Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream


Pewarnaan menggunakan cat adalah cara termudah untuk mendapatkan tampilan menarik tanpa harus merogoh biaya mehong. Ruangan akan terkesan tidak bagus dan tidak terlihat estetik kalau tembok tidak diberi cat atau aksesoris apa pun. Bukan cuma karena cantiknya ruangan, adanya cat tembok, terlebih cat tahan air, menambah kekuatan untuk mencegah kelapukan atau kebocoran di dinding. Maka dari itu, tembok di dalam sebuah ruangan harus dilapisi cat. Warna yang dipilih pun kudu beradaptasi dengan tema ruangan. Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Bukan cuma menyentuh polesan warna monoton di dinding, ada teknik mewarnai tembok lain yang dapat anda lakukan untuk hasil yang unik. Cara mengecat dinding ini bisa dikerjakan sendiri atau bersama teman-temanmu. Nah, di bawah ini adalah beberapa trik pengecatan tembok yang beda yang bisa teman pilih. Dijamin, hasilnya akan amazing!


Pakai roller cat tembok yang sudah ada motif


Tembok dengan warna cat rumah polos bisa teman rombak menjadi bercorak, lho. Cara pengecatan tembok ini dengan memakai roller cat yang sudah ada motifnya. Tentukan lokasi tembok yang ingin kamu cat. Cek terlebih dahulu bahwa lantai dan perabotan di samping tembok sudah sobat tutupi dengan kain atau koran.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Perlu diperhatikan, trik mengecat tembok jenis ini tidak sama dari cara pada umumnya. Jika teman seringnya mengecat dinding dengan arah yang acak acakan dari awal hingga selesai, kamu kudu mengecat dengan arah yang searah dari permulaan hingga selesai.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Awali dengan mengecatnya secara simetris. Kalau teman mengawali cara mengecat dinding dari arah atas ke bawah, kerjakan teknik itu hingga akhir. Alasannya adalah agar corak di dinding menjadi menarik.


Sapu jerami untuk beri garis


Selain memakai corak indah nan lucu, kamu dapat membuat tembok yang mempunyai motif tanpa wajib melakukan pengecatan ulang. Untuk melakukan cara pengecatan dinding ini, sobat cuma membutuhkan sapu jerami. Mulailah teknik mengecat tembok dengan cat polos terlebih dahulu menggunakan warna yang teman pilih hingga beberapa lapis. Saat lapis terakhir, diamkan beberapa saat dan jangan terlalu lama agar cat masih basah.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Dilanjutkan, gunakan ujung sapu jerami dan pegang dengan kedua tanganmu hingga tipis. Tempelkan pucuk bawah sapu jerami ke tembok yang masih agak basah. Tarik jerami dari atas ke bawah sampai membentuk garis lurus.
Lakukan langkah pengecatan tembok tersebut hingga akhir. Garis yang terukir nggak perlu lurus. Trik mengecat tembok memakai sapu jerami ini akan membuat dinding yang terlihat layaknya wallpaper dinding tembok.


Spons untuk ilusi batu bata ekspos


Kawan bisa berkreasi dengan batu bata ekspos pada tembok tanpa harus menjebol tembok dan menyusunnya ulang. Perangkat yang dibutuhkan untuk pengecatan dinding ini yaitu spons berbentuk persegi. Ukur lebar dan panjang spons, lalu buatlah sesuai dengan luas dinding yang akan diberi motif.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Gunakan warna cat tembok yang mirip warna batu bata. Celupkan permukaan spons ke dalam cat dan tempelkan ke dinding. Kerjakan dengan intuisi|teliti} dan tenang agar motif batu bata eksposnya seperti realistis. Dengan memakai cara pengecatan dinding ini, orang yang baru pertama kali melihat ke rumahmu akan mengira kalau tembokmu benar-benar memakai batu bata ekspos.


Cetak bintang menggunakan kertas


Teknik pengecatan tembok satu ini terbilang paling murah. Selain menggunakan cat, anda hanya memerlukan kertas dan kuas kecil. Mulailah cara mengecat tembok ini dengan membuat corak bintang yang kamu pilih di kertas. Potong kertas bagian dalam sehingga terbentuk cetakan berbentuk bintang umpamanya.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Lekatkan kertas cetakan memakai perekat yang bisa dilepas pada tembok. Cat tembok di bagian kertas yang berlubang dengan rapi. Trik supaya teknik mengecat tembok ini menghasilkan corak yang menarik, kira kirakan motif bintang tersebut dengan perkiraan yang selaras satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre memakai selotip


Berbagai trik pengecatan dinding memang beragam. Salah satunya dengan memakai selotip. Penggunaan selotip dapat memudahkan teman mendapatkan corak mozaik yang menyedot perhatian di tembok. Untuk mengawali cara pengecatan dinding ini, siapkan selotip dan beberapa cat dinding berwarna sesuai. Tempelkan selotip membentuk pola mozaik yang kamu ingin buat. Lalu, aplikasikan bagian-bagian dinding yang sudah dipisahkan dengan selotip.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Tunggu cat sampai mengering. Sesudah itu, kupas selotip dengan hati hati. Tara..! Jadilah tembok mozaik ombre karya sendiri. Kamu bisa menciptakan tema melakukan trik mengecat dinding ini dengan memilih warna atau mozaik lainnya. Jangan sampai kamu mengecat sampai keluar dari area yang sudah ditentukan, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Teknik pengecatan tembok dua warna dalam 6 langkah mudah
Sobat akan memerlukan:
Seluruh perlengkapan yang Anda butuhkan untuk pengecatan ruangan dua warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Pertama: Mulai dengan pengukuran


Gunakan titik pada posisi Kamu pengin dinding dua warna Kamu ketemu
Mulanya, Sobat perlu menentukan pada titik bertemu yang Teman inginkan untuk dua warna yang Kawan pilih di dinding Teman. Menggunakan meteran dan pensil, beri tanda tingginya dengan jarak yang serasi di seluruh dinding.


Kedua: Pakailah warna yang lebih terang


Gunakan warna yang lebih hidup ke tembok terlebih dahulu. Pakailah rol cat Kamu, cat warna yang lebih hidup di setengah tembok yang Kawan mau, dan cat agak lebih ke arah titik temu yang Sobat mau. Tunggu cat sampai kering.


Ketiga: Tandai memakai kapur


Tandai ulang garis pada dua warna Kamu akan dibagi memakai kapur dan tali. Pakai kapur untuk menutupi seluruh sisi tali. Tarik tali sepanjang tembok, hubungkan titik-titik yang telah Sobat tandai menggunakan pensil. Lekatkan dengan ujung tali dengan pita penutup. Cek apakah talinya sudah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang tembok.


Langkah 4: Tutup menggunakan Selotip


Tempelkan pita penutup pada sepanjang garis kapur saat cat telah  kering. Pastikan cat dengan warna pertama telah  benar-benar kering. Lalu tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Langkah 5: Gunakan warna yang lebih tua


Pakai rol cat Anda, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian tembok kedua. Pakai kuas cat untuk memastikan Kawan mengecat di bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Buka pita penutup untuk menampakkan hasil akhir tembok dua warna Anda
Ketika cat masih basah, kelupas pita penutup untuk melihat hasil akhir desain tembok dua warna Anda.

Nah itulah Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream. Semoga dapat memotivasi teman untuk pengecatan hunian teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel