Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya

Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya Pencurian saat libur panjang selalu jadi momok yang mengkhawatirkan bagi pemudik. Tetapi trik terbaik mana untuk menjadikan rumah teman tetap safe? Paling mudah anda sudah memakai alarm system (jika tidak, bergegaslah), dan mungkin anda memiliki hewan penjaga menjaga rumah teman juga. Statistik membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. So mempunyai pintu itu tetap terkunci dan kokoh. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Tepat?
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Tentukan pintu yang aman. Kalau pintu depan dan belakang teman tidak keras, anda wajib memperkuat jika ditinggal libur panjang. Bagaimana Trik untuk kamu ngerti kalau pintu kamu rentan? Cukup diketuk saja. Pintu lemah hanyalah lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar kudu solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan asli
Inti kayu keras
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi ditopang bagian dalamnya, dan mempunyai sesuatu yang disebut sebagai lock block (batu bata keras). Kalau tak, pencuri bisa membelokkan dengan mudah kusen pintu menggunakan dongkrak mobil.

Kalau memasang pintu dan kerangka baru, pertimbangkan untuk menggunakan pintu kaca yang memiliki serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menolak benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk kalau suasana sepi.

Perkuat semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa view. Untuk keamanan maksimal, semua pintu kudu ngga berkaca, dan anda tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi orang jahat dapat merusak jendela kemudian membongkar pintu dengan mudah.

Kalau kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, perkuat kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga dapat dibongkar yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab membobol rumah korban melintasi pintu yang ngga dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi sia-sia kalau kamu tidak menggunakannya. Kunci semua pintu bagian luar kapanpun anda pergi keluar – walau kamu hanya pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus memiliki kunci deadbolt ditambah menggunakan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras yang tidak menggunakan sekrup yang terlihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling tidak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya harus terpasang dengan tepat. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut harus dirombak
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra saat kamu ada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin bisa dilihat dengan gampang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat didobrak tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tidak akan membantumu secara langsung ketika kamu tak di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Langkah termudah mengamankan pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya agar ngga pindah posisi. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya ngga dapat terbuka. Trik apapun yang anda gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis pada langkah pengamanan di atas.

Memperketat Pintu Masuk Kamu

Pakai pengaman dari silinder yang ada di sekitar kunci silinder (bagian dimana teman memasukkan kunci anda) Pencuri terkadang bisa menghancurkan atau mencopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau ring pelindung di kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya ngga gampang dicopot. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan ini, namun kalau punya kamu belum ada, teman dapat membelinya.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya

Ganti srike plate yang sudah renta. Strike plate merupakan plate besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar wajib mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang terpasang dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dilengkapi dengan strike plate dengan mutu rendah atau palang besi yang terpasang menggunakan baut pendek.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Lindungi engsel yang tidak terlindungi. Engsel wajib ada pada bagian dalam pintu. Jika milik teman tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang ngga dapat dicopot. Kamu dapat mengerjakannya dengan cara melepas paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak dapat dilepas (kamu dapat menemuinya di toko perkakas) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang tidak nampak juga wajib diperkuat di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kokoh dan bermutu tinggi, terpasang kunci yang keras, seorang pencuri masih bisa memasuki rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mencapai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dimasuki, jadi pakailah langkah yang sama pada jalan masuk diantara garasi teman dan rumah teman layaknya pintu bagian luar anda. Kunci juga pintu kamu saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan perangkat keras lainnya membutuhkan perawatan kapanpun, dan pintu yang ngga dijaga dengan benar akan menciptakan kemungkinan lebih mudah memasuki rumah anda. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser masih bagus dan pintunya menempati jalur.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Sehebat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci teman. Letakkan kunci kamu sendiri. Jika teman perlu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada tempat kunci bermutu yang dipasang dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah teman layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk menolong masuk rumah saat ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam bidang mereka, namun mereka wajib memiliki jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa diselamatkan sebab rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci kamu pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci paling keras akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga anda, dan harta benda teman, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, teman masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku menjadikan anda ngga dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu gampang jika teman tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, paling tidak kita telah berusaha untuk menutup kemungkinan untuk pencuri menggondol barang dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya, semoga berfaedah. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel