9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri


Pemberian warna menggunakan cat yaitu trik paling gampang untuk mendapatkan view cantik tanpa perlu mengeluarkan cost mahal. Ruangan akan terkesan berantakan dan kurang indah bila tembok tidak diwarnai atau aksesoris apa pun. Bukan cuma alasan seni ruangan, adanya cat tembok, apalagi cat tahan air, membantu untuk menghindari rusak atau jamur di tembok. Oleh karena itu, dinding di dalam sebuah ruangan harus diberi cat. Warna yang dipilih pun kudu menyesuaikan gaya interior kamar. 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Tidak cuma menghasilkan polesan warna polos pada tembok, ternyata banyak teknik memperindah dinding lain yang dapat kamu pilih agar mendapatkan hasil yang unik. Cara mengecat dinding ini dapat dikerjakan sendiri atau bersama teman-temanmu. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara pengecatan dinding anti-mainstream yang dapat teman aplikasikan. Pokoknya, hasilnya akan amazing!


Gunakan roller cat tembok yang sudah ada corak


Ruangan dengan warna cat rumah monoton dapat kamu hiasi menjadi cantik, lho. Teknik mengecat tembok ini dengan menggunakan roller cat yang telah diisi motifnya. Tentukan area tembok yang ingin anda cat. Cek terlebih dahulu bahwa lantai dan peralatan di samping tembok telah sobat tutupi menggunakan kain atau koran.
 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Perlu diperhatikan, cara mengecat dinding seperti ini berbeda dari teknik pada umumnya. Kalau teman biasa melakukan pengecatan tembok dengan arah yang asal-asalan dari awal hingga akhir, kamu harus mengecat dengan arah yang searah dari permulaan hingga akhir.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Mulailah untuk mengecatnya secara simetris. Jika anda mengawali trik pengecatan tembok dari arah atas ke bawah, lakukanlah cara itu hingga selesai. Alasannya adalah supaya motif pada tembok tidak hancur.


Sapu jerami untuk beri garis


Tidak cuma bermotif indah nan lucu, teman dapat membuat tembok yang mempunyai motif tanpa kudu mengecatnya ulang. Untuk mengerjakan teknik mengecat dinding ini, anda cuma memerlukan sapu jerami. Mulailah cara mengecat dinding menggunakan cat polos sebagai dasar menggunakan warna yang anda pilih hingga beberapa lapis. Saat lapis terakhir, tunggu sejenak dan hindari terlalu lama agar cat masih basah.
 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Selanjutnya, gunakan bagian bawah sapu jerami dan pegang sampai menjadi tipis. Tekan pucuk bawah sapu jerami ke tembok yang bercat basah. Seret jerami dari atas ke bawah hingga membentuk garis lurus.
Ulangi cara mengecat dinding tersebut hingga selesai. Garis yang terbentuk tidak perlu lurus. Cara pengecatan tembok memakai sapu jerami ini akan membuat tembok yang nampak seperti wallpaper dinding tembok.


Gunakan Spons untuk ilusi batu bata ekspos


Kawan bisa membuat batu bata ekspos pada dinding tanpa perlu merusak dinding dan menyusunnya ulang. Perangkat yang dipakai pada cara mengecat tembok ini yaitu spons berbentuk persegi. Ukur lebar dan panjang spons, kemudian buatlah sesuai dengan luas dinding yang akan dicat.
 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Gunakan warna cat tembok yang menyerupai warna batu bata. Celupkan salah satu sisi spons ke cat dan tempelkan di tembok. Kerjakan dengan intuisi|teliti} dan artistik agar corak batu bata eksposnya terlihat realistis. Dengan teknik pengecatan tembok ini, orang yang berkunjung ke dinding ruangan akan mengira kalau tembokmu benar-benar menggunakan batu bata ekspos.


Motif bintang menggunakan kertas


Teknik mengecat dinding satu ini bisa dibilang paling murah. Selain memakai cat, sobat cuma memerlukan kertas dan kuas kecil. Mulailah trik pengecatan dinding ini dengan menggambar motif bintang yang teman tentukan di kertas. Potong kertas bagian dalam sehingga terbentuk cetakan bintang sebagai contoh.
 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Lekatkan cetakan tadi menggunakan perekat yang bisa dilepas di dinding. Warnai dinding pada bagian kertas yang berlubang dengan hati hati. Agar teknik mengecat dinding ini menghasilkan motif yang cantik, buat corak bintang itu dengan perkiraan yang selaras satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre menggunakan selotip


Berbagai trik mengecat tembok memang banyak caranya. Salah satunya dengan memakai selotip. Pemakaian selotip bisa memudahkan kamu mendapatkan motif mozaik yang rapi pada dinding. Dimulai dengan cara pengecatan tembok ini, siapkan selotip dan macam macam cat dinding berwarna senada. Tempelkan selotip membentuk pola mozaik yang anda buat. Lalu, cat bagian-bagian tembok yang telah dibuat dengan selotip.
 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri
Tunggu cat sampai kering. Setelah itu, kupas selotip dengan hati hati. Tara..! Kawan pasti terpesona melihat tembok mozaik ombre karya sendiri. Teman bisa berkreasi melakukan cara mengecat tembok ini dengan pemilihan warna atau mozaik lainnya. Jangan sampai teman mengecat sampai keluar dari area tembok, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Cara pengecatan ruangan dua warna dalam 6 langkah mudah
Kamu akan membutuhkan:
Semua perlengkapan yang Teman perlukan untuk pengecatan tembok berbagai warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Pertama: Lakukan pengukuran


Gunakan titik pada posisi Sobat ingin dinding dua warna Kawan bertemu
Mulanya, Teman kudu menentukan di mana titik bertemu yang Kawan inginkan untuk dua warna yang Anda tentukan di tembok Kamu. Dengan meteran dan pensil, tandai tingginya dengan jarak yang selaras di semua bagian.


Langkah 2: Aplikasikan warna yang lebih terang


Gunakan warna yang lebih muda ke dinding terlebih dahulu. Gunakan rol cat Sobat, cat warna yang lebih terang di setengah dinding yang Teman inginkan, dan cat agak lebih ke arah titik temu yang Kamu inginkan. Tunggu cat sampai kering.


Ketiga: Tandai memakai kapur


Tandai ulang garis pada dua warna Kamu akan dibagi menggunakan kapur dan tali. Pakai kapur untuk menutupi seluruh sisi tali. Tarik tali sepanjang dinding, hubungkan titik-titik yang telah Sobat tandai memakai pensil. Lekatkan dengan ujung tali memakai pita penutup. Cek apakah talinya sudah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang dinding.


Keempat: Tutup menggunakan Selotip


Tempelkan pita penutup di sepanjang garis kapur saat cat telah  kering. Tentukan cat dengan warna pertama sudah  benar-benar kering. Lalu tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Kelima: Gunakan warna yang lebih tua


Pakai rol cat Anda, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian tembok kedua. Pakai kuas cat untuk memastikan Sobat mengecat pada bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Buka pita penutup untuk menampilkan hasil akhir tembok dua warna Sobat
Ketika cat masih basah, kelupas pita penutup untuk melihat hasil akhir desain dinding dua warna Teman.

Nah itulah 9 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri . Semoga dapat memotivasi anda untuk pengecatan hunian kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel