8 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri


Pengecatan adalah cara paling gampang untuk mendapatkan tampilan indah tanpa perlu merogoh biaya selangit. Ruangan akan terlihat berantakan dan tidak terlihat indah jika tembok tidak diberi cat atau hiasan apa pun. Bukan cuma karena seni ruangan, fungsi lain cat tembok, terlebih cat tahan air, menambah kekuatan untuk menghindari rusak atau jamur di dinding. Alasan itulah, tembok di dalam suatu ruangan kudu dilindungi cat. Warna yang dipilih pun wajib menyesuaikan gaya interior ruangan. 8 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
 8 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Selain menghasilkan polesan warna monoton pada tembok, ternyata banyak cara mewarnai dinding lain yang dapat teman terapkan untuk hasil yang berbeda. Teknik mengecat dinding ini dapat dikerjakan sendiri atau bersama teman-temanmu. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengecat tembok yang beda yang dapat teman pakai. Pokoknya, hasilnya akan buat kamu melongo!


Pakai roller cat tembok yang sudah ada motif


Tembok dengan warna cat rumah polos dapat teman rubah menjadi cantik, lho. Trik pengecatan tembok ini adalah dengan memakai roller cat bercorak. Pilih area tembok yang ingin sobat cat. Cek terlebih dahulu kalau lantai dan peralatan di samping tembok telah kamu tutupi memakai kain atau koran.
 8 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Penting, cara pengecatan dinding seperti ini berbeda dengan cara pada umumnya. Kalau teman seringnya mengecat tembok dengan arah yang asal-asalan dari awal hingga akhir, teman perlu mengecat dengan arah yang sama dari awal sampai selesai.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Awali dengan pengecatan secara simetris. Jika teman mengawali cara pengecatan tembok dari arah atas ke bawah, lakukanlah trik itu sampai akhir. Alasannya adalah agar corak di tembok menjadi cantik.


Sapu jerami untuk beri garis


Tidak cuma bermotif cantik, sobat dapat menciptakan tembok yang mempunyai corak tanpa harus mengecatnya lagi. Untuk mengerjakan teknik pengecatan tembok ini, sobat cuma memerlukan sapu jerami. Awali dengan teknik pengecatan tembok dengan cat polos sebagai dasar memakai warna yang sobat pilih sampai beberapa lapis. Saat lapis paling akhir, tunggu beberapa saat dan jangan terlalu lama supaya cat tidak kering.
 8 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Dilanjutkan, gunakan bagian bawah sapu jerami dan tekan dengan kedua tanganmu hingga tipis. Tekan pucuk bawah sapu jerami ke tembok yang masih agak basah. Tarik jerami dari atas ke bawah hingga timbul bekas garis lurus.
Ulangi teknik pengecatan tembok tersebut sampai selesai. Garis yang terbentuk nggak harus lurus. Trik mengecat dinding menggunakan sapu jerami ini akan membuat dinding yang nampak layaknya wallpaper dinding tembok.


Pakai Spons untuk ilusi batu bata ekspos


Teman bisa membuat batu bata ekspos pada dinding tanpa harus merusak tembok dan membangunnya ulang. Perangkat yang dibutuhkan untuk mengecat tembok ini adalah spons persegi panjang. Tentukan lebar dan panjang spons, kemudian sesuaikan dengan luas tembok yang akan dicat.
 8 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Gunakan warna cat tembok yang mirip warna batu bata. Masukkan salah satu sisi spons ke dalam cat dan tempelkan di dinding. Lakukan dengan intuisi|teliti} dan tenang agar motif batu bata eksposnya terlihat batu bata sungguhan. Dengan memakai cara mengecat dinding ini, tamu yang berkunjung ke dinding ruangan akan mengira bahwa dinding ruangan benar-benar menggunakan batu bata ekspos.


Cetak bintang memakai kertas


Teknik mengecat dinding satu ini bisa dibilang paling murah meriah. Selain memakai cat, anda cuma membutuhkan kertas dan kuas mini. Diawali dengan cara pengecatan dinding ini dengan membuat motif bintang yang anda pilih di kertas. Potong kertas bagian dalam jadi membentuk cetakan berbentuk bintang misalnya.
 8 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Lekatkan cetakan tadi menggunakan perekat yang dapat dipindah di dinding. Pengecatan dinding di bagian kertas yang berlubang dengan hati hati. Trik supaya cara pengecatan dinding ini menghasilkan motif yang enak dipandang mata, bikin corak bintang tersebut dengan perkiraan yang kurang lebih sama satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre memakai selotip


Ragam teknik mengecat dinding memang banyak caranya. Salah satunya dengan menggunakan selotip. Penggunaan selotip dapat membantu kamu mendapatkan corak mozaik yang indah pada dinding. Untuk mengawali cara pengecatan dinding ini, siapkan selotip dan macam macam cat tembok memiliki warna sesuai. Tempelkan selotip menjadi pola mozaik yang kamu buat. Lalu, aplikasikan bagian-bagian dinding yang sudah dipisahkan oleh selotip.
 8 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Tunggu cat hingga kering. Sesudah itu, lepas selotip perlahan. Tara..! Jadilah tembok mozaik ombre karya sendiri. Kamu dapat berkreasi mengerjakan teknik mengecat dinding ini dengan memilih warna atau mozaik yang lain. Hati hati Jangan sampai anda mengecat hingga keluar dari area tembok, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Trik pengecatan tembok dua warna dalam 6 langkah mudah
Sobat akan memerlukan:
Seluruh kesiapan yang Kamu butuhkan untuk pengecatan tembok dua warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Langkah 1: Lakukan pengukuran


Gunakan titik di mana Anda pengin dinding dua warna Kamu bertemu
Pertama, Sobat harus menentukan pada titik pertemuan yang Teman inginkan untuk dua warna yang Kawan pilih di dinding Kawan. Menggunakan meteran dan pensil, tandai tingginya dengan jarak yang sama di seluruh dinding.


Kedua: Dasari warna yang lebih muda


Dasari warna yang lebih terang ke tembok terlebih dahulu. Pakailah rol cat Teman, cat warna yang lebih muda di setengah dinding yang Kawan inginkan, dan cat agak lebih ke arah titik temu yang Kamu inginkan. Tunggu cat sampai kering.


Ketiga: Tandai memakai kapur


Tandai ulang garis di mana dua warna Teman akan dipisah memakai kapur dan tali. Pakai kapur untuk menutupi semua sisi tali. Tarik tali sepanjang tembok, hubungkan titik-titik yang telah Teman tandai menggunakan pensil. Lekatkan dengan ujung tali menggunakan pita penutup. Cek apakah talinya sudah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang tembok.


Langkah 4: Tutup memakai Selotip


Tempelkan pita penutup di sepanjang garis kapur saat cat sudah  kering. Pastikan cat dengan warna pertama telah  benar-benar kering. Lalu tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Langkah 5: Gunakan warna yang lebih tua


Gunakan rol cat Teman, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian dinding kedua. Gunakan kuas cat untuk memastikan Kamu mengecat di bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Lepaskan pita penutup untuk menampilkan hasil akhir dinding dua warna Kawan
Saat cat masih basah, kelupas pita penutup untuk melihat hasil akhir desain tembok dua warna Kamu.

Nah itulah 8 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri . Semoga bisa menginspirasi kamu untuk pengecatan rumah anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel