Ini Tambang Emas Terbesar Dunia

Ini Tambang Emas Terbesar DuniaFoto: CNBC

Jakarta - Harga emas naik berkali-kali lipat dalam lima tahun terakhir ini. Logam berharga ini menjadi idola, dan harganya tengah \\\'kinclong\\\' khususnya setelah Bank Sentral AS mengeluarkan kegiatan stimulus besar-besaran.

Setiap hari, sekitar US$ 75 miliar emas diperdagangkan di pasar saham London. Di Indonesia, harga emas batangan juga menjadi idola, ketika ini harganya mencapai Rp 584.200 per gram.

Sayangnya, dengan seruan yang sangat tinggi, justru logam mulia itu sangat sulit ditambang. Jumlahnya yang tersedia tidak sebanyak mineral lainnya. Dengan perhitungan kasar, seluruh emas yang selama ini ditambang insan kalau dikumpulkan hanya mampu menutupi dua bak renang standar olimpiade.

Berdasarkan data Geological Society Amerika Serikat, diperkirakan cadangan emas belum ditambang yang tersedia di planet bumi ini sekitar 51.000 ton, sehingga menyebabkan bisnis emas ini masih seksi.

Seperti dikutip dari data terakhir yang dikeluarkan Thompson Reuters dan Metals Economics Group yang dilansir CNBC<\ em="">, Jumat (21\/9\/2012), berikut ialah 10 tambang emas terbesar di dunia milik perusahaan publik.

Tambang-tambang ini dikategorikan sebagai terbesar alasannya ialah hanya berasal dari satu tambang saja, bukan hasil produksi dari beberapa tambang. Di mana tambang emas terbesar dunia berada?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel