Panduan Masuk Rumah Baru Cara Islam

Banyak yang bertanya kepada ustad dan kyai mengenai bagaimanakah panduan masuk rumah gres cara Islam ? Seperti saudara kami yang gres mengontrak rumah dan ia bakal menempatinya, namun resah tata cara masuk hunian supaya diberkahi oleh Tuhan SWT dan dinaungi sayap-sayap malaikat.

Setiap mukmin tentu berdoa kepada Tuhan SWT supaya menerima keberkahan atas rumah baru mereka kontrak atau beli, dan menjadi kawasan tinggal yang nyaman dan sehat bagi isteri dan anak-anaknya.

Panduan Masuk Rumah Baru Cara Islam

Panduan Masuk Rumah Baru Cara Islam


Kami share beberapa panduan masuk rumah gres cara islam di antaranya yakni,

1. Panjatkan raya syukur kepada Allah

Cara masuk rumah gres menurut islam yang pertama adalah rasa syukur harus ada dalam hati (niat) dan diucapkan secara verbal serta diamalkan dalam perbuatan sehari-hari dalam surat Ibrahim ayat 7 Tuhan SWT berfiman :

“Sesungguhnya bila kau bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan bila kau mengingkari (nikmat-Ku), maka bahu-membahu azab-Ku sangat pedih.”

Kita menerima penjelasan dari Imam As-Sa’di perihal perwujudan rasa syukur itu, apabila rumah gres maka :

a. Nikmat rumah gres itu hanya berasal dari Al Kholiq dan bukan dari perjuangan insan semata.

b. Memanjatkan kebanggaan kepada Tuhan dikarenakan telah menerima nikmat hunian baru.

c. Memanfaatkan nikmat kawasan tinggal sebagai amal sholih yang diridhai Allah, sebaliknya tidak dipergunakan sebagai kawasan maksiat yang berbuah dosa dan kemurkaan-Nya.

2. Acara Walimah Tasyakuran Rumah Baru

Cara masuk rumah gres dalam islam kedua adalah sebagai muslim yang taat dan bersosialisasi dengan sesama maka walimah tasyakuran rumah gres akan menyempurnakan rasa syukur dengan menunjukkan permintaan kepada tetangga sekitar, saudara dan sahabat. Walimah ini disebut Al-Wakirah yang dianjurkan oleh Al-Imam As-Syafii untuk mengadakannya. Sebaiknya dibacakan surat Al Qur’an dan ada ceramah ustad yang mengajak supaya para permintaan bersyukur kepada Ilahi dengan menerapkan syariah Islam di semua bidang kehidupan nyata.

3. Bacaan Memasuki Rumah Baru

Tata cara memasuki rumah gres dalam islam selanjutnya disarankan Anda masuk rumah dengan membaca doa yang ada pada surat Al-Kahfi yaitu :

“Masyaa-Allah, Laa Quwwata Illaa Billaah”, yang artinya :

“Sungguh atas kehendak Tuhan SWT semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pinjaman Allah).”

4. Amalan Yang Dikerjakan di Rumah Baru

a. Berusaha sesering mungkin membaca Quran dan melaksanakan ibadah lainnya pada rumah. Yang gres ditempati, semisal mengaji surat Al-Baqarah.

b. Sering sholat di rumah, suami bertindak sebagai imam di rumah gres untuk isteri dan anak-anaknya. Dan mengerjakan sholat sunnah yaitu sholat qiyamul lail, sholat dhuha, sholat sunnah rawatib dan lainnya.

b. Mengucapkan bismillah ketika masuk dan keluar rumah, dan selalu ucapkan salam.

c. Sangat dianjurkan Anda berdoa ketika keluar dari rumah gres denga bacaan :

“Bismillahi Tawakkaltu ‘Alallaah, Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah”, yang artinya : “Dengan nama Tuhan saya bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Itulah share perihal panduan masuk rumah gres cara islam yang agar dapat kita amalkan untuk menerima ridho Tuhan SWT dan menjadi kawasan tinggal yang baik bagi anggota keluarga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel