Siasat Membuat Ruang Tetap Adem pada Rumah Berplafon Rendah

Siasat Membuat Ruang Tetap Adem pada Rumah Berplafon Rendah
Panas ruang di dalam rumah dapat dipengaruhi oleh tinggi-rendahnya plafon. Plafon yang memiliki ketinggian yang rendah akan mengurangi kelancaran sirkulasi udara di dalam rumah. Untuk menerima rumah yang tetap adem meskipun berplafon rendah, pemecahannya yaitu dengan memperbaiki ventilasi udara di dalam rumah, terutama di area atap dan sekitarnya.

Jarak yang ideal antara lantai dengan plafon yaitu 3,2 m hingga 3,4 m. Jika tinggi plafon melebihi angka ini, maka rumah akan semakin baik untuk dihuni. Pasalnya, hawa panas yang bersumber dari atap, kemudian masuk ke plafon, dan selanjutnya turun ke dalam ruang, akan semakin tereduksi dengan jarak yang panjang.

Beberapa rumah yang dibangun pengembang kenyataannya ketika ini mempunyai ketinggian plafon sekira 2,6 m hingga 3 m. Lalu, hal apa yang mesti dilakukan untuk membuat ruang di dalam rumah tetap adem meski rumah berplafon rendah? Nah, berikut ini yaitu beberapa tips untuk menyiasati berplafon rendah biar terasa tetap adem.

Menggunakan Turbin Ventilator di Atap

Sobat perlu untuk memerhatikan sirkulasi di atapnya guna menyempurnakan sirkulasi di plafon. Ada beberapa cara yang dapat dipakai untuk membuat sirkulasi di atap. Cara pertama yaitu dengan menambah turbin ventilator di atap. Kegunaannya yaitu untuk menghisap udara panas dan debu, serta sebagai alat sirkulasi udara. Cara lainnya yaitu dengan mengganti beberapa genting di rumah Sobat dengan genting sirkulasi.

Melapisi dengan Aluminium Foil

Aluminium foil merupakan antipanas yang berkhasiat sebagai isolasi atap. Material yang satu ini dipercaya mampu memantulkan panas hingga 97 persen. Tetapi, seberapa besar efektivitasnya materi tersebut tergantung dari jenis dan tebalnya.

Bila atap belum terpasang, maka pemasangan aluminium foil ini terbilang praktis lantara materi ini cukup dijepit di antara reng dan kaso. Jika konstruksi rangka atap sudah jadi, maka caranya yaitu dengan melepas genting, lalu memasang aluminium foil di kaso lama, kemudian jepit dengan kaso baru. Namun, teknik yang satu ini cuma dapat dilakukan pada rangka atap kayu, bukan rangka atap baja ringan.

Memakai Cat Antipanas

Fungsi utama dari cat antipanas ini yaitu untuk menolak panas matahari pada permukaan bangunan sehingga membantu menjaga suhu ruangan dalam bangunan. Cat pelapis antipanas ini dapat diaplikasikan di dinding, atap beton atau dak, genting lembaran, dan genting serpihan (genting keramik, beton, dan tradisional). Cara pengaplikasian cat antipanas ini yaitu sama menyerupai mengecat.

Melubangi Area Sekitar Plafon

Sobat dapat membobok dinding sempurna di area bawah plafon sebagai lubang sirkulasi di setiap ruang. Idealnya, jarak dari plafon ke lubang bobokan ini yaitu 20 cm hingga 30 cm dengan ukuran lubang minimal 10 cm x 40 cm.

Jarak dan ukuran ini sanggup untuk mendorong hawa panas ke atas ruang dan pada jadinya ke luar ruangan. Tempatkan lubang di antara 2 dinding yang berhadapan tetapi tidak sejajar. Siasat menyerupai ini jarang dilakukan oleh orang lantaran repot mesti membongkar dinding.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel