8 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling

8 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling Pencurian saat berlibur selalu menjadi momok yang menakutkan bagi pemilik rumah. Tetapi trik terbaik mana untuk menjadikan rumah sobat tetap aman? Paling gampang teman telah menggunakan alarm system (kalau ngga, segera lakukan), atau mungkin teman memiliki hewan penjaga mempatroli rumah kamu juga. Poling membuktikan kalau banyak pencuri masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. So memiliki pintu tersebut tetap terkunci dan keras. Berikut ini merupakan salah satu tips yang dapat digunakanApakah Anda Memiliki Pintu yang Tepat?
 8 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling
Pilih pintu yang pas. Kalau pintu depan dan belakang anda tidak kuat, anda perlu menggantinya saat mendekati waktu liburan. Bagaimana Trik untuk teman tahu kalau pintu teman rentan? Cukup diketuk saja. Pintu gampang dibobol cuma lapisan kayu tidak tebal dengan kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Inti kayu kokoh
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: cek terlebih dahulu pintu besi diperkuat bagian intinya, dan mempunyai sesuatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (beton bata kokoh). Jika ngga, pencuri bisa membengkokkan kusen pintu menggunakan dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menahan pukulan palu dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Perkuat semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimum, semua pintu harus tak berjendela, dan anda ngga ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga orang jahat dapat masuk melalui jendela kemudian membuka pintu dengan mudah.

Jika kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan besi pengaman di bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tak dapat dibongkar yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab memasuki rumah korban memakai pintu yang tak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi sia-sia jika anda tak menguncinya. Kunci semua pintu pada bagian luar kapanpun kamu pergi hangout – walau kamu cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt plus memakai kunci yang ada pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh tanpa adanya sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya perlu dipasang dengan kokoh. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu kudu dibuang
 8 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra ketika kamu ada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat dihajar tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan menolongmu secara langsung ketika anda ngga berada di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Cara termudah memperkuat pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat berkreasi atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya ngga pindah posisi. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya tidak bisa dibuka paksa. Cara apapun yang anda pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah di atas.

Memperkeras Pintu Masuk Anda

Pasang pengaman silinder yang ada di samping kunci silinder (bagian dimana teman memasukkan kunci anda) Pencuri seringkali dapat merusak atau mencopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau ring pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tak dapat dicopot. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan tips ini, tetapi jika punya kamu belum ada, teman bisa membelinya.
 8 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling

Perkuat srike plate yang sudah keropos. Strike plate merupakan plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar bagusnya memiliki pengaman besi strike plate yang kokoh yang terpasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan strike plate dengan mutu rendah atau strike plate yang terpasang dengan baut pendek.
 8 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling
Amankan engsel yang tak aman. Engsel kudu ada di bagian dalam pintu. Jika punya anda tidak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tak dapat dicopot. Kamu dapat melakukannya dengan langkah mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tak dapat dicopot (teman bisa membelinya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga wajib diperkuat di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 8 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu teman kuat dan berkualitas tinggi, dilengkapi kunci yang jelas, seorang pencuri masih bisa merangsek masuk rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu tertancap di dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dibuka, jadi pakailah cara yang mirip pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah kamu layaknya pintu bagian luar anda. Kunci juga pintu anda ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan jendela lainnya butuh perawatan dari waktu ke waktu, dan pintu yang tidak dijaga dengan benar akan membuat pencuri lebih mudah memasuki rumah teman. Terutama, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Selihai apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Letakkan kunci anda tersendiri. Kalau anda wajib meninggalkan kuncinya di luar, taruh pada kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah anda layaknya benteng. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam urusan mereka, namun mereka wajib memiliki jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak dapat ditolong sebab rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga kamu, dan harta benda teman, namun jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, teman masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat kamu tidak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu mudah kalau teman tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, setidaknya kamu telah berusaha untuk menghalangi peluang untuk pencuri menggondol barang kita dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca 8 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel