Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional


Pengecatan adalah cara termudah untuk memperoleh tampilan cantik tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Ruangan akan terlihat berantakan dan kurang indah bila tembok tidak diberi cat atau aksesoris apa pun. Bukan cuma karena seni ruangan, fungsi lain cat tembok, terutama cat tahan air, menambah kekuatan untuk menghindari kelapukan atau kebocoran pada tembok. Oleh karena itu, dinding di dalam sebuah ruangan wajib diberi cat. Warna yang digunakan pun harus menyesuaikan tema ruangan. Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Bukan cuma menghasilkan polesan warna polos pada dinding, ternyata banyak trik mengecat dinding lain yang dapat teman pilih untuk hasil yang unik. Cara pengecatan dinding ini dapat dikerjakan sendiri atau bareng bareng teman-temanmu. Nah, berikut ini adalah banyak cara pengecatan tembok anti-mainstream yang dapat anda lakukan. Pokoknya, hasilnya bakal super kece!


Pakai roller cat tembok bercorak


Tembok dengan warna cat rumah polos dapat sobat ganti menjadi bercorak, lho. Cara pewarnaan tembok ini dengan menggunakan roller cat bercorak. Tentukan lokasi tembok yang ingin sobat cat. Cek terlebih dahulu bahwa lantai dan perabotan di samping tembok telah kamu lindungi menggunakan kain atau koran.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Penting, trik mengecat dinding seperti ini tidak sama dari cara pada umumnya. Kalau teman seringnya mengecat tembok dengan arah yang asal-asalan dari awal hingga akhir, anda perlu mengecat dengan arah yang searah dari permulaan sampai akhir.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Mulailah untuk pengecatan secara simetris. Kalau kamu mengawali cara pengecatan tembok dari arah atas ke bawah, lakukanlah cara itu hingga akhir. Alasannya adalah agar motif di dinding tidak hancur.


Sapu jerami untuk beri garis


Selain menggunakan motif indah nan lucu, sobat bisa membuat tembok yang mempunyai motif tanpa harus mengecatnya ulang. Untuk mengerjakan teknik pengecatan tembok ini, anda cuma membutuhkan sapu jerami. Mulailah cara pengecatan tembok dengan cat polos sebagai dasar menggunakan warna yang sobat pilih sampai beberapa lapis. Saat lapis paling akhir, tunggu beberapa saat dan hindari terlalu lama supaya cat masih basah.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Selanjutnya, gunakan bagian bawah sapu jerami dan tekan sampai menjadi pipih. Tempelkan pucuk bawah sapu jerami ke tembok yang masih agak basah. Tarik jerami dari atas ke bawah sampai timbul bekas garis lurus.
Lakukan trik pengecatan dinding tersebut hingga selesai. Garis yang terbentuk nggak perlu lurus. Teknik mengecat tembok menggunakan sapu jerami ini akan mengesankan dinding yang nampak seperti wallpaper dinding tembok.


Spons untuk membuat ilusi batu bata ekspos


Teman bisa membuat batu bata ekspos pada dinding tanpa wajib menjebol tembok dan menyusunnya ulang. Perangkat yang dipakai untuk pengecatan dinding ini yaitu spons berbentuk persegi. Tentukan lebar dan panjang spons, lalu buatlah sesuai dengan luas dinding yang akan diberi motif.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Pilih warna cat tembok yang menyerupai warna batu bata. Masukkan salah satu sisi spons ke cat dan kerjakan seperti teman menempelkan stempel ke tembok. Kerjakan dengan intuisi|teliti} dan tenang agar motif batu bata eksposnya seperti realistis. Dengan teknik pengecatan tembok ini, tamu yang berkunjung ke dinding ruangan akan mengira kalau dinding ruangan benar-benar menggunakan batu bata ekspos.


Motif bintang menggunakan kertas


Cara pengecatan dinding satu ini bisa dianggap paling murah. Selain memakai cat, sobat cuma memerlukan kertas dan kuas kecil. Diawali dengan trik mengecat tembok ini dengan membuat motif bintang yang anda tentukan di kertas. Potong kertas bagian dalam sehingga membentuk cetakan berbentuk bintang umpamanya.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Tempel kertas cetakan menggunakan perekat yang dapat dilepas pada tembok. Cat dinding di bagian kertas yang berlubang dengan rapi. Trik supaya cara pengecatan dinding ini menghasilkan motif yang enak dipandang mata, buat corak bintang tersebut dengan perkiraan yang selaras satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre memakai selotip


Berbagai teknik mengecat dinding memang bermacam macam. Diantaranya dengan menggunakan selotip. Penggunaan selotip dapat membantu anda memperoleh motif mozaik yang indah di dinding. Untuk mengawali cara mengecat tembok ini, sediakan selotip dan beberapa cat tembok berwarna sesuai. Lekatkan selotip membentuk pola mozaik yang teman inginkan. Lantas, aplikasikan bagian-bagian dinding yang sudah dipisahkan oleh selotip.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Tunggu cat sampai mengering. Setelah itu, lepas selotip dengan hati hati. Tara..! Jadilah tembok mozaik ombre karya sendiri. Sobat dapat berkreasi melakukan trik mengecat tembok ini dengan memilih warna atau mozaik yang kamu suka. Jangan sampai anda mengecat sampai keluar dari area tembok, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Cara pengecatan tembok dua warna dalam 6 langkah mudah
Teman akan membutuhkan:
Seluruh perlengkapan yang Teman perlukan untuk pengecatan tembok dua warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Pertama: Mulai dengan pengukuran


Gunakan titik pada posisi Kamu ingin dinding dua warna Teman bertemu
Pertama, Teman perlu menentukan di mana titik temu yang Kamu maksud untuk dua warna yang Kamu tentukan di tembok Kamu. Menggunakan meteran dan pensil, tandai tingginya dengan jarak yang serasi di seluruh dinding.


Langkah 2: Pakailah warna yang lebih terang


Pakailah warna yang lebih terang ke tembok terlebih dahulu. Pakailah rol cat Sobat, cat warna yang lebih hidup di setengah tembok yang Anda mau, dan cat agak lebih ke arah titik temu yang Kawan mau. Tunggu cat sampai kering.


Ketiga: Tandai dengan kapur


Tandai ulang garis pada dua warna Kamu akan dibagi dengan kapur dan tali. Pakai kapur untuk menutupi semua sisi tali. Tarik tali sepanjang dinding, gabungkan titik-titik yang sudah Sobat tandai menggunakan pensil. Lekatkan dengan ujung tali memakai pita penutup. Cek apakah talinya telah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang tembok.


Keempat: Tutup memakai Selotip


Tempelkan pita penutup pada sepanjang garis kapur ketika cat telah  kering. Pastikan cat dengan warna pertama sudah  benar-benar kering. Kemudian tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Langkah 5: Gunakan warna yang lebih tua


Gunakan rol cat Kawan, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian tembok kedua. Gunakan kuas cat untuk memastikan Sobat pengecatan pada bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Lepaskan pita penutup untuk menampilkan hasil akhir tembok dua warna Kamu
Ketika cat masih basah, lepas pita penutup untuk melihat hasil akhir desain dinding dua warna Kamu.

Nah itulah Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional. Semoga bisa memotivasi kamu untuk pengecatan rumah anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel