Tahapan Mengecat Ulang Dinding Lama

Tahapan Mengecat Ulang Dinding Lama
Mengecat ulang dan mengganti warna merupakan hal yang dapat menjadi solusi hemat dan mudah untuk memperoleh penampilan muka rumah yang lebih segar dan menarik. Sobat mampu meremajakan lagi fasad rumah dengan cara mengecat ulang bila memiliki dana yang terbatas.

Untuk mengecat fasad ini sendiri, kita harus menggunakan cat khusus yaitu cat eksterior. Jika memakai cat interior, maka akan mudah rusak sebab cat jenis ini tidak dirancang untuk terpapar cuaca. Penggunaan cat interior untuk mengecat fasad akan menjadi lebih mahal sebab harus lebih sering mengecat ulang.

Sebelum mulai mengecat, perkirakan berapa banyak cat yang diharapkan untuk mengecat suatu ruang dengan menggunakan rumus menghitung kebutuhan cat dinding.

Nah, berikut ini beberapa poin atau tahapan yang perlu dilakukan untuk mengecat ulang dinding lama.


Periksa lapisan plamir atau cat lama, apakah masih melekat dengan berpengaruh atau tidak. Untuk mengetahui hal tersebut, kuaskan air pada permukaan yang dimaksud, kemudian tunggu selama beberapa saat. Bila permukaan dinding tampak gelembung-gelembung, maka hal ini berarti bahwa permukaan tembok harus disekrap.

2. Membersihkan Permukaan Dinding

Hilangkan seluruh adegan cat yang terkelupas, debu, dan kotoran lainnya dengan cara diampelas terlebih dahulu.

3. Melapisi Tembok dengan Wall Sealer (Cat Dasar)

Tujuan dari hal tersebut yakni untuk menetralisasi PH semen biar sesuai dengan PH cat. Selanjutnya tunggu sampai kering. Cat tidak gampang mengelupas dan warna cat tidak akan berubah dari warna aslinya jikalau menggunakan wall sealer ini.

4. Mengaduk Cat

Aduk cat yang hendak diaplikasikan secara merata.

5. Mengencerkan Cat

Encerkan cat sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan cat tersebut.

6. Mengulaskan Cat

Tahapan terakhir yakni ulaskan cat dinding yang sudah Sobat persiapan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel