45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah

45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah - Indonesia yaitu negara yang besar, negara yang terdiri dari ratusan ribu pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Setiap tempat di Indonesia juga memiliki kebudayaannya masing-masing sebagai identitas suatu daerah, suatu pulau, atau satu suku, yang belum tentu sama dengan tempat lainnya. Budaya atau sopan santun yang ada di suatu tempat dapat dilihat dengan terang dari mulai hal-hal kecil menyerupai pakaian sopan santun yang digunakan, bahasa tempat dengan logatnya yang unik, ataupun dari rumah penduduknya. Uniknya di Indonesia, setiap provinsi memiliki rumah sopan santun yang berbeda-beda, dan salah satu yang cukup terkenal yaitu rumah joglo khas provinsi Jawa Tengah.

Dalam sopan santun jawa, rumah joglo bukan hanya dipandang sebagai hunian saja. Lebih dari itu, rumah joglo yaitu suatu simbol bagi masyarakat jawa. Di rumah joglo, setiap episode rumah memiliki simbol dan arti menyerupai contohnya, kerangka rumah joglo atau yang biasa disebut dengan soko guru. Jika diamati ada empat pilar utama yang digunakan sebagai penyangga rumah. Pilar-pilar utama ini melambangkan empat arah mata angin yaitu barat, timur, utara, dan selatan.

Selain itu, sama menyerupai kebanyakan rumah sopan santun lainnya di Indonesia, rumah joglo juga mampu dijadikan contoh untuk menakar status sosial seseorang. Meski diakui sebagai rumah sopan santun khas Jawa Tengah, namun tidak semua masyarakat jawa memiliki desain rumah joglo. Rumah joglo biasanya hanya dimiliki oleh para priyayi atau keturunan aristokrat saja. Umumnya tampilan rumah joglo terlihat sederhana, namun kerumitan dalam materi baku serta pembuatan menyebabkan proses rumah joglo khas Jawa Tengah ini memakan banyak waktu juga biaya.

Bagian-Bagian Rumah Joglo

Jika bagian-bagian rumah joglo dibedah, maka rumah sopan santun khas Jawa Tengah ini terdiri atas beberapa episode yakni pendhopo, pringgitan, dan omah njero atau omah ndalem.

1.  Pendhopo
Pendhopo yaitu suatu episode rumah yang biasa digunakan untuk mendapatkan tamu. Pendhopo ini letaknya di episode depan rumah dan tidak memiliki dinding atau bersifat terbuka. Hal ini berkaitan dengan filosofi orang jawa yang selalu bersikap ramah, terbuka, dan tidak memilih-milih dalam mendapatkan tamu. Pada umumnya pendhopo tidak diletakkan meja, atau kursi. Sebagai gantinya, lantai diberi tikar atau karpet untuk tamu yang datang. Ini bertujuan semoga tamu yang datang dapat mengobrol dengan akrab, dan memiliki kesetaraan derajat antara pemilik rumah dan tamu.

2.  Pringgitan
Pringgitan yaitu merupakan episode dari ruang tengah yang umumnya digunakan sebagai tempat untuk mendapatkan tamu yang memiliki korelasi dekat menyerupai saudara. Pringgitan yaitu ruangan yang berada diantara pendhopo dan omah dalem. Dala acara-acara adat, priggitan digunakan sebagai tempat untuk pertunjukkan yang berafiliasi dengan program ruwatan untuk anak sukerta (anak yang dijadikan mangsa bathara kala, tuhan raksasa dalam kepercayaan jawa)

3.  Omah Dalem
Omah dalem atau omah njero yaitu ruang dimana keluarga biasanya bercengkrama dan merupakan ruang langsung pemilik rumah. Dalam omah dalem terbagi menjadi beberapa ruangan atau episode yaitu ruang keluarga dan beberapa kamar yang disebut dengan senthong. Pada masa lalu, kamar atau senthong hanya dibuat menjadi tiga kamar saja. Kamar pertama biasanya dijadikan sebagai kamar tidur atau tempat istirahat kaum laki-laki. Kamar kedua biasanya dibiarkan kosong namun tetap diisi tempat tidur, atau amben lengkap dengan perlengkapan tidur. Dan yang terakhir yaitu kamar ketiga yang digunakan sebagai tempat istirahat kaum perempuan. Kamar kedua atau kamar tengah biasanya disebut dengan krobongan yaitu tempat untuk menyimpan pusaka dan tempat pemujaan terhadap dewi sri. Senthong atau kronongan yaitu tempat paling suci atau privat bagi penghuninya. Di dalam ndalem terdapat harta pusaka yang bermakna gaib serta padi hasil panen pertama yang disebut kranggasan.

Bagi anda yang tertarik untuk membuat rumah dengan desain tradisional atau klasik, anda mampu mencontek desain rumah joglo khas Jawa Tengah ini. Meski pun zaman dahulu desain rumah joglo khas Jawa Tengah ini hanya dimiliki para keluarga bangsawan, bukan berarti orang biasa tidak diperbolehkan untuk membuat rumah joglo atau menggandakan desainnya yang klasik dan elegan. Anda tertarik untuk membangun sebuah rumah dengan sentuhan tradisional rumah joglo? Berikut ini 45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah yang mampu anda contek!

Gambar Contoh 45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah 


45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah  45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah ini mampu membantu anda mewujudkan rumah cita-cita anda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel