Solusi Masalah Seputar AC

Solusi Masalah Seputar ACAC atau Air Conditioner atau pendingin ruangan merupakan salah satu barang elektronik yang kerap kali dipakai di rumah. Apalagi, untuk pemilik rumah yang tinggal di tempat dengan udara berhawa panas dan lembap. Namun, jikalau AC mengalami gangguan lantaran penggunaan yang salah atau kerusakan teknis, maka hal ini membuat rumah menjadi kurang nyaman karena ruangan panas dan pengap.

Masalah seputar AC yang biasa terjadi di antaranya ialah AC yang bocor, AC yang berbau, AC berisik berderit-derit, atau kebocoran freon. Nah, berikut ini ialah berita solusi untuk mengatasi permasalah tersebut yang diberikan oleh ahlinya.

AC YANG BOCOR
Salah satu persoalan pada AC ialah AC yang bocor. Air selalu menetes jikalau AC dinyalakan. Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasinya?

Kebocoran pada air pembuangan AC dapat disebabkan oleh beberapa hal. Kemungkinan penyebab yang pertama ialah pampatnya susukan pembuangan AC sehingga membuat air tak mampu mengalir dengan lancar. Hal ini mengakibatkan air meluap pada kolam penampungan sehingga air menetes ke luar. Solusinya ialah dengan mencari penyebab pampat dan membersihkan susukan tersebut.

Kemungkinan penyebab yang ke-dua ialah adegan pompa drain pada AC yang tidak berfungsi dengan baik. Jika hal ini yang terjadi, maka sebaiknya hubungi teknisi atau sentra pelayanan AC Anda.

AC YANG BERBAU
Masalah lain yang mampu saja terjadi pada AC ialah AC yang sering mengeluarkan anyir tidak sedap. Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan?

Hal yang sebenarnya ialah AC tak mengeluarkan bau. Kalau muncul anyir dikala AC gres dinyalakan, maka hal ini biasanya disebabkan oleh sumber anyir yang berasal dari ruangan di mana AC tersebut berada, contohnya makanan. Bau yang bersumber dari makanan akan terbawa oleh udara, kemudian menempel pada kisi-kisi evaporator. Saat AC dihidupkan kembali, bau-bauan tersebut turut tertiup oleh udara hambar yang dikeluarkan AC.

Solusi yang diberikan hebat ialah memilih jenis AC yang dapat mengatur waktu operasi AC. Jadi, kisi-kisi evaporator akan dibasahi secara otomatis sebelum AC dihidupkan sehingga bau-bau yang tadinya menempel akan hilang dan udara yang keluar dari AC menjadi lebih terasa segar dan tidak berbau.

AC BERISIK BERDERIT-DERIT
AC berisik berderit-derit jikalau dinyalakan. Tetapi, bunyi tersebut hilang beberapa waktu kemudian dan terkadang timbul kembali. Ini merupakan salah satu permasalahan yang terjadi pada AC. Lantas, hal apakah yang menyebabkanya dan bagaimana cara mengatasinya?

Salah satu hal yang dapat mengakibatkan AC berisik berderit-derit ialah sekrup yang kendur. Solusinya ialah dengan mengencangkan sekrup biar bunyi berderit tersebut mampu hilang. Penyebab yang ke-dua ialah ada pipa yang bersentuhan dengan cover atau adegan penutup AC. Cara mengatasinya yaitu dengan mengatur posisi pipa sehingga tak bersentuhan dengan cover tersebut.

KEBOCORAN FREON
Kebocoran freon pada AC mampu disebabkan oleh banyak hal. Tetapi, kebocoran ini biasanya disebabkan oleh adanya sambungan instalasi pipa yang kurang kencang atau kendur. Cara mengatasinya ialah dengan mengencangkan sekrup dan nut. Jika diperlukan, lakukan floring (melebarkan pipa) ulang. Selain itu, jangan lupa untuk melaksanakan pemeriksaan sambungan las pada instalasi pipa guna memastikan tak adanya kebocoran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel