6 Kreasi Dekorasi Kamar Tidur DIY untuk Kamar Mungil


6 Kreasi Dekorasi Kamar Tidur DIY untuk Kamar Mungil Tampilan kamar yang biasa saja seringkali bisa membuat boring. Tak harus merogoh kocek terlalu dalam misalnya mengganti model cat. Sobat dapat mewujudkan suasana ruangan menjadi lebih wah. Triknya yaitu dengan mendesain pencahayaan ruangan. Seperti memanfaatkan lampu Tumblr atau string lights.


Apa Sih Lampu Tumblr?


String lights lebih tenar dikenal dengan lampu Tumblr. Lampu hias ini pantes dipasang pada tiap kamar bahkan untuk luar ruangan pun masih oke. Penempatan yang harmoni dan sesuai akan membuat suasana yang berbeda.  String lights ini sebenarnya adalah lampu led biasa yang dibuat jadi lebih cocok untuk tempat yang tepat.
 6 Kreasi Dekorasi Kamar Tidur DIY untuk Kamar Mungil
Lampu Tumblr telah dipakai sejak dulu. Bahkan anda biasa melihatnya terpasang, namun mungkin tidak tahu kalau lampu itu namanya lampu tumblr/string lights.


Banyaknya Model Lampu Tumblr


Lampu model ini mempunyai banyak jenis namun dasarnya tidak berbeda yaitu sinarnya menciptakan suasana yang tenang dan nyaman. Tentu tetap indah masalah kalau lampu ini diletakkan di ruangan. Ditambah lagi ramainya lampu yang membentuk kerlipan bintang atau kunang kunang. Pasti berasa banget jika anda ada di alam mimpi.

Baca 33 Model dan Harga Etalase Kaca Alumunium Lengkap





Harga Lampu Tumblr



Banyak sekali di market place misalnya shopee, tokopedia, dan bukalapak, orang yang menyediakan lampu tumblr. Dengan harga yang murah dan pas di kantong lampu tumblr tetap aman digunakan. Sobat mungkin sebaiknya membuat desain terlebih dahulu supaya bisa menentukan desain yang tepat untuk rancangan yang sudah anda inginkan. Berikut ini merupakan beberapa model pemasangan lampu tumblr yang pas di kamar tidur.



Menghiasi bagian kanopi


Meletakkan string lights pada kanopi tidaklah buruk. Suasana menyenangkan dan rileks akan menyatu saat teman meletakkan badan di ranjang. Agar hasil rileks yang maksimal kamu dapat memberikan kain tipis pada kanopi berhiaskan string lights.
 6 Kreasi Dekorasi Kamar Tidur DIY untuk Kamar Mungil
Pakailah string lights ukuran mini agar tidak menyilaukan pandangan. Lampu yang terlalu besar ngga sesuai sebab panasnya mungkin masih terasa dan mungkin menyilaukan. Penempatan yang pas ini bisa membuat tidur terasa lebih menyenangkan. Tak harus takut lagi memandang bagian yang gelap sendirian. Sebab semua bagian ruang terpendar cahaya string lights tanpa mengganggu pandangan.


Lekatkan lampu Tumblr mengitari cermin


Mungkin kamu bisa mencoba melilitkan lampu tumblr untuk meja rias atau cermin kamar. Lampu Tumblr bisa menciptakan suasana ajaib saat cahaya lampu terpantul cermin. Selain menambah kesan indah cahaya cermin ini juga dapat membuat hasil jepretan kamera kamu lebih instagramable saat bergaya di depan cermin. Kawan dapat merasakan puas ketika memandang hasil foto yang unik dan cantik.
 6 Kreasi Dekorasi Kamar Tidur DIY untuk Kamar Mungil
Tak hanya itu sinar yang terpantul dari cermin akan menciptakan suasana harmoni dan luas. Anda akan mendapatkan suasana rileks dan lapang walaupun anda tinggal di ruangan yang kecil. Jadi saat ruangan terasa kecil banget, anda bisa mengakalinya dengan menggabungkan antara cermin dan lampu tumblr.


Membuat semarak pada Foto Foto Kenangan


Generasi 80-an pasti sering memiliki foto polaroid. Foto jadul akan nampak lebih indah jika terkena pantulan sinar lampu tumblr.
 6 Kreasi Dekorasi Kamar Tidur DIY untuk Kamar Mungil
Caranya yaitu menggantung foto foto atau gambar yang telah tercetak berselimutkan cahaya lampu tumblr. Kesan yang muncul dari lampu pada sekitar foto akan membuat konsep urban.

Jika suasana yang menyenangkan akan keluar berbagai hal istimewa saat anda tidur. Kamu dapat tergambar suasana saat masih kecil penuh dengan kenangan yang indah berlari lari bersama banyak teman.


Buatlah bintang berkilauan


Memanfaatkan gemarlap lampu tumblr kamu dapat berkreasi menciptakan kerlip bintang di kamarmu. Tak membuat mata capek tetapi malah menjadi gembira. Tekniknya adalah dengan menggantung lampu dengan posisi horizontal memenuhi plafon ruangan. Aturlah agar tidak terlihat kaku. Biarkan menyatu dengan furniture yang ada di kamarmu. Seperti memanfaatkan efek drapery (dilipat) atau zig zag.
 6 Kreasi Dekorasi Kamar Tidur DIY untuk Kamar Mungil
Pemasangan yang indah dan teratur akan membuat kesan elegan. Kamu bisa membuat lampu tumblr ini menjadi lampu utama lho. Memang nggak seterang menggunakan lampu pada umumnya, namun kalau kegunaannya untuk istirahat maka suasana inilah yang kudunya diciptakan di ruanganmu.


Sandingkan lampu Tumblr berdekatan dengan hiasan gantung yang lain


Tak semua orang senang dengan keramaian hiasan yang ada di ruangan. Namun kalau anda senang dengan berbagai hiasan, mungkin kamu perlu menggabungkan antara hiasan kamar dan lampu tumblr. Buatlah agar hiasan dinding lainnya tetap nyaman dilihat dan berpadu dengan indahnya lampu tumblr.
 6 Kreasi Dekorasi Kamar Tidur DIY untuk Kamar Mungil
Anda dapat menciptakan suasana lebih menggembirakan saat pantulan cahaya lampu tumblr mengenai dekorasi hiasan gantung yang sudah ada di ruangan.


Bingkai pintu kamar dengan kunang kunang beterbangan


 6 Kreasi Dekorasi Kamar Tidur DIY untuk Kamar Mungil
Pernahkah anda tiba tiba bangun ingin minum atau buang air saat malam? Tak jarang hal yang pertama kita cari adalah pintu. Sebab nyawa terasa seperti belum terkumpul. Mungkin anda perlu} memasang lampu indah ini di sisi pintu kamar. Kamu akan merasakan masuk wahana fantasi penuh cinta dimana pintu-pintu terlihat berkilauan. Atau anda juga bisa membuat nuansa rumah smurf yang jadi tren di lokasi wisata.


Lampu Tumblr menghiasi toples kaca untuk lampu meja unik


Berkreasi dengan botol kaca dibuat lampu hias? Bisa. Pasanglah lampu tumblr ini di dalamnya. Buatlah agar menyerupai kunang kunang yang beterbangan di dalam toples. Hanya nyalakan toples yang sudah diisi lampu tumblr di sisi ranjang dan anda pasti terpesona menyaksikan cantiknya kamar anda sekarang. Sambil mesem kamu dapat tidur nyaman setiap malam.
 6 Kreasi Dekorasi Kamar Tidur DIY untuk Kamar Mungil
Caranya yaitu memakai lampu tumblr berukuran mungil dan tidak terlalu berlebihan untuk satu kabel saja. Pilih yang ngga terlalu terang dan yang menenangkan. Istirahat akan bertambah pulas dengan nuansa yang nyaman seperti di alam mimpi.


Gantung lampu Tumblr pada rak dinding kamar


 6 Kreasi Dekorasi Kamar Tidur DIY untuk Kamar Mungil
Menggantung lampu tumblr pada rak dinding juga sangat cantik dilihat. Kalau memang menggunakan hiasan yang lain sulit. Kamu bisa memanfaatkan rak dinding dipasang lampu tumblr. Suasana mewah untuk kamar anda malah akan bertambah ketika anda bisa meletakkan dengan indah bahkan akan terlihat lebih berkelas dan cantik.


Langkah Penerapan Lampu Tumblr ngga menggunakan Paku


Pemasangan lampu tumblr tidak kudu memakai paku. Karena beban yang cukup ringan. Kamu dapat memasang menggunakan adhesive hook, merupakan semacam persegi kecil yang telah diberi perekat. Anda dapat menciptakan adhesive hook ini sendiri menggunakan kayu tipis dan doble tip.


Cara merangkai lampu tumblr sendiri


Lampu Tumblr ini sebenarnya kumpulan lampu hias atau lampu led biasa yang banyak dijual. Tetapi dirangkai agar menjadi lampu yang cantik. Jadi kalau anda kepengin merangkai lampu tumblr, maka bersiaplah menciptakan imajinasi untuk model yang akan anda buat.

Untungnya adalah harga tentunya lebih {murah dibanding beli jadi. Selain itu anda bisa membuat desain yang anda inginkan sendiri dihiasi pernak pernik yang kamu senangi.

Oke berikut ini adalah perangkat yang dibutuhkan untuk pembuatan lampu tumblr sendiri.

Lampu LED
Rumah Lampu Led
Kabel kecil
Steker
PCB Kosongan
Sedangkan untuk komponennya hanya ini saja :

Resistor 1M – 1 pcs
Resistor 10R – 1 pcs
Transistor 0,47uF / 250V – 1 pcs
Dioda IN 4007 – 4 pcs


Langkah membuat lampu tumblr.


1. Setelah perlengkapan tersedia semua kamu bisa langsung menggabungkan dan melakukan langkah yang dibutuhkan untuk membuat lampu tumblr. Misalnya memotong kabel sesuai ukuran yang dibutuhkan contohnya 15cm-25cm .

2.Tak lupa juga potong kaki lampu led.
3. Sambung dengan solder. Penyambungan kabel dengan kaki lampu led yang sudah dipotong. Pastikan kabel dan kaki lampu led tersambung dengan kuat supaya aliran listrik lancar.
4. Buat sesuai dengan skema di bawah ini.



 6 Kreasi Dekorasi Kamar Tidur DIY untuk Kamar Mungil
reparasi.info

5. Sesudah semua perangkat terhubung dengan baik di PCB jangan lupa hubungkan juga kabel steker dan juga ke kabel lampu LED.

Baca Tips Memilih Desain Meja Dapur



Kalau masih belum paham dapat melihat pada video tutorial berikut ini.



Sekian tulisan tentang 6 Kreasi Dekorasi Kamar Tidur DIY untuk Kamar Mungil semoga dapat menginspirasi anda. Terima kasih sudah share agar lebih banyak manfaat yang diperoleh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel