Amankan Pintu dari Maling Pakai Deadbolt

Amankan Pintu dari Maling Pakai Deadbolt Perampokan selalu menjadi momok yang mengkhawatirkan bagi pemilik rumah. Tetapi cara terbaik mana untuk menjadikan rumah sobat tetap terjaga? Kemungkinan besar anda sudah memakai alarm system (jika ngga, lakukan segera), atau mungkin kamu mempunyai hewan penjaga mempatroli rumah anda juga. Statistik membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut tetap terkunci dan kokoh. Di bawah ini merupakan salah satu tips yang bisa dilakukanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Anti Maling?
 Amankan Pintu dari Maling Pakai Deadbolt
Buatlah pintu yang tepat. Kalau pintu depan dan belakang kamu rentan maling, teman kudu menggantinya jika ditinggal libur panjang. Seperti apa Caranya teman ngerti kalau pintu teman rentan? Cukup mengetuknya saja. Pintu rentan maling hanyalah lapisan kayu tipis dengan kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: pastikan pintu besi didukung bagian as-nya, dan mempunyai sesuatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (beton bata kuat). Jika tidak, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika mengganti pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk menggunakan pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menolak pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Ganti semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk tambahan keamanan maksimal, semua pintu harus tak berjendela, dan teman tak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri dapat merusak jendela dan membuka pintu dari dalam.

Kalau teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tidak bisa dihancurkan yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, pencuri membongkar rumah target melintasi pintu yang tidak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi sia-sia kalau teman tidak menggunakannya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar setiap waktu teman pergi keluar – walau anda cuma pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu mempunyai kunci deadbolt plus menggunakan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt perlu memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras tanpa adanya sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tak sepanjang 2,5cm. Kuncinya kudu dipasang dengan kuat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu kudu dibuang
 Amankan Pintu dari Maling Pakai Deadbolt
Pasang deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra saat kamu ada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan mudah pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga bisa dihajar tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan membantumu secara instan saat kamu tak berada di rumah, kunci ini sangat mudah terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Cara terbaik mengamankan pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya agar ngga pindah posisi. Paling tak, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, contohnya) di bagian bawah pintu supaya tidak bisa terbuka. Langkah apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan di langkah di atas.

Memperkokoh Pintu Masuk Kamu

Terapkan pengaman dari silinder pada sekitar kunci silinder (bagian dimana anda memasukkan kunci teman) Pencuri terkadang dapat menghancurkan atau mencopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dsb. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tidak bisa dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan ini, namun jika punya kamu belum ada, anda bisa membelinya.
 Amankan Pintu dari Maling Pakai Deadbolt

Ganti srike plate yang sudah renta. Strike plate merupakan batang besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar perlu mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Banyak rumah dilengkapi dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang dengan baut pendek.
 Amankan Pintu dari Maling Pakai Deadbolt
Amankan engsel yang tidak terlindungi. Engsel harus ada di bagian dalam pintu. Jika punya kamu ngga di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tak dapat dilepas. Anda dapat melakukannya dengan langkah mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak dapat dilepas (teman bisa menemuinya di toko bangunan) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga kudu diperkuat pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Amankan Pintu dari Maling Pakai Deadbolt
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu teman kuat dan bermutu tinggi, terpampang kunci yang kuat, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu tertancap di dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dimasuki, jadi pakailah langkah yang sama pada jalan masuk diantara garasi kamu dan rumah teman layaknya pintu depan anda. Kunci juga pintu anda ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan perangkat keras lainnya memerlukan perhatian kapanpun, dan pintu yang ngga dijaga dengan benar akan menciptakan kemungkinan lebih gampang membobol rumah teman. Terlebih, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Serapat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci anda. Letakkan kunci anda tersendiri. Jika kamu wajib meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada kotak kunci bermutu yang dipasang dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah anda seperti benteng. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, tetapi mereka perlu memiliki jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa ditolong sebab rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada kerabat, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci paling keras akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga anda, dan harta benda kamu, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, teman masih dapat jadi korban pada suatu saat, dan anda memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat teman ngga dapat menikmati hidup kamu.

Membuka gembok itu gampang kalau kamu tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, setidaknya kamu telah berusaha untuk mempersulit peluang untuk pencuri menggondol barang dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca Amankan Pintu dari Maling Pakai Deadbolt, semoga berguna. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel