Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong Pencurian saat libur panjang selalu menjadi suatu yang mengkhawatirkan bagi pemilik rumah. Tetapi cara terbaik mana untuk menjadikan rumah kamu tetap safe? Paling mudah anda telah memakai alarm system (kalau tak, lakukan segera), atau mungkin teman memiliki anjing penjaga mempatroli rumah kamu juga. Statistik membuktikan kalau banyak pencuri masuk rumah menggunakan pintu depan ataupun belakang. So buat pintu itu harusnya terkunci dan kokoh. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukanApakah Kamu Memiliki Pintu yang Kuat?
 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Ambil pintu yang aman. Kalau pintu depan dan belakang kamu lemah, anda perlu memperkuat jika ditinggal long weekend. Bagaimana Caranya kamu tahu bahwa pintu kamu tidak kuat? Bisa dengan diketuk saja. Pintu lemah cuma lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat kuat dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi didukung bagian dalamnya, dan memiliki sesuatu yang dikenal dengan lock block (batu bata keras). Kalau tidak, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu menggunakan dongkrak mobil.

Jika mengganti pintu dan kerangka baru, pertimbangkan untuk memakai pintu kaca berserat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menahan pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Ganti semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa view. Untuk keamanan maksimum, semua pintu harus tidak berkaca, dan kamu tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi pencuri dapat masuk melalui jendela kemudian membongkar pintu dari dalam.

Kalau kamu mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga dapat dihancurkan yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, pencuri membongkar rumah target melintasi pintu yang tidak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi sia-sia kalau kamu tidak menggunakannya. Kunci semua pintu bagian luar kapanpun anda pergi hangout – walau teman cuma pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib memiliki kunci deadbolt didukung memakai kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat yang tidak memakai sekrup yang bisa dilihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya perlu terinstal dengan kuat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut harus diperkuat
 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Pasang deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra ketika kamu berada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan mudah pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak bisa dibuka tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tidak akan menolongmu secara instan saat kamu tak di rumah, kunci ini sangat mudah terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Cara terbaik memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya agar ngga bergeser. Paling ngga, letakkan sebuah tongkat (kayu silinder tebal, contohnya) di bagian bawah pintu supaya tidak dapat dibuka paksa. Trik apapun yang anda pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah di atas.

Memperketat Jalan Masuk Kamu

Pakai pengaman silinder pada sekitar kunci silinder (sisi dimana kamu memasukkan kunci teman) Pencuri seringnya dapat menghancurkan atau mencopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dsb. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar ngga dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan tips ini, tetapi kalau punya teman belum ada, teman bisa membelinya.
 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Ganti srike plate yang telah renta. Strike plate adalah plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar harus mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dilengkapi dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah dibangun dengan palang besi berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang dengan baut pendek.
 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Perkuat engsel yang ngga aman. Engsel kudu berada pada bagian dalam pintu. Kalau milik kamu ngga di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak dapat dicopot. Kamu bisa melakukannya dengan cara mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tidak bisa dilepas (teman dapat menemuinya di toko perkakas) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang tak terlihat juga harus diamankan pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu teman keras dan bermutu tinggi, terpasang kunci yang jelas, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang keras dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib tertancap di dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat gampang untuk dimasuki, jadi pakailah cara yang sama pada pintu diantara garasi kamu dan rumah teman layaknya pintu depan anda. Kunci juga pintu anda saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan perangkat keras lainnya butuh perawatan kapanpun, dan pintu yang tak dirawat dengan benar akan membuat pencuri lebih gampang memasuki rumah teman. Khususnya, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi baik dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Serapat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Letakkan kunci teman dalam pengawasan. Kalau teman harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci bermutu yang diposisikan dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah anda layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam bidang mereka, namun mereka kudu mempunyai jalur lain seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa ditolong karena rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci paling kokoh akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga kamu, dan harta benda anda, tetapi jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, kamu masih dapat menjadi korban pada suatu saat, dan kamu memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan menjadikan kamu tidak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu mudah jika kamu tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Namun, setidaknya kita sudah berusaha untuk menutup peluang untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih sudah membaca Trik Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel