Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang

Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang Pencurian saat libur panjang selalu jadi suatu yang mengkhawatirkan untuk pemudik. Namun cara terbaik apa untuk menjadikan rumah sobat tetap terjaga? Paling gampang teman telah memakai alarm system (jika tak, kamu dapat mempertimbangkannya lagi), atau mungkin kamu mempunyai anjing penjaga mempatroli rumah kamu juga. Poling membuktikan kalau banyak perampok masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu itu harusnya terkunci dan kuat. Di bawah ini adalah salah satu tips yang dapat dilakukanApakah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Pilih pintu yang kokoh. Kalau pintu depan dan belakang anda tidak kuat, teman kudu memperbaikinya kalau ditinggal libur panjang. Bagaimana Trik untuk anda tahu bahwa pintu anda tidak kuat? Bisa dengan diketuk saja. Pintu lemah hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar wajib solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Bagian dalam kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: tentukan pintu besi ditopang bagian intinya, dan memiliki sesuatu yang dikenal dengan lock block (beton bata kuat). Jika tidak, pencuri bisa membelokkan dengan mudah kusen pintu menggunakan dongkrak mobil.

Jika memasang pintu menggunakan kerangka baru, perkirakan juga untuk memakai pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk meredam pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk secara paksa.

Ganti semua pintu luar yang memiliki kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimum, semua pintu harus tidak berjendela, dan kamu tidak ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi pencuri bisa masuk melalui jendela dan membongkar pintu dengan mudah.

Kalau anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, backingi kacanya dengan besi pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang ngga bisa dibongkar yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membobol rumah target menggunakan pintu yang ngga dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan menjadi sia-sia kalau kamu ngga memakainya. Kunci semua pintu bagian luar setiap waktu teman pergi hangout – walau kamu cuma pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt didukung dengan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak menggunakan sekrup yang terlihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling tidak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya wajib terinstal dengan kuat. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci itu wajib diperkuat
 Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memperkuat keamanan ekstra saat kamu berada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang ngga memiliki kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak dapat dihajar tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini ngga akan menolongmu secara instan saat kamu tidak berada di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Langkah termudah mengamankan pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya tidak bergeser. Paling tak, letakkan sebuah tongkat (kayu penyangga, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya tidak bisa terbuka. Langkah apapun yang teman gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah sebelumnya.

Memperkokoh Akses Masuk Anda

Pasang pengaman silinder yang ada di sekitar kunci silinder (sisi dimana teman memasukkan kunci teman) Pencuri seringnya dapat menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dsb. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar ngga dapat dicopot. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan tips ini, namun kalau punya anda belum ada, anda dapat membelinya.
 Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang

Ganti srike plate yang sudah rapuh. Strike plate adalah batang besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar harus memiliki pengaman besi strike plate yang kuat yang terpasang dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan strike plate dengan mutu rendah atau strike plate yang dipasang memakai baut pendek.
 Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Amankan engsel yang ngga aman. Engsel kudu ada pada bagian dalam pintu. Kalau punya teman tak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tak dapat dilepas. Kamu bisa melakukannya dengan langkah melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tak dapat dilepas (kamu dapat mendapatkannya di toko hardware) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang tak terlihat juga harus diperkuat pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan mempunyai mutu tinggi, terpampang kunci yang jelas, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu mengenai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dibobol, jadi perlakukan langkah yang mirip pada pintu diantara garasi teman dan rumah anda seperti pintu depan teman. Kunci juga pintu teman saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya memerlukan perawatan setiap waktu, dan pintu yang tak dirawat dengan baik akan membuat pencuri lebih mudah memasuki rumah kamu. Terlebih, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih baik dan pintunya menempati rel.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci teman. Simpan kunci kamu sendiri. Jika teman kudu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada kotak kunci berkualitas yang dipasang dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan menjadikan rumah teman seperti benteng. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, namun mereka kudu memiliki jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat ditolong karena rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga teman, dan harta benda kamu, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, teman masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan kamu memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat anda tidak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu mudah kalau kamu tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, paling tidak kita telah berusaha untuk menutup kemungkinan untuk pencuri menggondol barang kita dengan gampang.

Terima kasih telah membaca Trik Mengamankan Rumah Saat Libur Panjang, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel