Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt

Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt Perampokan selalu menjadi suatu yang mengkhawatirkan bagi pemudik. Tetapi trik paling gampang seperti apa untuk menjadikan rumah sobat tetap terlindungi? Kemungkinan besar teman sudah memasang alarm system (kalau tak, bergegaslah), atau mungkin kamu mempunyai anjing penjaga mempatroli rumah kamu juga. Statistik membuktikan kalau banyak perampok masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut harusnya terkunci dan aman. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukanApakah Kamu Memiliki Pintu yang Kuat?
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Tentukan pintu yang keras. Kalau pintu depan dan belakang teman lemah, kamu perlu menggantinya jika ditinggal long weekend. Bagaimana Caranya kamu tahu kalau pintu teman lemah? Cukup diketuk saja. Pintu gampang dibobol cuma lapisan kayu tidak tebal dengan kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar kudu keras dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Bagian dalam kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: cek terlebih dahulu pintu besi ditopang bagian dalamnya, dan mempunyai suatu yang disebut sebagai lock block (batu bata kuat). Kalau tak, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu dan kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menolak benturan dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Perkuat semua pintu yang letaknya di luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, semua pintu kudu tak berjendela, dan kamu ngga ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri dapat merusak jendela kemudian membuka pintu dari dalam.

Jika anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, tutupi kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tak dapat dihancurkan yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar perampokan, pencuri membongkar rumah target melewati pintu yang tidak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau kamu ngga menguncinya. Kunci semua pintu pada bagian luar setiap waktu kamu pergi hangout – walau anda cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt ditambah memakai kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt perlu memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak memakai sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya wajib dipasang dengan kokoh. Umumnya rumah memiliki kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci itu kudu diganti
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memberikan keamanan tambahan ketika kamu berada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan terang pada pintu jika dilihat dari luar, namun kunci ini tidak dapat didobrak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini ngga akan membantumu secara langsung saat teman ngga di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara termudah mengamankan pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat berkreasi atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya ngga pindah posisi. Paling tak, letakkan sebuah tongkat (kayu silinder tebal, contohnya) pada bagian bawah pintu agar tidak dapat dibuka paksa. Cara apapun yang teman pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan pada langkah sebelumnya.

Memperketat Pintu Masuk Kamu

Pakai pengaman dari silinder yang ada di sekitar kunci silinder (bagian tempat teman memasukkan kunci teman) Pencuri seringkali dapat merusak atau menyopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dsb. Jaga kuncinya memakai besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tak dapat dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah penggunaan pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan ini, tetapi kalau punya kamu belum ada, kamu dapat membelinya.
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt

Ganti srike plate yang sudah keropos. Strike plate adalah batang besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar wajib mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dilengkapi dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan palang besi dengan mutu rendah atau strike plate yang terpasang menggunakan baut pendek.
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Amankan engsel yang ngga terlindungi. Engsel perlu berada pada bagian dalam pintu. Kalau punya kamu tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak dapat dilepas. Anda dapat mengerjakannya dengan langkah mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tak dapat dilepas (anda bisa mendapatkannya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak terlihat juga kudu diperkuat pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan memiliki kualitas tinggi, dilengkapi kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih bisa memasuki rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu mengenai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dimasuki, jadi perlakukan langkah yang mirip pada jalan masuk diantara garasi kamu dan rumah anda seperti pintu bagian luar anda. Kunci juga pintu anda saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan jendela lainnya memerlukan perawatan dari waktu ke waktu, dan pintu yang ngga dijaga dengan benar akan menciptakan peluang lebih gampang membobol rumah kamu. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi bagus dan pintunya menempati rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci anda. Letakkan kunci anda dalam pengawasan. Kalau teman harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah teman seperti kerajaan. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam urusan mereka, tetapi mereka kudu memiliki jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga kamu, dan harta benda teman, tetapi jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, kamu masih bisa jadi korban pada suatu ketika, dan kamu memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat kamu tidak dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah jika teman tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, paling tidak kamu sudah mencoba untuk mempersulit kemungkinan untuk pencuri menggondol barang kita dengan mudah.

Terima kasih telah membaca Amankan Pintu dari Pencuri Pakai Deadbolt, semoga berguna. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel