7 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

7 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan Pencurian saat liburan selalu menjadi suatu yang mengkhawatirkan bagi pemilik rumah. Namun cara terbaik apa untuk menjadikan rumah teman tetap terlindungi? Kemungkinan besar teman telah memasang alarm system (jika ngga, segera lakukan), dan mungkin kamu mempunyai anjing penjaga menjaga rumah anda juga. Statistik membuktikan bahwa banyak perampok masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. Jadi mempunyai pintu itu harusnya terkunci dan aman. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang bisa digunakanSudahkah Anda Mempunyai Pintu yang Anti Maling?
 7 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Ambil pintu yang kokoh. Kalau pintu depan dan belakang kamu tidak keras, teman kudu menggantinya kalau ditinggal long weekend. Seperti apa Caranya kamu tahu bahwa pintu teman wajib direnovasi? Cukup diketuk saja. Pintu mudah dibobol cuma lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Bagian dalam kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: tentukan pintu besi diperkuat bagian intinya, dan mempunyai suatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (batu bata kokoh). Jika tak, pencuri bisa membengkokkan kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika mengganti pintu menggunakan kerangka baru, tentukan untuk memakai pintu kaca yang mempunyai serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk meredam benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk secara paksa.

Perkuat semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk tambahan keamanan maksimum, semua pintu kudu tak berjendela, dan anda tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga orang jahat dapat masuk melalui jendela dan membongkar pintu dari dalam.

Jika teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dibongkar yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar perampokan, pencuri membobol rumah target memakai pintu yang tidak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi tidak berguna jika teman ngga menggunakannya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar kapanpun anda pergi hangout – walau anda cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt ditambah dengan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak menggunakan sekrup yang bisa dilihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya perlu terinstal dengan benar. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu harus direnovasi
 7 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Terapkan deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memperkuat keamanan tambahan saat teman ada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat dibuka tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan membantumu secara langsung saat anda ngga di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan memikir dua kali untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Langkah termudah memperkuat pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga bisa membuat atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya agar tak bergeser. Paling ngga, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, contohnya) di bagian bawah pintu supaya tidak dapat dibuka paksa. Trik apapun yang anda gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan pada langkah sebelumnya.

Memperkeras Pintu Masuk Kamu

Terapkan pengaman dari silinder yang ada di samping kunci silinder (bagian dimana anda memasukkan kunci kamu) Orang tidak bertanggungjawab seringkali bisa merusak atau mempreteli kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dsb. Jaga kuncinya dengan besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tidak dapat dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan ini, namun jika punya kamu belum ada, anda dapat membelinya.
 7 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

Ganti srike plate yang telah keropos. Strike plate adalah plate besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan palang besi berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang menggunakan baut pendek.
 7 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Amankan engsel yang tak aman. Engsel perlu berada di bagian dalam pintu. Kalau punya anda tak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak dapat dilepas. Anda bisa mengerjakannya dengan langkah mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tidak dapat dilepas (teman dapat membelinya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga nampak juga wajib diperkuat pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 7 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu anda kuat dan memiliki mutu tinggi, terpasang kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mencapai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dibuka, jadi perlakukan langkah yang mirip pada pintu diantara garasi teman dan rumah kamu layaknya pintu bagian luar teman. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan furniture lainnya memerlukan perhatian setiap waktu, dan pintu yang ngga dirawat dengan benar akan menciptakan peluang lebih gampang memasuki rumah teman. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi baik dan pintunya menempati rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Sehebat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Letakkan kunci kamu sendiri. Kalau teman kudu meninggalkan kuncinya di luar, taruh di tempat kunci bermutu yang dipasang dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah kamu layaknya benteng. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk menolong masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam urusan mereka, namun mereka perlu memiliki jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terbaik akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga teman, dan harta benda teman, namun jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, kamu masih dapat menjadi korban pada suatu saat, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat kamu tidak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu mudah jika teman tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, setidaknya kamu telah mencoba untuk menutup peluang untuk pencuri mengambil barang kita dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca 7 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan, semoga berfaedah. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel