuri masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut harusnya terkunci dan kokoh. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakanSudahkah Anda Mempunyai Pintu yang Kuat?
 27 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri
Buatlah pintu yang keras. Kalau pintu depan dan belakang kamu tidak aman, kamu kudu memperbaikinya saat mendekati waktu liburan. Seperti apa Caranya kamu tahu kalau pintu kamu lemah? Cukup mengetuknya saja. Pintu lemah hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar harus kuat dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan asli
Inti kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: pastikan pintu besi diperkuat bagian dalamnya, dan memiliki suatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (batu bata keras). Kalau tak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu dan kerangka baru, tentukan untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menahan benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk secara paksa.

Perbaiki semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, semua pintu harus ngga berkaca, dan teman tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri dapat merusak jendela dan membuka pintu dari dalam.

Kalau kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tidak bisa dihancurkan yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, pencuri memasuki rumah target melewati pintu yang ngga dikunci dengan benar. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi tidak berguna jika kamu ngga menguncinya. Kunci seluruh pintu bagian luar setiap waktu anda pergi hangout – walau kamu cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt plus dengan kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak memakai sekrup yang dapat dilihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling tak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya wajib terinstal dengan benar. Biasanya rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu kudu dibuang
 27 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan tambahan saat kamu berada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan gampang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga bisa dihajar tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan menolongmu secara instan ketika teman ngga berada di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara termudah memperkuat pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga bisa membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya agar tidak bergeser. Paling ngga, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, misalnya) di bagian bawah pintu agar tak dapat terbuka. Langkah apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkeras Pintu Masuk Anda

Aplikasikan pengaman dari silinder di samping kunci silinder (bagian tempat teman memasukkan kunci teman) Pencuri terkadang dapat menghancurkan atau menyopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar memakai linggis dsb. Jaga kuncinya dengan besi pengaman kunci atau silinder pelindung pada kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya ngga dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan ini, namun jika punya anda belum ada, kamu dapat membelinya.
 27 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri

Ganti srike plate yang telah rapuh. Strike plate adalah plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dipasang dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Banyak rumah dilengkapi dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang menggunakan baut pendek.
 27 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri
Lindungi engsel yang ngga terlindungi. Engsel perlu ada di bagian dalam pintu. Jika punya anda tidak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak dapat dilepas. Anda dapat mengerjakannya dengan cara mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang ngga dapat dicopot (kamu dapat menemuinya di toko hardware) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang ngga nampak juga wajib diamankan di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 27 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kokoh dan bermutu tinggi, diperkokoh kunci yang jelas, seorang pencuri masih bisa merangsek masuk rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu mencapai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibobol, jadi pakailah cara yang mirip pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah anda layaknya pintu bagian luar anda. Kunci juga pintu kamu saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan furniture lainnya membutuhkan perawatan kapanpun, dan pintu yang tidak dirawat dengan baik akan menciptakan kemungkinan lebih mudah membobol rumah anda. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi bagus dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci teman. Simpan kunci anda sendiri. Jika kamu harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah teman seperti benteng. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam urusan mereka, namun mereka kudu mempunyai jalur lain seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat diselamatkan sebab rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci paling kokoh akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga teman, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, anda masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat anda ngga dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah jika kamu tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Namun, setidaknya kita telah berusaha untuk mempersulit peluang untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca 27 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel