Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream


Pewarnaan menggunakan cat adalah trik tergampang untuk memperoleh view indah tanpa perlu merogoh biaya selangit. Ruangan akan terlihat tidak bagus dan kurang nyaman dimata kalau tembok tidak diberi cat atau aksesoris apa pun. Selain karena estetika ruangan, adanya cat tembok, apalagi cat tahan air, membantu untuk menghindari rusak atau kebocoran pada tembok. Oleh karena itu, tembok di dalam sebuah ruangan perlu diberi cat. Warna yang dipakai pun wajib menyesuaikan tema kamar. Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Tak cuma menyentuh polesan warna polos di tembok, ada teknik mengecat tembok lain yang dapat sobat aplikasikan untuk hasil yang cantik. Cara mengecat dinding ini dapat dikerjakan sendiri atau bersama teman-temanmu. Nah, berikut ini adalah beberapa cara pengecatan dinding yang unik yang dapat anda pilih. Dijamin, hasilnya bakal buat kamu melongo!


Pakai roller cat tembok yang dilengkapi motif


Dinding dengan warna cat rumah monoton dapat anda ganti menjadi bermotif, lho. Cara pengecatan tembok ini dengan menggunakan roller cat bercorak. Tentukan tempat tembok yang ingin kamu cat. Cek terlebih dahulu bahwa lantai dan peralatan sekitar tembok sudah sobat tutupi dengan kain atau koran.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Penting, cara mengecat dinding jenis ini tidak sama dengan teknik biasanya. Kalau teman biasa mengecat dinding dengan arah yang acak acakan dari awal hingga akhir, anda harus mengecat dengan arah yang searah dari awal hingga akhir.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Mulailah untuk mengecatnya secara simetris. Kalau anda mengawali teknik pengecatan dinding dari arah atas ke bawah, kerjakan trik itu sampai akhir. Hal ini dipilih supaya corak di tembok tetap teratur.


Sapu jerami untuk beri garis


Selain menggunakan corak indah nan lucu, teman dapat membuat tembok yang mempunyai corak tanpa perlu mengecatnya ulang. Untuk melakukan trik mengecat dinding ini, anda cuma membutuhkan sapu jerami. Awali dengan teknik mengecat dinding menggunakan cat polos sebagai dasar menggunakan warna yang kamu pilih sampai beberapa lapis. Saat lapis paling akhir, tunggu beberapa saat dan jangan terlalu lama agar cat masih basah.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Selanjutnya, gunakan ujung sapu jerami dan tekan sampai menjadi tipis. Tekan ujung bawah sapu jerami ke dinding yang masih agak basah. Seret jerami dari atas ke bawah hingga membentuk garis lurus.
Lakukan cara mengecat tembok tersebut sampai selesai. Garis yang terbentuk tidak perlu lurus. Trik mengecat tembok memakai sapu jerami ini akan mengesankan tembok yang terlihat seperti wallpaper dinding tembok.


Spons untuk ilusi batu bata ekspos


Kawan bisa membuat batu bata ekspos pada dinding tanpa kudu merusak dinding dan membangunnya ulang. Perangkat yang dipakai pada cara pengecatan dinding ini adalah spons persegi panjang. Tentukan lebar dan panjang spons, lalu buatlah sesuai dengan luas tembok yang akan diberi motif.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Pilih warna cat tembok yang menyerupai warna batu bata. Masukkan permukaan spons ke cat dan kerjakan seperti kamu menempelkan stempel ke tembok. Lakukan dengan intuisi|teliti} dan artistik agar motif batu bata eksposnya terlihat realistis. Dengan memakai cara mengecat tembok ini, orang yang berkunjung ke rumahmu akan mengira bahwa dinding ruangan benar-benar memakai batu bata ekspos.


Cetak bintang memakai kertas


Cara mengecat dinding satu ini bisa dibilang paling ekonomis. Tak hanya memakai cat, kamu cuma memerlukan kertas dan kuas kecil. Diawali dengan cara pengecatan tembok ini dengan menggambar corak bintang yang kamu pilih di kertas. Potong kertas bagian dalam sehingga terbentuk cetakan berbentuk bintang sebagai contoh.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Tempel kertas cetakan menggunakan perekat yang bisa dilepas pada dinding. Warnai tembok di bagian kertas yang berlubang dengan hati hati. Agar teknik mengecat dinding ini mendapatkan corak yang cantik, kira kirakan corak bintang itu dengan perkiraan yang selaras satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre menggunakan selotip


Ragam teknik pengecatan tembok memang banyak caranya. Diantaranya dengan menggunakan selotip. Penggunaan selotip dapat memudahkan sobat mendapatkan corak mozaik yang rapi pada dinding. Untuk mengawali cara pengecatan tembok ini, sediakan selotip dan macam macam cat dinding berwarna sesuai. Lekatkan selotip membentuk pola mozaik yang anda rancang. Kemudian, cat bagian-bagian dinding yang sudah dipisahkan oleh selotip.
 Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream
Tunggu cat hingga kering. Setelah itu, kupas selotip perlahan. Jreng jreng jreng..! Jadilah tembok mozaik ombre karya sendiri. Kamu bisa berkreasi melakukan cara mengecat tembok ini dengan pemilihan warna atau mozaik lainnya. Hati hati Jangan sampai teman mengecat sampai keluar dari area tembok, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Trik pengecatan dinding dua warna dalam 6 langkah mudah
Kamu akan membutuhkan:
Semua kesiapan yang Anda perlukan untuk pengecatan dinding berbagai warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Langkah 1: Lakukan pengukuran


Tandai titik di mana Anda pengin dinding dua warna Kamu bertemu
Awalnya, Kawan perlu menandai pada titik bertemu yang Sobat inginkan untuk dua warna yang Teman pilih di dinding Sobat. Memakai meteran dan pensil, beri tanda tingginya dengan jarak yang selaras di seluruh dinding.


Kedua: Pakailah warna yang lebih muda


Aplikasikan warna yang lebih muda ke dinding terlebih dahulu. Pakailah rol cat Kamu, cat warna yang lebih terang di setengah tembok yang Anda mau, dan cat sedikit lebih ke arah titik kumpul yang Kamu inginkan. Tunggu cat sampai kering.


Ketiga: Tandai memakai kapur


Tandai ulang garis pada dua warna Teman akan dibagi menggunakan kapur dan tali. Gunakan kapur untuk menutupi semua sisi tali. Tarik tali sepanjang dinding, hubungkan titik-titik yang telah Kamu tandai menggunakan pensil. Lekatkan dengan ujung tali dengan pita penutup. Cek apakah talinya telah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang tembok.


Keempat: Tutup menggunakan Selotip


Tempelkan pita penutup di sepanjang garis kapur ketika cat telah  kering. Pastikan cat dengan warna pertama sudah  benar-benar kering. Lalu tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Kelima: Aplikasikan warna yang lebih gelap


Gunakan rol cat Kawan, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian dinding kedua. Pakai kuas cat untuk memastikan Sobat pengecatan pada bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Lepaskan pita penutup untuk menampakkan hasil akhir dinding dua warna Anda
Saat cat masih basah, copot pita penutup untuk melihat hasil akhir desain dinding dua warna Kawan.

Nah itulah Mau Rumah Menjadi Elegan, Begini Teknik Pengecatan Anti Mainstream. Semoga dapat memotivasi anda untuk pengecatan rumah teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel