Desain Denah Rumah Minimalis

Bagaimana cara menciptakan desain sketsa rumah minimalis? Ada banyak cara, tentu. Pertama-tama, Anda perlu menentukan tema, lalu merealisasikan pandangan gres atau gagasan yang Anda miliki ke dalam tema tadi. Anda juga mampu meminta masukan dari orang-orang terdekat menyerupai sahabat, suami, istri, atau kerabat.


Gagasan denah rumah minimalis pada mulanya berawal dari gerakan pembatasan eksplorasi alam secara berlebihan di benua Amerika dan Eropa. Pembatasan eksplorasi ini mengarah pada upaya pelestarian lingkungan hidup, dan risikonya merembet ke banyak sekali desain serba minimal, dan salah satunya desain rumah minimalis.


Cara membuat desain denah rumah minimalis mampu didapatkan lewat banyak sekali rujukan menyerupai koran, majalah, internet, dan sebagainya.  Bagaimana seharusnya membuat desain sketsa rumah mininalis? Berikut ini yakni beberapa tips yang mungkin mampu dijadikan panduan.

  1. Desain sketsa rumah minimalis sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak ruangan. Dengan demikian, sekat-sekat ruangan juga dihadirkan seminimal mungkin. Ruangan yang serba luas dan lega merupakan bab dari konsep tata ruang minimalis.
  2. Desain sketsa rumah minimalis terdiri dari ruangan serba kotak, dengan dinding serba lurus. Pada sketsa rumah minimalis, desain rumah nyaris tak memiliki kelokan atau bentuk-bentuk melingkar, walaupun hal itu dimungkinkan sebagai variasi pada bentuk bangunan.
  3. Denah rumah minimalis terdiri dari ruangan-ruangan standar menyerupai ruang tamu, ruang tidur, ruang makan atau ruang tengah. Jika lahan yang tersedia cukup luas, maka ruang-ruang standar itu pun dibuat lebih luas.
  4. Pada desain sketsa rumah minimalis, penggunaan bahan-bahan alami menyerupai kerikil koral, kayu, atau aneka jenis batuan pipih berwarna ‘dingin’ kerap dianjurkan sebagai variasi pada dinding pagar atau dinding depan rumah bab atas.
  5. Desain sketsa rumah minimalis mempertimbangkan tata letak instalasi perlistrikan yang nantinya akan dipasang pada bangunan.
  6. Desain sketsa rumah minimalis dibuat sedemikian rupa sehingga dengan melihat sketsa ini, mampu tampak bayangan atau gambaran mengenai rencana garang desain interiornya.
  7. Ruangan-ruangan yang terdapat pada sketsa rumah minimalis benar-benar fungsional dan berdasarkan asas manfaat, sehingga seluruh bab ruangan didesain dengan tujuan tertentu, dan tak ada space yang diciptakan begitu saja, tanpa peruntukan.

Demikianlah tips untuk menciptakan sketsa rumah minimalis. Satu hal yang perlu dipertimbangkan yakni pemilihan cat untuk dinding ruangan. Warna-warna yang dipilih untuk desain rumah minimalis umumnya merupakan warna netral yang terkesan sejuk menyerupai abu-abu, krem, variasi abu-abu dan putih, variasi abu-abu dan hitam, atau variasi krem dan cokelat gelap.


Merancang desain sketsa rumah minimalis ini memang gampang-gampang susah. Jika perlu, berkonsultasilah dengan arsitek atau drafter dikala Anda menuangkan banyak sekali gagasan atau pandangan gres untuk merancang desain sketsa rumah minimalis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel