Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya

Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya Pencurian saat liburan selalu jadi suatu yang mengkhawatirkan bagi pemilik rumah. Tetapi cara paling gampang seperti apa untuk menjadikan rumah sobat tetap terlindungi? Paling mudah anda telah memasang alarm system (kalau ngga, lakukan segera), atau mungkin kamu mempunyai anjing penjaga menjaga rumah teman juga. Survei menunjukkan kalau banyak perampok masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. Jadi mempunyai pintu itu tetap terkunci dan aman. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa digunakanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Anti Maling?
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Ambil pintu yang kuat. Jika pintu depan dan belakang anda lemah, kamu wajib menggantinya jika ditinggal long weekend. Seperti apa Trik untuk kamu tahu kalau pintu anda rentan? Cukup mengetuknya saja. Pintu mudah dibobol hanyalah lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar perlu solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: cek terlebih dahulu pintu besi ditopang bagian dalamnya, dan memiliki suatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (batu bata kuat). Kalau ngga, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai alat pencurian.

Jika memasang pintu dan kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca berserat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menolak pukulan palu dari orang-orang yang masuk di saat liburan.

Ganti semua pintu luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa view. Untuk keamanan maksimum, semua pintu wajib tidak berjendela, dan anda ngga ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga orang jahat dapat merusak jendela dan membuka pintu dari dalam.

Kalau kamu memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, lapisi kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga dapat dihancurkan yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membobol rumah korban memakai pintu yang tak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi sia-sia kalau teman tidak menguncinya. Kunci seluruh pintu bagian luar kapanpun anda pergi hangout – bahkan jika teman hanya pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt plus dengan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat yang tidak menggunakan sekrup yang dapat dilihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling tak sepanjang 2,5cm. Kuncinya perlu dipasang dengan benar. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci itu perlu dibuang
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Terapkan deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra ketika teman berada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang tak memiliki kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan jelas pada pintu jika dilihat dari luar, namun kunci ini tidak dapat dihajar tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tak akan menolongmu secara langsung saat kamu tak berada di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Langkah termudah memperkuat pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat berkreasi atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya agar tak pindah posisi. Paling tak, letakkan sebuah tongkat (kayu silinder tebal, misalnya) di bagian bawah pintu supaya ngga bisa dibuka paksa. Langkah apapun yang teman pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah sebelumnya.

Memperkokoh Jalan Masuk Kamu

Gunakan pengaman silinder di samping kunci silinder (sisi tempat teman memasukkan kunci kamu) Pencuri seringkali bisa menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dsb. Jaga kuncinya dengan besi pengaman kunci atau ring pelindung di kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup supaya ngga dapat dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan tips ini, namun jika punya kamu belum ada, kamu dapat membelinya.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya

Perkuat srike plate yang sudah rapuh. Strike plate merupakan plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan palang besi berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang memakai baut pendek.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Amankan engsel yang tidak terlindungi. Engsel wajib berada di bagian dalam pintu. Kalau milik anda tak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tak dapat dilepas. Kamu dapat melakukannya dengan cara melepas paling tak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tak dapat dicopot (teman dapat membelinya di toko hardware) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak nampak juga harus diamankan pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu teman kokoh dan mempunyai kualitas tinggi, diperkokoh kunci yang kuat, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu mencapai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dibuka, jadi pakailah langkah yang sama pada pintu diantara garasi anda dan rumah teman layaknya pintu bagian luar kamu. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya membutuhkan perawatan setiap waktu, dan pintu yang ngga dijaga dengan benar akan membuat pencuri lebih gampang memasuki rumah anda. Terlebih, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih baik dan pintunya menempati jalur.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci anda. Simpan kunci kamu dalam pengawasan. Kalau teman wajib meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada tempat kunci bermutu yang diposisikan dengan benar dan tersembunyi.

Jangan menjadikan rumah kamu seperti benteng. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, namun mereka wajib memiliki jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa ditolong sebab rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga anda, dan harta benda teman, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, teman masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat anda tak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu gampang jika anda tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, setidaknya kita telah mencoba untuk menghalangi peluang untuk pencuri mengambil barang kita dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca Ingin Membuat Pintu Rumah Anda Anti Pencuri? Berikut Tipsnya, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel