9 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan


Pengecatan adalah cara termudah untuk memperoleh tampilan cantik tanpa kudu mengeluarkan cost mahal. Ruangan akan tampak tidak bagus dan tidak terlihat cantik kalau tembok tidak diberi cat atau aksesoris apa pun. Tak hanya karena cantiknya ruangan, fungsi lain cat tembok, apalagi cat tahan air, membantu untuk mencegah kelapukan atau jamur di dinding. Alasan itulah, dinding di dalam suatu ruangan wajib diberi cat. Warna yang dipakai pun kudu menyesuaikan gaya interior ruangan. 9 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan
 9 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan
Selain menyentuh polesan warna polos di dinding, ada trik memperindah tembok lain yang dapat kamu aplikasikan untuk hasil yang menarik. Trik mengecat tembok ini dapat dikerjakan sendiri atau bareng bareng teman-temanmu. Nah, di bawah ini adalah beberapa trik mengecat dinding anti-mainstream yang bisa anda terapkan. Dijamin, hasilnya bakal super kece!


Gunakan roller cat tembok bermotif


Dinding dengan warna cat rumah monoton dapat sobat transformasi menjadi cantik, lho. Cara pengecatan tembok ini adalah dengan menggunakan roller cat bercorak. Tentukan area tembok yang ingin teman cat. Cek terlebih dahulu kalau lantai dan peralatan di samping tembok telah anda lindungi dengan kain atau koran.
 9 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan
Harus diperhatikan, trik mengecat dinding jenis ini berbeda dari cara pada umumnya. Kalau teman biasa melakukan pengecatan dinding dengan arah yang acak acakan dari awal sampai akhir, anda perlu mengecat dengan arah yang sama dari awal sampai selesai.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Mulailah untuk pengecatan secara simetris. Jika sobat mengawali cara pengecatan tembok dari arah atas ke bawah, kerjakan cara itu sampai akhir. Alasannya adalah supaya motif di tembok tidak hancur.


Sapu jerami untuk beri garis


Selain menggunakan corak indah nan lucu, sobat bisa membuat tembok yang mempunyai corak tanpa kudu mengecatnya lagi. Untuk mengerjakan trik mengecat dinding ini, anda cuma membutuhkan sapu jerami. Mulailah cara mengecat tembok menggunakan cat polos terlebih dahulu memakai warna yang sobat pilih hingga beberapa lapis. Pada lapis paling akhir, diamkan sejenak dan hindari terlalu lama agar cat masih basah.
 9 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan
Dilanjutkan, pakailah bagian bawah sapu jerami dan pegang sampai menjadi tipis. Tempelkan pucuk bawah sapu jerami ke tembok yang masih agak basah. Tarik jerami dari atas ke bawah hingga timbul bekas garis lurus.
Ulangi teknik mengecat tembok tersebut sampai selesai. Garis yang terukir nggak perlu lurus. Cara pengecatan dinding menggunakan sapu jerami ini akan menghasilkan tembok yang terlihat seperti wallpaper dinding tembok.


Pakai Spons untuk membuat ilusi batu bata ekspos


Teman bisa berkreasi dengan batu bata ekspos pada tembok tanpa kudu menjebol tembok dan menyusunnya ulang. Perangkat yang dipakai untuk mengecat tembok ini adalah spons persegi panjang. Tentukan lebar dan panjang spons, kemudian buatlah sesuai dengan luas dinding yang akan dicat.
 9 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan
Gunakan warna cat tembok yang menyerupai warna batu bata. Masukkan permukaan spons ke dalam cat dan tempelkan di dinding. Kerjakan dengan intuisi|teliti} dan tenang agar corak batu bata eksposnya terlihat batu bata sungguhan. Dengan teknik pengecatan tembok ini, tamu yang datang ke dinding ruangan akan menyangka bahwa dinding ruangan benar-benar memakai batu bata ekspos.


Cetak bintang menggunakan kertas


Cara mengecat tembok satu ini bisa dikatakan paling murah meriah. Selain memakai cat, kamu hanya membutuhkan kertas dan kuas kecil. Mulailah teknik pengecatan tembok ini dengan menggambar corak bintang yang kamu tentukan di kertas. Potong kertas bagian dalam jadi terbentuk cetakan berbentuk bintang sebagai contoh.
 9 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan
Lekatkan cetakan memakai perekat yang dapat dilepas pada dinding. Pengecatan tembok di bagian kertas yang berlubang dengan hati hati. Agar cara mengecat dinding ini mendapatkan motif yang tidak bosan dilihat, kira kirakan corak bintang tersebut dengan perkiraan yang kurang lebih sama satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre memakai selotip


Ragam teknik pengecatan tembok memang banyak caranya. Diantaranya dengan memanfaatkan selotip. Penggunaan selotip dapat membantu kamu memperoleh motif mozaik yang cantik di dinding. Untuk mengawali teknik mengecat dinding ini, sediakan selotip dan macam macam cat dinding memiliki warna sesuai. Lekatkan selotip menjadi pola mozaik yang kamu ingin buat. Lalu, aplikasikan bagian-bagian tembok yang sudah dibuat oleh selotip.
 9 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan
Tunggu cat sampai mengering. Seusai itu, kupas selotip perlahan. Jreng jreng jreng..! Anda pasti terpesona memandang tembok mozaik ombre karya sendiri. Kawan bisa menciptakan rancangan melakukan trik pengecatan dinding ini dengan pemilihan warna atau mozaik yang kamu suka. Hati hati Jangan sampai kamu mengecat sampai keluar dari area tembok, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Teknik mengecat tembok dua warna dalam 6 langkah mudah
Teman akan membutuhkan:
Seluruh perlengkapan yang Teman perlukan untuk mengecat dinding dua warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Pertama: Lakukan pengukuran


Tandai titik di mana Kawan ingin dinding dua warna Sobat ketemu
Awalnya, Kawan perlu menandai pada titik temu yang Kawan maksud untuk dua warna yang Teman pilih di dinding Sobat. Dengan meteran dan pensil, tandai tingginya dengan jarak yang selaras di semua bagian.


Langkah 2: Aplikasikan warna yang lebih muda


Dasari warna yang lebih terang ke dinding terlebih dahulu. Pakailah rol cat Kamu, cat warna yang lebih hidup di setengah dinding yang Teman mau, dan cat sedikit lebih ke arah titik temu yang Kamu inginkan. Tunggu cat sampai kering.


Langkah 3: Tandai menggunakan kapur


Tandai ulang garis di mana dua warna Teman akan dibagi memakai kapur dan tali. Gunakan kapur untuk menutupi seluruh sisi tali. Tarik tali sepanjang dinding, gabungkan titik-titik yang sudah Anda tandai memakai pensil. Lekatkan dengan ujung tali menggunakan pita penutup. Cek apakah talinya sudah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang dinding.


Langkah 4: Tutup memakai Selotip


Tempelkan pita penutup pada sepanjang garis kapur ketika cat sudah  kering. Tentukan cat dengan warna pertama sudah  benar-benar kering. Lalu tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Langkah 5: Gunakan warna yang lebih gelap


Pakai rol cat Teman, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian dinding kedua. Gunakan kuas cat untuk memastikan Sobat mengecat pada bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Buka pita penutup untuk menampakkan hasil akhir tembok dua warna Kamu
Ketika cat masih basah, copot pita penutup untuk melihat hasil akhir desain dinding dua warna Kamu.

Nah itulah 9 Teknik Mengecat Tembok yang Bisa Kamu Coba Demi Ruangan. Semoga dapat menginspirasi teman untuk pengecatan hunian teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel