Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)
Apakah Sobat sudah membuang sampah hari ini? Jika iya, coba deh perhatikan, apakah ada benda-benda "berbahaya" yang mampu mengancam lingkungan sekitar Sobat? Waspadalah!

Slogan "Buanglah sampah pada tempatnya" memang sudah dikenal lama oleh masyarakat. Slogan ini mengajarkan masyarakat untuk hidup bersih, baik bagi diri sendiri maupun untuk lingkungan sekitar. Tetapi, coba Sobat perhatikan sekali lagi, apakah benar Sobat telah membuang sampah pada "tempat"-nya?

Tahukah Sobat? Selain jenis sampah kering dan basah, masih ada jenis limbah lain yang menjadi amat berbahaya bila dibuang secara sembarangan, tanpa perlakuan khusus. Ya, limbah ini biasa dikenal dengan sebutan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun).

Lalu, limbah menyerupai apa saja yang dapat dikategorikan sebagai limbah B3? Simak ulasannya berikut ini.

Bersifat Karsinogen

Definisi: Limbah penyebab penyakit kanker jikalau masuk ke dalam badan manusia.
Contoh limbah: Batu baterai, cairan pembunuh serangga, bekas penyemprot, dan pembersih toilet.

Mudah Meledak

Definisi: Limbah yang mampu menghasilkan gas dengan suhu dan tekanan tinggi jikalau terkena rangsangan reaksi kimia sehingga dapat merusak lingkungan secara cepat.
Contoh limbah: Korek api gas dan cairan pembunuh serangga.

Mengandung Racun

Definisi: Limbah dengan kandungan racun yang berbahaya bagi insan dan lingkungan, dapat masuk lewat pernapasan, pori-pori kulit, atau mulut. Dapat berakibat final hidup atau sakit keras.
Contoh limbah: Semua benda (bukan makanan) yang mengandung zat kimia, menyerupai materi pembersih, oli, minyak rem, cat, dan cairan pembunuh jamur.

Bersifat Korosif

Definisi: Limbah penyebab iritasi pada kulit dan dapat membuat korosi baja. Ciri-cirinya, limbah asam dengan pH sama atau kurang dari 2,0; atau limbah basa dengan pH lebih besar dari 12,5.
Contoh limbah: Pengilap kayu, pembersih kamar mandi, kaleng aerosol, dan cairan tinner.

Mudah Terbakar

Definisi: Limbah yang mampu gampang menyala dan terbakar dalam waktu lama jikalau terkena sumber api atau benda-benda yang memercikkan api.
Contoh limbah: Racun tikus, lem, beraneka jenis cat, dan pembersih lantai dengan alkohol.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel