Tips Menentukan Kombinasi Warna Cat Rumah Yang Manis !

Kebanyakan pemilik rumah sering menghadapi kebingungan ketika dihadapkan pada sebuah pilihan dalam menentukan kombinasi warna cat rumah yang bagus untuk kawasan tinggalnya. Bahkan bagi sebagian dari mereka ini menjadi hal yang menyulitkan, apalagi ketika ini hampir semua produsen cat mengatakan bermacam-macam pilihan warna secara lengkap.

Pilihan warna yang bermacam-macam tidak lantas mengatakan solusi terhadap pemilihan warna yang tepat, justru yang sering menjadi dilema ialah bagaimana caranya membuat perpaduan/kombinasi warna yang tepat, sehingga akan menghasilkan warna-warna yang indah baik untuk bab eksterior maupun interior rumah. 

Nah, untuk membantu dikau dalam mengatakan solusi terhadap permasalahan tersebut, pada kesempatan ini kami akan menyebarkan tips dalam membuat paduan warna cat rumah berdasarkan seorang Desainer interior berjulukan Ayu Sawitri Joddy, menyerupai yang dilansir situs Kompas.com (12/07/2018).

Kebanyakan pemilik rumah sering menghadapi kebingungan ketika dihadapkan pada sebuah pilih Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Yang Bagus !

Dikatakan Ayu bahwa untuk mendapat perpaduan warna yang tepat, sanggup menggunakan sebuah teori yang disebut Complementary Colors. Dimana teori tersebut menggunakan roda warna (colors wheel) sebagai aliran untuk menentukan warna-warna yang akan dipadukan. Di dalam roda warna tersebut terdapat 12 warna yang terdiri dari warna primer, warna sekunder dan warna tersier menyerupai terlihat di gambar atas.

Jika dikau hanya ingin membuat perpaduan 2 warna saja, maka dikau hanya perlu melihat warna yang bersebrangan, contohnya merah warna di seberangnya ialah hijau, maka warna merah sanggup dikombinasikan dengan dengan hijau. Namun ada hal yang perlu diingat, yaitu tingkat kontras antara 2 warna yang dipasangkan. Kontras yang tinggi memang membuat tampilan yang dinamis, tapi dengan denah yang harus tetap dikelola dengan baik semoga tidak menghasilkan sesuatu yang over. Perpaduan warna mencolok tersebut cocok bagi dikau yang bermaksud untuk menonjolkan sebuah bidang atau ruangan tertentu. Selain itu berdasarkan Ayu, syarat untuk menggunakan teori ini ialah dikau harus menentukan salah satu dari dua warna tersebut sebagai warna dominan, jadi tidak sanggup dua-duanya sama-sama dominan. "Misalnya warna kuning dengan biru, kuning sebagai aksen, dosisnya lebih kecil daripada biru," terang Ayu.

Ditambahkan Ayu, untuk mendapat warna cat rumah yang bagus, selain dengan teori diatas sanggup juga menggunakan teori Analogous, yang menjelaskan mengenai bagaimana caranya mengkombinasikan tiga warna yang berdekatan dalam roda warna tadi. Warna-warna ini biasanya cocok untuk menghasilkan kombinasi warna cat rumah yang damai dan nyaman, alasannya ialah mengambil denah dari alam sehingga suasananya lebih lezat dipdikaung dan harmonis.

Caranya dikau sanggup menentukan satu warna sebagai warna dominan, lalu warna kedua dipilh sebagai pendukung dan warna ketiga dijadikan sebagai aksennya bersama dengan warna hitam, putih atau abu-abu. Pastikan juga tingkat kontras dalam jumlah yang cukup untuk menentukan denah dengan teknik analog ini.

Kebanyakan pemilik rumah sering menghadapi kebingungan ketika dihadapkan pada sebuah pilih Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Yang Bagus !
Contoh kombinasi warna cat monokromatik kamar anak dengan aksen kayu pada Lantai

Selanjutnya bagi dikau yang tidak menyukai warna-warni dalam rumahnya, sanggup menerapkan warna monokromatik. Yaitu dengan menggunakan satu warna dasar saja, dan untuk variasinya sanggup menggunakan warna turunan dari warna dasar tersebut. Contohnya untuk warna hijau, warna turunannya ialah pastel green, avocado green, lime green dan hijau daun. Untuk menghilangkan kesan monoton dalam satu ruangan, sebaiknya pilih tiga warna yang berbeda intensitasnya, lalu padukan dengan unsur warna netral yaitu hitam dan putih, dan untuk menambah kesan natural dikau juga sanggup memadukan warna monokromatik dengan unsur kayu.

Itulah beberapa tips untuk mendapat perpaduan warna cat rumah yang bagus yang sanggup dijadikan panduan untuk membuat rumah dikau dipdikaung dari lebih indah. Jika ingin mengetahui warna cat rumah minimalis yang bakal menjadi animo di tahun 2018, dikau juga sanggup melihatnya di artikel kami yang lainnya, terima kasih semoga bermanfaat ;)

Sumber http://ide-rumahku.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel