Cara Desain Rumah Minimalis Modern


Cara Desain Rumah Minimalis Modern - Desain Rumah Minimalis tak pernah absen dijadikan pembahasan. Trend membangun hunian dengan tipe desain yang minimalis modern sudah ramai dibicarakan di internet. Bisa dibilang kuno kalau dikatakan baru ngerti sekarang, sebab gaya hunian akan senantiasa berkembang terus menerus. Ide dan kreativitas dalam membuat desain rumah sudah meningkat pesat, terutama untuk beradaptasi dengan perkembangan masa semisal tanah yang semakin tinggi dan sulit dijangkau. Tren minimalis yang akhirnya juga mewabah ke wilayah pribumi dengan tema bangunan minimalis, tetapi enak dipandang dan juga menggiurkan orang yang melihatnya. Ditambah para developer dan pengembang seringnya melirik model itu.



Adalah PR yang besar supaya model rumah di lokasi yang sempit ini mempunyai ruangan yang tepat. Seperti keperluan akan tempat untuk mengerjakan kegiatan privasi. Sebuah keluarga yang mempunyai dua anak remaja yang beranjak menginjak dewasa maka tentu akan membutuhkan 2 ruangan tidur sendiri. Terlebih kalau mempunyai jumlah anak dan memiliki jenis kelamin yang berbeda maka telah seharusnya tempat tidurnya kudu dipisah.











Ingin Punya Anda Bangun Tiap Pagi?
Bisa!!!
Promo Gratis Ongkir!!!




Akibatnya, kalau banyak kamar tidur maka desain rumah yang mempunyai lebih tempat tidurlah yang kamu butuhkan bukan? Akibatnya kamar yang lain akan semakin sempit.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
Untuk pasangan baru dua kamar tidur untuk satu rumah bukanlah masalah. Karena anak masih dapat ditaruh atau diselipkan dalam satu kamar. Namun akan mulai menjadi sesuatu saat anak sudah beranjak dewasa dan memerlukan kamar pribadi sendiri. Apalagi keadaan tidak terduga misalnya datangnya tamu dan bertujuan rehat semalam maka memiliki tiga ruangan untuk tidur menjadi opsi yang aman untuk hunian.

Membangun tiga kamar tidur tidaklah berarti kamu harus mempersempit tempat tamu atau dapur yang terlalu sempit. Anda hanya membutuhkan desain yang baik agar ruangan bisa diatur dengan apik. Di bawah ini merupakan beberapa contoh modelnya.

1. Denah rumah minimalis type 36.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
2. Denah rumah 3 kamar ukuran 7×9.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
3. Kamar tidur utama dan 2 kamar tidur anak,
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
4. Denah rumah minimalis bergaya zen,
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
5. Light and fun, denah rumah minimalis ini membawa nuansa yang lembut.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
6. Denah rumah kecil 1 lantai dengan 3 kamar tidur, dapat diakali dengan menggabungkan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur pada satu ruang besar.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
7. Denah rumah minimalis dengan perpaduan warna putih dan lime / biru dengan orange,
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
8. Denah rumah minimalis dengan eksterior bata merah,
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
9. Rumah mungil dengan 3 kamar tidur
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
10. Desain rumah keluarga dengan 2 anak.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
11.  Denah rumah lantai pertama, dapat kamu pakai kalau kamu kepengin mendesain rumah bertingkat nantinya.

12. Denah rumah dengan desain kamar serupa.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
13. Rumah 3 kamar dengan garasi.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
14. Rooftop di atas rumah.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
15. Denah rumah modern minimalis dengan lapisan lantai marmer glossy dan pintu transparan di setiap ruang.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
16. Teras kecil di setiap kamar pasti diimpikan banyak orang.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
17. Denah rumah minimalis dengan 2 teras.
  Cara Desain Rumah Minimalis Modern
Ingatlah Ini Saat Merancang Denah Rumah Modern

Mungkin kamu belum meyakinkan pilihan yang sesuai untuk desain rumah minimalis tadi. Tak ada salahnya perhatikan hal berikut ini. Sebab penentuan keputusan yang anda buat akan menggambarkan karakter yang menggambarkan diri kamu.

1. Gaya rumah
Pemilihan gaya rumah sebagai acuan, karena semua pembangunan diawali dari ide anda. Tukang cuma mengerjakan ide yang anda inginkan mengikuti dengan arahan saja. Namun bisa jadi mereka akan bingung ketika anda tidak jelas dalam penentuannya. Kalau kamu menginginkan rumah dengan gaya mediteranian misalnya, maka pilihlah desain yang pas untuk rumah mediteranian. Sebaliknya kalau kamu menginginkan desain rumah minimalis modern maka pakailah desain yang tepat dan selaras dengan gaya rumah anda.

2. Banyaknya kamar tidur
Kamar untuk tidur adalah sesuatu utama  yang kudu dipikirkan. Sebab tempat privasi ini adalah pusat dari sebuah rumah. Sesuaikan banyaknya tempat yang anda butuhkan, selain untuk anggota keluarga juga untuk tamu misalnya. Terkadang kalau kerabat diharuskan berkunjung dan menginap di tempat anda. Memang tidak setiap hari, tetapi menyediakan ruangan untuk saudara saat bermalam adalah hal yang menjadi keharusan.

3. Satu tingkat atau dua tingkat?
Lebih pusing membangun satu tingkat atau dua tingkat. Kalau membangun rumah dua tingkat mungkin kamu dapat berkreasi sendiri untuk penataan ruang. Namun, kalau yang dibangun adalah rumah satu tingkat ada baiknya melibatkan ahli dalam penataan ruang agar tertata dengan tetap sesuai dengan kebutuhan. Jika membangun 2 tingkat maka kamu bisa mempunyai lebih banyak ruang untuk ruang tidur misalnya.

4. Adanya kamar tidur utama
Hunian yang memiliki kamar tidur utama mempunyai nilai plus tersendiri. Sepertinya kamar itu akan menjadi tempat yang sangat mewah. Jadi mungkin anda bisa meningkatkan poin tambahan rumah anda dengan desain floor plan rumah minimalis yang memiliki kamar tidur utama.

5. Ruangan bonus
Selain tempat tidur utama, untuk menambah nilai lebih yaitu ruangan istimewa. Seperti ruangan untuk bersih bersih baju atau hanya untuk berkumpul bareng. Tempat ini harus diperhatikan betul kalau ingin membuatnya apakah memang anda memerlukannya atau cuma untuk sesuatu yang akhirnya tidak kamu sukai. Atau kamu membangun ruangan untuk menikmati hidup, tetapi rela menghilangkan kamar untuk bekerja.

6. Banyaknya kamar mandi
Kamar mandi adalah gambaran dari suatu rumah. Menurut filosofi jawa, kemegahan dan kepribadian pemilik rumah digambarkan dari ruang tamu dan kamar mandinya. Maka ngga heran kalau orang jawa membangun ruang tamu yang sangat luas. Nah untuk jamban sendiri kamu bisa mengakalinya dengan banyaknya jumlah kamar mandi. Misalnya 2 kamar mandi. Dengan adanya 2 kamar mandi maka untuk ketika terdesak kita ngga kudu mengantre di kamar mandi kelamaan. Penempatan yang tepat juga faktor pendorong contohnya di dekat kamar tidur.

7. Fungsionalitas
Kondisi saat membangun ruangan disesuaikan dengan keperluan. Jumlah ruangan tambahan dan ruangan yang kudu ada juga harus dipertimbangkan. Menjadi penting ketika kamu menginginkan mempunyai ruangan adalah penempatan ruangan itu haruslah tepat supaya menjadi sesuai fungsi ruangan itu dibuat. Contoh simpelnya contohnya penempatan meja makan dengan dapur. Kalau meja makan ditempatkan berjauhan dengan dapur tentu hasilnya tidak fungsional. Begitu juga misalnya kamar mandi hanya satu berdekatan dengan kamar tidur. Sudah dipastikan banyak warga lain yang ingin menyerbu di situ juga.

Ciri Khas Rumah Minimalis Sederhana dan Rumah Minimalis Modern

Walaupun mirip, nyatanya konsep rumah minimalis sederhana tidaklah sama dengan tema rumah minimalis modern.

Karakteristik Rumah Minimalis Modern
1. Model dan Kegunaan yang Mengusung Filosofi kenyamanan
Rumah minimalis memiliki rencana penataan ruangan yang sederhana, easy to arrange, dan sangat sesuai dengan kebutuhan kamu.
Ciri khas denah rumah yang mengusung tema minimalis adalah sebagai berikut:

Tampilan yang dirancang sesimple mungkin
Memakai Denah dengan lantai terbuka
Interior dinding yang terorganisir
Ruang penyimpanan simpel diatur dengan harmoni
Berfokus pada looking good
Cahaya yang terkesan tidak dibuat buat

Untuk membangun rumah minimalis, desain dibuat dari dalam jadi bentuk luar menyesuaikan bagian dalam, kemudian barulah dibuat bentuk bagian luar.

2. View Cladding dan Finishing Dinding yang sesuai fungsi
Cladding dapat dikatakan karakter paling melekat untuk bangunan yang mengusung tema minimalis. Tampilan yang terkesan dapat membuat rumah kerasa lebih menyenangkan ketika dilihat.

Menambah suasana natural dan pewarnaan yang tepat membuat Cladding dapat menjadi opsi ketika mendesain rumah minimalis modern.

Berbagai macam bahan untuk pembuatan cladding. Pertimbangan utamanya sudah pasti adalah rumah yang dibuat dengan patokan keindahan bangunan yang dipasang cladding.

Ada yang mengatakan cladding ini yaitu 'siding’. Pemakaian kata siding ini populer untuk wilayah Amerika Selatan, kalau kata cladding lebih dikenal untuk bagian Eropa dan Australia. Untuk beberapa wilayah yang menyebutnya dengan nama lain lagi yaitu weatherboard.

3. Ruang yang Terkesan Lapang, Terbuka, dan Pencahayaan yang tertata
Memprioritaskan tema cahaya alami yang bisa menerangi kamar. Cahaya matahari adalah pencahayaan alami dan paling sehat untuk manusia. Saat diatur dengan tepat maka tercipta nuansa chic yang dapat kamu buat. Diawali dari harmoni warna lembut pada dinding, kamar yang tertata, detail yang modern dan memiliki estetika dan mungkin kamu dapat menciptakan nuansa romantis menggunakan warna.

Sinar mentari yang menyinari bagian dalam akan membawa nuansa nyaman yang sangat baik untuk tubuh. Dapat menjadikan kamu lebih fresh ketika melihat cahaya mentari dibandingkan memandang cahaya komputer kan?



4. Detailing Simpel walaupun tanpa menggunakan Dekorasi
Rumah minimalis modern mengedepankan hal terkecil yang chic dibandingkan model furniturenya. Misalnya lemari kabinet tanpa menggunakan gagang pintu, atau perabotan yang lain akan membuat kesan yang lebih "langsam" dirasakan. Kemudian ketika berpikir "ini apa?" barulah Oo ternyata ini.
Baca :
Desain Rak TV Cocok di semua Bagian Rumah Anda
Misalnya lemari dengan tekstur kayu akan membuat nuansa natural dan hangat. Atau misalkan untuk tampilan jendela juga bisa memberikan kesan yang fresh.
Sedangkan tampilan luar, anda dapat memilih fasad dengan tampilan jendela yang minimalis ini memberikan kesan eksterior rumah yang minimalis.

5. Menentukan material sesuai dengan kebutuhan dan menggambarkan desain rumah minimalis modern
Anda bisa membuat banyak ide menggabungkan beton yang dibentuk seperti papan kayu. Atau menggabungkan bahan yang kamu sukai untuk menggambarkannya. Ciptakan kesan dari bangunan dengan bahan sederhana tetapi memiliki tampilan yang rapi dan enak dilihat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel