Belajar 3-D Tingkat 17
Dasar Lighting dan Rendering di Auto Cad
Jika anda telah berhasil dan andal hingga dalam tahap ini , anda seharusnya sudah mampu menggambar model tampak yang layak dengan Auto Cad . Selanjutnya pada halaman ini anda akan mencar ilmu mengenai rendering yang lebih baik . Sekali lagi lihat gambar yang telah anda simpan pada Belajar 3-D Tingkat 16 maka anda akan melihat background awan , serta bayangan dan telihat begitu kasatmata .
Di sini anda harus mampu membuat model , pandangan perspektif , penambahan materials , mapping , kemudian melihat hasil pada viewport . Langkah selanjutnya ialah Lighting dan Rendering yang lebih baik .
Pembahasan kali ini akan menggunakan rumah sederhana sebagai teladan . Jika anda tidak mempunyai nya , anda mampu mendownload file dan juga tekstur yang akan di gunakan . ]
File : File name
Building drawing File / File Gambar : Building / Bangunan .dwg.
Roof Materials / Bahan Atap : Grey Roof Slate / Genteng Abu - Abu .jpg
Grass Materials / Bahan Rumput : Grass / Rumput.jpg
Wall Materials / Bahan Dinding : Stucco White / Plaster , Aci putih.jpg
Door Material / Bahan Pintu : Door / Pintu.jpg
Sky Background : Sky.jpg
Di bawah merupakan gambar yang telah di atur dengan gaya visual untuk lebih realistik dengan penambahan materi material namun tanpa mapping .
Jika anda perhatikan hasil render pertama di atas masih sangat bergairah . Sekarang anda akan melaksanakan mapping biar gambar di atas menjadi lebih realistis .
Gambar di atas menjadi lebih baik , namun belum tepat . Sekarang anda akan menambahkan background pada objek tersebut . Terlebih dulu anda harus melaksanakan tampilan gres , Atur pandangan perspektif yang ibarat dengan gambar di atas ( ingat Belajar 3-D Tingkat 4 ) dan beri nama menggunkan perintah View .
Masuk pada pengaturan perspektif view dengan klik View , pada pengaturan umum anda akan melihat background , pilih background tersebut dan satu image . Hal ini mengesampingkan pengaturan backgroud lain yang digunakan dalam tampilan lain .
Cari sky.jpg dan pilih pada dialog berikutnya, kemudian pilih "Adjust Image" .
Ini akan memberi anda dialog berikutnya yang memungkinkan untuk skala gambar pada background . Hal ini ibarat dengan pengaturan desktop pada latar belakang Windows anda. Pilih stretch dalam teladan ini.
Tekan OK dan Apply dan OK untuk kembali ke layar gambar. Jika semuanya berjalan lancar, maka harus terlihat ibarat ini:
Terlihat lebih baik , namun itu bukan bckground yang terbaik tapi setidaknya anda telah mengetahui konsepnya . Kaprikornus sekarang anda memiliki model, materials , mapping dan background . Yang tersisa ialah beberapa cahaya / Lighting dan bayangan / Shadow . Ada tiga jenis Lighting di Auto Cad: Point, Spotlight dan Distance . Kami akan menunjukkan bagaimana masing-masing dibuat dan diadaptasi .
Salah satu bentuk Distance ialah sinar matahari .Untuk melakukannya, ketik Sun Properties atau (menu: Render> Sun dan location). Ini akan memberi anda palet ini:
Palet di atas memungkinkan anda untuk mengontrol Matahari , kedengarannya ibarat orang yang sangat berpengaruh . Pertama, anda harus mengaktifkan Matahari . Kemudian pilih waktu dan hari adakala anda suka (di siang hari). Selanjutnya , pilih pada "Launch Geografis Location" yang ditampilkan di kiri. Ini akan membuka dialog yang akan memungkinkan anda untuk memilih kota terdekat anda atau koordinat anda yang tepat .
Ketika anda mengaturnya, Anda akan melihat alhasil dalam area gambar anda. Jika tampak terlalu terang, Anda juga dapat menyesuaikan intensitas Matahari . Coba pengaturan yang berbeda hingga anda menerima tampilan yang anda sukai .
Untuk melaksanakan rendering , ketik Render. anda harus menerima sesuatu ibarat ini:
Sekarang anda telah melihat cara kerjanya, anda dapat mencoba pengaturan yang berbeda. Sebelumnya pada hari itu harus menghasilkan bayangan lebih lama dari pada tengah hari.
Anda juga dapat mengontrol matahari dari perintah Ribbon .
Tombol kiri untuk Sun Status akan mengatur matahari On atau Off (Lihat pada gambar di atas). Ini ialah cara cepat untuk bekerja dengan matahari. Anda juga dapat mengetikkan SUNSTATUS dan memperlihatkan variabel 1 (On) atau Nol (off).
Spotlight
Jenis berikutnya untuk menambahkan cahaya ialah spotlight. Kami akan menambahkan lampu keamanan di atas pintu untuk malam hari. Pertama, anda ingin mengubah background dari gambar langit untuk malam hari. Alih-alih menggunakan gambar lain, pilih opsi gradien dalam View Manager> Option Background. Cobalah untuk menerima gradien hitam ke biru gelap.
Jika anda melaksanakan render sekarang, Anda akan menerima Background senja yang bagus dan pencahayaan generik.
Untuk sesuatu yang sedikit lebih dramatis, saatnya untuk menambahkan lampu sorot. Hal ini akan ditempatkan di bawah puncak atap dan titik lurus ke bawah.
Carilah Tool Panel Lights pada Render Ribbon:
Ini cukup mudah - cukup klik pada tombol dan anda akan memiliki pilihan di mana anda ingin cahaya anda dan mana arah yang anda inginkan. Dalam teladan ini, pilih titik simpulan (Osnaps) di bawah puncak atap dan menunjuk lurus ke bawah ke tanah (orto).
Setelah cahaya anda ditempatkan, tekan <enter>. Sekarang pilih cahaya dan anda akan melihat penyebaran default dari balok yang cahaya yang akan dilemparkan. (Anda mungkin ingin beralih ke tampilan SW ISO anda terlebih dahulu).
Memancar dari cahaya ialah dua kerucut. Yang luar ialah untuk falloff, yang dalam ialah untuk hot spot. Pikirkan perihal bagaimana senter bekerja. Anda memiliki balok intens di tengah, kemudian menghilang ke samping. Dengan mengklik pada bab bawah kerucut, Anda dapat menyesuaikan pengaturan ini dengan mudah.
Membuat beberapa penyesuaian dan kemudian lakukan rendering . Hasilnya akan cukup keren...
Point Light
Pilihan lain cahaya ialah Point Light . Pikirkan ini bola lampu yang anda memiliki di lampu baca. Point Light memancarkan cahaya ke segala arah secara merata (tidak ibarat sorotan directional). Dalam teladan ini, kita akan menambahkan cahaya titik di dalam gedung dan membiarkan cahaya yang bersinar keluar jendela.
Dari alat panel cahaya yang sama yang anda gunakan untuk menempatkan sorotan, pilih Point Light dan tempatkan di dalam bangunan di ruang yang lebih besar. Periksa dari tampilan lain untuk memastikan bahwa anda meletakkannya dengan benar. Anda mungkin menemukan bahwa anda perlu untuk memindahkannya. Setelah anda menemukan tempatnya , lakukan rendering .
Anda mungkin akan menemukan bahwa cahaya tidak terlalu terang. Bahkan perlu lebih cerah untuk menunjukkan melalui jendela. Klik pada Point Light Glyph dan tekan CTRL + 1 untuk membuka pallete properties .
Pada gambar di atas, Anda dapat melihat kami telah mengubah faktor Intensitas untuk 6 , ini seharusnya membuat cahaya cukup jelas untuk dilihat. Ubah pengaturan ini dalam gambar anda dan coba membuat yang lain.
Di bawah ini ialah apa yang telah kami rubah sedikit pandangan (dengan 3DO) untuk menampilkan bayangan di tanah di mana cahaya dari jendela yang keluar .
Sekarang anda memiliki melihat gambar yang lebih layak, Anda dapat mencoba beberapa pengaturan lainnya. coba meningkatkan atau menurunkan intensitas faktor Spotlight. Coba tambahkan cahaya di dalam titik lain . Lepaskan pintu interior untuk menerima cahaya ke dalam ruangan kecil. Coba tambahkan lampu jalan untuk menerangi bab luar bangunan sedikit. Tambahkan lampu Jarak ke samping dan mencoba intensitas yang berbeda. Kami tidak menunjukkan cara untuk menambahkan cahaya Jarak, tapi kami percaya bahwa anda mampu sekarang (lampu jarak ialah yang paling mudah).
Untuk melihat berapa banyak lampu yang ada dalam gambar anda dan mengaksesnya dengan cepat untuk mengubah pengaturan, klik di sudut kanan bawah Lights tool panel.
Gambar lampu untuk Safety Light dan tempatkan spot light di mana bola harus di tepatkan . Tambahkan beberapa panel jendela untuk menerima pencahayaan yang lebih dramatis . Yang paling penting dengan pencahayaan ialah untuk bereksperimen. Coba lokasi yang berbeda dan pengaturan. Sekarang anda tahu dasar-dasar, itu tergantung anda untuk mengeksplorasi .
Render Setting
Sekarang ketika anda membuat gambar akhir, ada banyak pilihan yang tersedia untuk anda. Sebagian besar tergantung pada penggunaan simpulan dari rendering. Untuk menyesuaikan pengaturan ini, ketik RPREF (Render> Lanjutan Render Settings ...) untuk menerima palet ini penuh pilihan .
Untuk menerima kualitas yang baik render ibarat di atas, atur pengaturan atas untuk presentasi. Ini akan mengatur default ke pengaturan terbaik. Pastikan bahwa anda memiliki materials dan shadow . Render ke jendela dan pilih ukuran yang anda inginkan. Setelah anda memiliki pengaturan yang anda inginkan, Render lagi dan melihat hasil anda. Jika anda menyukai apa yang anda lakukan, Anda dapat menyimpan file gambar dari render window .
Itulah dasar-dasar rendering, praktek dengan pengaturan yang berbeda dan bahkan percobaan dengan cahaya.
Sekali lagi, Anda telah mencar ilmu beberapa alat mudah yang akan memungkinkan untuk menghasilkan render yang baik dari sebuah objek. Tentu saja ada banyak variasi dan banyak detail pada dikala presentasi perusahaan yang lebih besar, tetapi hanya membutuhkan waktu, praktek dan pengalaman.
Untuk prakteknya, banyak orang akan mengukur rumah mereka dan model itu dan kemudian membuat itu. Ini ialah latihan yang bagus. Juga, di sini Rumah Idamanku ialah blog yang baik yang menyediakan beberapa latihan 3D yang lebih maju.
Jika anda telah berhasil dan andal hingga dalam tahap ini , anda seharusnya sudah mampu menggambar model tampak yang layak dengan Auto Cad . Selanjutnya pada halaman ini anda akan mencar ilmu mengenai rendering yang lebih baik . Sekali lagi lihat gambar yang telah anda simpan pada Belajar 3-D Tingkat 16 maka anda akan melihat background awan , serta bayangan dan telihat begitu kasatmata .
Di sini anda harus mampu membuat model , pandangan perspektif , penambahan materials , mapping , kemudian melihat hasil pada viewport . Langkah selanjutnya ialah Lighting dan Rendering yang lebih baik .
Pembahasan kali ini akan menggunakan rumah sederhana sebagai teladan . Jika anda tidak mempunyai nya , anda mampu mendownload file dan juga tekstur yang akan di gunakan . ]
File : File name
Building drawing File / File Gambar : Building / Bangunan .dwg.
Roof Materials / Bahan Atap : Grey Roof Slate / Genteng Abu - Abu .jpg
Grass Materials / Bahan Rumput : Grass / Rumput.jpg
Wall Materials / Bahan Dinding : Stucco White / Plaster , Aci putih.jpg
Door Material / Bahan Pintu : Door / Pintu.jpg
Sky Background : Sky.jpg
Di bawah merupakan gambar yang telah di atur dengan gaya visual untuk lebih realistik dengan penambahan materi material namun tanpa mapping .
Jika anda perhatikan hasil render pertama di atas masih sangat bergairah . Sekarang anda akan melaksanakan mapping biar gambar di atas menjadi lebih realistis .
Gambar di atas menjadi lebih baik , namun belum tepat . Sekarang anda akan menambahkan background pada objek tersebut . Terlebih dulu anda harus melaksanakan tampilan gres , Atur pandangan perspektif yang ibarat dengan gambar di atas ( ingat Belajar 3-D Tingkat 4 ) dan beri nama menggunkan perintah View .
Masuk pada pengaturan perspektif view dengan klik View , pada pengaturan umum anda akan melihat background , pilih background tersebut dan satu image . Hal ini mengesampingkan pengaturan backgroud lain yang digunakan dalam tampilan lain .
Cari sky.jpg dan pilih pada dialog berikutnya, kemudian pilih "Adjust Image" .
Ini akan memberi anda dialog berikutnya yang memungkinkan untuk skala gambar pada background . Hal ini ibarat dengan pengaturan desktop pada latar belakang Windows anda. Pilih stretch dalam teladan ini.
Tekan OK dan Apply dan OK untuk kembali ke layar gambar. Jika semuanya berjalan lancar, maka harus terlihat ibarat ini:
Terlihat lebih baik , namun itu bukan bckground yang terbaik tapi setidaknya anda telah mengetahui konsepnya . Kaprikornus sekarang anda memiliki model, materials , mapping dan background . Yang tersisa ialah beberapa cahaya / Lighting dan bayangan / Shadow . Ada tiga jenis Lighting di Auto Cad: Point, Spotlight dan Distance . Kami akan menunjukkan bagaimana masing-masing dibuat dan diadaptasi .
Salah satu bentuk Distance ialah sinar matahari .Untuk melakukannya, ketik Sun Properties atau (menu: Render> Sun dan location). Ini akan memberi anda palet ini:
Palet di atas memungkinkan anda untuk mengontrol Matahari , kedengarannya ibarat orang yang sangat berpengaruh . Pertama, anda harus mengaktifkan Matahari . Kemudian pilih waktu dan hari adakala anda suka (di siang hari). Selanjutnya , pilih pada "Launch Geografis Location" yang ditampilkan di kiri. Ini akan membuka dialog yang akan memungkinkan anda untuk memilih kota terdekat anda atau koordinat anda yang tepat .
Ketika anda mengaturnya, Anda akan melihat alhasil dalam area gambar anda. Jika tampak terlalu terang, Anda juga dapat menyesuaikan intensitas Matahari . Coba pengaturan yang berbeda hingga anda menerima tampilan yang anda sukai .
Untuk melaksanakan rendering , ketik Render. anda harus menerima sesuatu ibarat ini:
Sekarang anda telah melihat cara kerjanya, anda dapat mencoba pengaturan yang berbeda. Sebelumnya pada hari itu harus menghasilkan bayangan lebih lama dari pada tengah hari.
Anda juga dapat mengontrol matahari dari perintah Ribbon .
Tombol kiri untuk Sun Status akan mengatur matahari On atau Off (Lihat pada gambar di atas). Ini ialah cara cepat untuk bekerja dengan matahari. Anda juga dapat mengetikkan SUNSTATUS dan memperlihatkan variabel 1 (On) atau Nol (off).
Spotlight
Jenis berikutnya untuk menambahkan cahaya ialah spotlight. Kami akan menambahkan lampu keamanan di atas pintu untuk malam hari. Pertama, anda ingin mengubah background dari gambar langit untuk malam hari. Alih-alih menggunakan gambar lain, pilih opsi gradien dalam View Manager> Option Background. Cobalah untuk menerima gradien hitam ke biru gelap.
Jika anda melaksanakan render sekarang, Anda akan menerima Background senja yang bagus dan pencahayaan generik.
Untuk sesuatu yang sedikit lebih dramatis, saatnya untuk menambahkan lampu sorot. Hal ini akan ditempatkan di bawah puncak atap dan titik lurus ke bawah.
Carilah Tool Panel Lights pada Render Ribbon:
Ini cukup mudah - cukup klik pada tombol dan anda akan memiliki pilihan di mana anda ingin cahaya anda dan mana arah yang anda inginkan. Dalam teladan ini, pilih titik simpulan (Osnaps) di bawah puncak atap dan menunjuk lurus ke bawah ke tanah (orto).
Setelah cahaya anda ditempatkan, tekan <enter>. Sekarang pilih cahaya dan anda akan melihat penyebaran default dari balok yang cahaya yang akan dilemparkan. (Anda mungkin ingin beralih ke tampilan SW ISO anda terlebih dahulu).
Memancar dari cahaya ialah dua kerucut. Yang luar ialah untuk falloff, yang dalam ialah untuk hot spot. Pikirkan perihal bagaimana senter bekerja. Anda memiliki balok intens di tengah, kemudian menghilang ke samping. Dengan mengklik pada bab bawah kerucut, Anda dapat menyesuaikan pengaturan ini dengan mudah.
Membuat beberapa penyesuaian dan kemudian lakukan rendering . Hasilnya akan cukup keren...
Point Light
Pilihan lain cahaya ialah Point Light . Pikirkan ini bola lampu yang anda memiliki di lampu baca. Point Light memancarkan cahaya ke segala arah secara merata (tidak ibarat sorotan directional). Dalam teladan ini, kita akan menambahkan cahaya titik di dalam gedung dan membiarkan cahaya yang bersinar keluar jendela.
Dari alat panel cahaya yang sama yang anda gunakan untuk menempatkan sorotan, pilih Point Light dan tempatkan di dalam bangunan di ruang yang lebih besar. Periksa dari tampilan lain untuk memastikan bahwa anda meletakkannya dengan benar. Anda mungkin menemukan bahwa anda perlu untuk memindahkannya. Setelah anda menemukan tempatnya , lakukan rendering .
Anda mungkin akan menemukan bahwa cahaya tidak terlalu terang. Bahkan perlu lebih cerah untuk menunjukkan melalui jendela. Klik pada Point Light Glyph dan tekan CTRL + 1 untuk membuka pallete properties .
Pada gambar di atas, Anda dapat melihat kami telah mengubah faktor Intensitas untuk 6 , ini seharusnya membuat cahaya cukup jelas untuk dilihat. Ubah pengaturan ini dalam gambar anda dan coba membuat yang lain.
Di bawah ini ialah apa yang telah kami rubah sedikit pandangan (dengan 3DO) untuk menampilkan bayangan di tanah di mana cahaya dari jendela yang keluar .
Sekarang anda memiliki melihat gambar yang lebih layak, Anda dapat mencoba beberapa pengaturan lainnya. coba meningkatkan atau menurunkan intensitas faktor Spotlight. Coba tambahkan cahaya di dalam titik lain . Lepaskan pintu interior untuk menerima cahaya ke dalam ruangan kecil. Coba tambahkan lampu jalan untuk menerangi bab luar bangunan sedikit. Tambahkan lampu Jarak ke samping dan mencoba intensitas yang berbeda. Kami tidak menunjukkan cara untuk menambahkan cahaya Jarak, tapi kami percaya bahwa anda mampu sekarang (lampu jarak ialah yang paling mudah).
Untuk melihat berapa banyak lampu yang ada dalam gambar anda dan mengaksesnya dengan cepat untuk mengubah pengaturan, klik di sudut kanan bawah Lights tool panel.
Gambar lampu untuk Safety Light dan tempatkan spot light di mana bola harus di tepatkan . Tambahkan beberapa panel jendela untuk menerima pencahayaan yang lebih dramatis . Yang paling penting dengan pencahayaan ialah untuk bereksperimen. Coba lokasi yang berbeda dan pengaturan. Sekarang anda tahu dasar-dasar, itu tergantung anda untuk mengeksplorasi .
Render Setting
Sekarang ketika anda membuat gambar akhir, ada banyak pilihan yang tersedia untuk anda. Sebagian besar tergantung pada penggunaan simpulan dari rendering. Untuk menyesuaikan pengaturan ini, ketik RPREF (Render> Lanjutan Render Settings ...) untuk menerima palet ini penuh pilihan .
Untuk menerima kualitas yang baik render ibarat di atas, atur pengaturan atas untuk presentasi. Ini akan mengatur default ke pengaturan terbaik. Pastikan bahwa anda memiliki materials dan shadow . Render ke jendela dan pilih ukuran yang anda inginkan. Setelah anda memiliki pengaturan yang anda inginkan, Render lagi dan melihat hasil anda. Jika anda menyukai apa yang anda lakukan, Anda dapat menyimpan file gambar dari render window .
Itulah dasar-dasar rendering, praktek dengan pengaturan yang berbeda dan bahkan percobaan dengan cahaya.
Sekali lagi, Anda telah mencar ilmu beberapa alat mudah yang akan memungkinkan untuk menghasilkan render yang baik dari sebuah objek. Tentu saja ada banyak variasi dan banyak detail pada dikala presentasi perusahaan yang lebih besar, tetapi hanya membutuhkan waktu, praktek dan pengalaman.
Untuk prakteknya, banyak orang akan mengukur rumah mereka dan model itu dan kemudian membuat itu. Ini ialah latihan yang bagus. Juga, di sini Rumah Idamanku ialah blog yang baik yang menyediakan beberapa latihan 3D yang lebih maju.