Wafat Cara Orang Kaya China, Ini Kemewahannya

Wafat Cara Orang Kaya China, Ini KemewahannyaFoto: Getty Images

Jakarta - Kebijakan Satu Anak telah menjadikan angka kelahiran anak di China hanya 1,5-1,6 anak per perempuan. Saban tahun 'hanya' terjadi 16 juta kelahiran di China. Sementara angka maut lebih dari 9 juta orang per tahun.

Laporan Tahunan Development of the Cause of Ageing yang terbaru mendapati bahwa populasi orang bau tanah mencapai 202 juta orang atau 14,8 persen dari total populasi China.

“Kami tidak mengatakan ini ledakan kematian,” kata Wang Jisheng, Managing Director Fu Shou Yuan, perusahaan jasa maut dan pemakaman yang terkenal di China, kepada kantor isu CNN, pada pekan lalu.

Jisheng bilang, tak mampu dipungkiri bahwa akan tiba saatnya orang-orang bau tanah itu wafat. “Ketika mereka meninggalkan dunia ini, mereka berharap akan terus diingat dan itu menjadi urusan kami untuk menyajikan pelayanan yang terbaik,” ujarnya.

Tapi sasaran Fu Shou ialah orang-orang berduit. Perusahaan ini memang menerapkan harga yang lebih tinggi ketimbang penyedia jasa urusan pemakaman lainnya di negeri Tirai Bambu. Meski begitu, peminatnya banyak.

Harga untuk pemakaman cara orang kaya memang bikin geleng-geleng kepala. Untuk satu paket pemakaman ada yang hingga menelan biaya lebih dari US$ 83 ribu atau lebih dari Rp 830 juta.

Harga tanah makam memang kelewat mahal di sana. Menurut China Daily, makam termahal di Beijing berharga lebih dari US$ 32 ribu per meter persegi. Ada lagi media yang melansir angkanya antara US$ 60 ribu-US$ 70 ribu per meter persegi.

Tapi apa saja jasa yang didapatkan oleh pengguna jasa pemakaman semahal itu?

Pelayanan perusahaan pemakaman umumnya menyeluruh, mulai dari lahan pekuburan, watu kubur atau nisan, arca orang yang meninggal, hingga jasa pembuatan karangan bunga. Batu kubur tersedia mulai dari watu biasa hingga granit mahal. Arcanya pun mampu dari watu atau perunggu.

Untuk makamnya, tersedia dari yang minimalis, hingga makam yang dibangun menyerupai taman dengan banyak sekali tanaman bunga yang indah. Paket pemakaman juga mampu termasuk jamuan makan prasmanan pada ketika program pemakaman.
 
Selain itu, tersedia juga rumah persemayaman bubuk jenazah. Isinya mampu berupa rak-rak saja, atau untuk yang berduit, bubuk mayat mampu disimpan dalam 'kamar' khusus yang agak lebih besar ketimbang rak.

Keluarga mampu meletakkan barang apa saja di dalam 'kamar' itu, yakni segala sesuatu yang dianggap mampu menjadi bekal mereka di alam setelah kematian. Mulai dari sekadar makanan kecil menyerupai cokelat, album-album foto, bahkan hingga ponsel. Kamar-kamar itu mampu dibuka-tutup dengan kunci elektronik, menyerupai di hotel.

(DES/DES)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel