Tips Menata Rumah untuk Tempat Usaha

Sekarang ini, tuntutan ekonomi kian pelik sehingga menuntut sejumlah orang mencari nafkah melalui bidang perjuangan yang dikuasainya. Untuk meraih pendapatan, Sobat tidak melulu harus menjadi karyawan dan berkantor di gedung tinggi lebih dulu. Ada sebagian orang yang memanfaatkan rumah kantor (rukan) atau menambahkan ruang untuk unit perjuangan di dalam rumah.

Nah, jikalau Sobat berminat memfungsikan rumah sekaligus sebagai kawasan bekerja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lebih dulu, di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Faktor Kenyamanan

Dalam merancang hunian sekaligus menjadi kawasan perjuangan yang bisa berupa kantor, toko, warnet, atau kios, hal yang harus diperhatikan yaitu faktor kenyamanan. Hunian merupakan ruang langsung yang tidak sembarang orang dapat bebas mengaksesnya. Oleh alasannya yaitu itu, pastikan Sobat melaksanakan pembagian ruang privat dan publik secara tepat.

Selain itu, perhatikan juga sirkulasi penghuni rumah. Agar kanal antara rumah (area privat) dan ruang perjuangan (area publik) cukup mudah dilakukan, sebaiknya bagan hunian direncanakan dengan matang. Nah, sirkulasi penghuni ini wajib diperhitungkan untuk memastikan fungsi kedua area tersebut tidak saling bercampur.


2. Pemanfaatan Ruang

Jika ingin menambahkan fungsi rumah yang telah berbentuk bangunan sebagai kawasan usaha, gunakanlah area-area tertentu menyerupai carport, garasi, teras, gudang, atau loteng. Ada orang yang memanfaatkan loteng sebagai kantor mungil di rumah. Bila Sobat berprofesi sebagai arsitek, desainer interior, atau profesi lain yang menjual jasa, maka hal ini cocok untuk dilakukan. Sedangkan carport dan garasi, biasanya dimanfaatkan untuk membuka jenis perjuangan menjual barang dengan menempatkan kios.

3. Perhatikan Tampilan

Bila ingin menempatkan kios, warung, atau gerai di depan rumah, sebaiknya Sobat merancang desain yang menarik semoga bisa mengundang orang-orang yang lalu-lalang. Berikan sentuhan warna cerah dengan tata lampu yang terang. Barang-barang juga wajib ditata dengan rapi semoga pembeli merasa nyaman dan barang yang diharapkan bisa dicari dengan mudah tanpa harus membuang waktu lama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel