Belajar 3-D Tingkat 16

                                                  Menggambar Bangunan Dalam 3-D

Kali ini kita akan mencoba menggambar sebuah bangunan sederhana dalam 3-D mulai awal hingga selesai . Hal ini akan dapat anda gunakan untuk menggambar sebuah bangunan yang lebih komplek juga . Di bawah ini yakni gambar bangunan yang akan kita pelajari bersama - sama .


Mulailah dengan menetapkan unit pada arsitektur ( DDUNIT ) .Ingat untuk selalu membuat layer gres pada setiap objek yang akan anda gambar ( jendela , dinding , pintu , atap , dll ) . Juga gunakan "render > style visual > realistic " dikala menambahkan materi materials . Sekarang menggambar dasar dinding menggunakan dimensi yang di tunjukan di bawah . Namun anda tidak perlu menggunakan menu dimension , lansung saja menggunakan perintah polysolid .


Sekaranag anda akan menciptakan Region untuk semua bidang dinding anda .

Perintah : REG REGION
Select objects: <SELECT ALL THE LINES> Specify opposite corner: 7 found
Select objects: <ENTER>
3 loops extracted.
3 Regions created.


Sekarang anda seharusnya memiliki tiga region . Jika tidak , maka biasanya garis yang anda tarik tidak sesuai . Sekarang anda lakukan perintah extrude pada dinding dengan tinggi 9'

Perintah : EXT Extrude
Current wire frame density: isolines = 4
Select objects: <3 SELECT THE REGIONS> Specify opposite corner: 3 found
Select objects:
Specify height of extrusion or [Path]: 9 '
Specify angle of taper for extrusion <0>: <ENTER>



Hal ini akan muncul menyerupai tidak ada yang terjadi . Anda lalu ke tampilan SW Isometrik untuk melihat bagaimana dinding yang telah di ekstrusi . Lakukan hal tersebut lalu gunakan perintah Hide . Jika ada sesuatu yang tidak beres , maka kurangi dua region yang lebih kecil ukurannya . Anda akan melihat hasil menyerupai di bawah :




Sekarang anda akan malalukan extrude pada persegi panjang hingga 6' 8" dan kemudian lakukan subtract pada dinding . Selanjutnya buat layer pintu ( atau membuatnya aktif kalau anda sudah memiliki satu ) , lalu gambar persegi panjang di pintu pembuka yaitu 3 "x 3 '- letakkan di tengah-tengah pembukaan pintu , Extrude itu 6' 8.".

Sekarang membuat pintu kedua (bukaan) pada dinding sejajar dalam ke dinding luar dengan lebar 32" . Setelah itu, gambar akan terlihat menyerupai ini dari pandangan SW Isometric .

Simpan gambar anda , Sekarang anda akan menambahkan beberapa jendela. Hal ini akan dilakukan dengan menggunakan proses yang sama menyerupai pintu. Anda akan membuat bukaan, kemudian tambahkan jendela.

Buat 2 persegi panjang dalam posisi di bawah ini.


Extrude jendela 36 inci lalu pindahkan mereka pada 3' 8" sumbu Z . Ingat koodinat Relatif pada belajar auto cad 1 .

Perintah : M / MOVE
Select objects: 1 found
Select objects: 1 found, 2 total
Select objects: Specify base point or displacement: <PICK ANYWHERE ON SCREEN>
Specify second point of
displacement or <use first point as displacement>: @ 0,0,3'8


Sekarang lakukan perintah Mirror pada kotak kiri bawah ke dinding seberang (Catatan: Akan lebih mudah kalau anda kembali ke bab atas tampilan untuk perintah mirror) dan kotak atas ke dinding dalam sehingga anda memiliki 4 kotak tampak menyerupai ini:


Selanjtnya perintah Subtract jendela pada dinding tersebut , sembunyikan gambar anda dan beralih ke tampilan isometrik . Tampilan gambar anda akan terlihat menyerupai di bawah ini : 


Sekarang panel jendela harus masuk. Karena ini yakni gambar sederhana, Anda hanya akan meletakkan bidang beling untuk mewakili jendela . Buat layer gres untuk windows. Cara termudah untuk melakukannya yakni menyerupai anda buat pintu. Membuat jendela 1 "mendalam. Sekali lagi, mulai dengan persegi panjang di dasar pembukaan jendela, extrude ketinggian bukaan jendela dan pindahkan ke pusat.

Setelah anda membuat satu jendela, salin ke lubang lainnya. Simpan gambar anda dan kemudian ketik SHADE dan memilih opsi G. Bangunan anda akan terlihat menyerupai ini:


Wow - sekarang anda berhasil di sana. Selanjutnya anda akan menambah atap di atas dinding . Pertama anda harus mengubah UCS Anda. Mulai beliau perintah UCS dan memilih opsi 3Point dengan mengetik 3 <Enter> . 


Setelah anda memilih poin ketiga, kursor harus mengaktifkan sisinya. Sekarang anda dapat menarik pada sisi bangunan. Dalam hal ini, Anda akan menggambar bentuk segitiga untuk mewakili seluruh dinding hingga atap.

Buat sebuah garis dari tengah luar atas tembok hingga 6 '. Kemudian gambar Polyline dari satu sudut, ke depan, ke atas baris dan menggunakan opsi C untuk menutup polyline . Akhirnya extrude segitiga -6 "dan kemudian COPY objek diekstrusi ke sisi lain gedung , hapus garis vertikal anda .Anda harus memiliki sesuatu menyerupai ini sekarang .


Untuk menyelesaikan dinding, melaksanakan UNION (Belajar 3-D tingkat 11) antara bab segitiga dan dinding bawah . Anda hampir selesai sekarang. Anda akan perlu untuk menarik atap untuk menyelesaikan gambar.

Pertama, anda akan perlu mengubah UCS anda untuk menyelaraskan dengan kemiringan atap. Gunakan poin di bawah ini - dan berhati-hati endpoint yang anda pilih.


Sekarang gambar Persegi Panjnag dari sudut kiri atas dari bentuk segitiga ke bab bawah sudut yang berlawanan dari bentuk segitiga lainnya. Ini harus menyerupai persegi panjang magenta berikut :


Ektrusi persegi panjang 6 "Lalu copy 12." Turun di sumbu Y Axis dan kemudian salin 12 "di sumbu Y - ketika anda memiliki 3 bab UNION mereka ke dalam satu objek .


Hal terakhir yang harus dilakukan yakni memangkas bagian lebihan dari atas atap di mana dua lempeng berpotongan. Hal ini akan dilakukan dengan menggunakan perintah SLICE (Belajar 3-D tingkat 11). Pergi ke tampilan SW Isometric.

Mulai perintah Slice dan pilih bab atap ke arah belakang. Kemudian ketika anda diminta untuk memilih tiga poin di bidang slice, pilih tiga poin di atas bab atap di depan . Beralih ke tampilan NW Isometric dan mengiris bab atap lainnya dengan cara yang sama. Periksa untuk melihat bahwa atap anda terlihat benar, dan itu yakni gabungan dua objek atap sekarang.

Pergi ke WCS dan salin atap 12 "di sumbu X nyata dan 12" di sumbu X negatif dan kemudian gabung semua 3 objek atap. Bangunan anda sekarang harus terlihat menyerupai di bawah:

Bangunan anda selesai. Untuk menambahkan rumput, gambar persegi panjang yang sangat besar di sekitar rumah pada tingkat yang sama dengan Z bab bawah rumah. Kemudian mengubahnya menjadi kawasan sehingga materi dapat ditambahkan .

Simpan gambar, maka kalau anda suka, tambahkan bahan-bahan dan membuat gambar akhir. Pada gambar di atas , anda perlu menambahkan materi untuk pintu . Petunjuk lebih rinci untuk render akan ditemukan dalam Belajar 3-D Tingkat 17 .

Berikut yakni materi yang digunakan untuk rendering di bab atas halaman. Anda dapat men-download dan menambahkannya ke folder Tekstur anda. Tekstur pintu mungkin telah diberikan dalam pasal Belajar 3-D Tingkat 14 .

Anda juga dapat mencoba untuk menambahkan lebih detail untuk bangunan kalau anda suka. Tapi sekarang anda dapat melihat bahwa menggunakan beberapa perintah (dalam hal ini sekitar 12), Anda dapat menggambar model tampak yang layak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel