Cara Mengatasi Dinding Luar Lembap Karena Terkena Air Hujan

Cara Mengatasi Dinding Luar Lembap Akibat Terkena HujanDinding luar rumah yang tidak terlindungi oleh waterproofing akan berakibat merembesnya air ke dalam ketika terpapar oleh air hujan. Air hujan tersebut meresap lewat pori-pori dinding yang terbuka. Hal ini akan membuat adegan tengah dinding menjadi lembap atau mengandung air.

Air mempunyai sifat untuk selalu mencari jalan ke arah luar. Oleh alasannya ialah itu, air ini akan merembes ke arah dinding adegan dalam. Kondisi menyerupai ini menyebabkan dinding adegan dalam menjadi berjamur, berlumut, atau mengelupas catnya.

PENCEGAHAN

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya dinding lembap alasannya ialah terkena air hujan ini. Apa sajakah itu? Berikut ini di antaranya.

  • Sebelum ekspresi dominan hujan tiba, segera periksa dinding luar jangan hingga terdapat keretakan.
  • Lakukan dukungan pada dinding luar sebelum ekspresi dominan hujan datang dengan mengaplikasikan waterproofing.


SOLUSI DARURAT

Jika dinding luar terlanjur lembap ketika ekspresi dominan hujan, berikut ini ada beberapa cara sebagai solusi darurat yang mampu dilakukan.

  • Tutup dinding luar dengan memakai plastik sebesar bidang dinding yang memungkinkan untuk terkena air hujan.
  • Dinding yang rusak belum dapat “diobati” hingga ekspresi dominan hujan berakhir. Pasalnya, jika adegan tengah dinding masih dalam kondisi yang lembap dan air masih tetap ada, maka pengecatan ulang pada dinding merupakan suatu pekerjaan yang sia-sia untuk dilakukan.


SOLUSI IDEAL

Berikut ini ialah langkah ideal dalam rangka mengatasi problem dinding luar yang lembap alasannya ialah terkena air hujan.

  • Aplikasikan waterproofing pada dinding luar. Pilihlah produk waterpoofing yang secara khusus diperuntukkan menolak air untuk dinding luar dan bukan di dinding dalam. Pengaplikasian waterproofing ini akan membuat air yang datang ditolak dan tidak sempat masuk untuk merembes ke dinding.
  • Bila dinding telah telanjur dicat, maka cat yang lama dikupas terlebih dahulu, gres setelah itu dilapisi dengan waterproofing untuk selanjutnya diaplikasikan cat yang baru.


Demikianlah beberapa cara yang mampu dilakukan untuk mengatasi dinding luar yang lembap alasannya ialah terkena air hujan, baik sebagai pencegahan, solusi darurat, maupun solusi ideal. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel