Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional


Pengecatan yaitu cara paling gampang untuk mendapatkan tampilan indah tanpa kudu merogoh biaya mehong. Ruangan akan terkesan berantakan dan kurang estetik jika tembok tidak diwarnai atau aksesoris apa pun. Selain alasan keindahan ruangan, fungsi lain cat tembok, terutama cat waterproof, menambah kekuatan untuk menghindari rusak atau kebocoran pada tembok. Maka dari itu, tembok di dalam suatu ruangan harus diberi cat. Warna yang dipilih pun kudu beradaptasi dengan tema ruangan. Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Bukan hanya menghasilkan polesan warna monoton pada tembok, ada teknik mewarnai dinding lain yang bisa kamu terapkan agar mendapatkan hasil yang berbeda. Cara mengecat dinding ini dapat dilakukan sendiri atau bareng bareng teman-temanmu. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara mengecat tembok anti-mainstream yang bisa teman pakai. Pokoknya, hasilnya bakal buat kamu melongo!


Gunakan roller cat tembok bermotif


Dinding dengan warna cat rumah monoton dapat teman rubah menjadi bercorak, lho. Cara mengecat tembok ini adalah dengan menggunakan roller cat bercorak. Tentukan lokasi tembok yang ingin kamu cat. Cek terlebih dahulu kalau lantai dan peralatan sekitar tembok telah teman lindungi menggunakan kain atau koran.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Penting, trik mengecat tembok jenis ini tidak sama dari cara pada umumnya. Jika teman seringnya melakukan pengecatan tembok dengan arah yang acak acakan dari awal hingga selesai, sobat harus mengecat dengan arah yang sama dari awal sampai akhir.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Awali dengan pengecatan secara simetris. Kalau sobat memulai cara pengecatan dinding dari arah atas ke bawah, kerjakan teknik itu sampai akhir. Alasannya adalah agar motif pada tembok tetap teratur.


Sapu jerami untuk beri garis


Tidak cuma bercorak cantik, sobat dapat menciptakan tembok yang memiliki corak tanpa harus melakukan pengecatan lagi. Untuk mengerjakan trik pengecatan dinding ini, kamu cuma membutuhkan sapu jerami. Awali dengan cara pengecatan dinding dengan cat polos sebagai dasar menggunakan warna yang kamu pilih sampai beberapa lapis. Pada lapis paling akhir, diamkan beberapa saat dan hindari terlalu lama supaya cat masih basah.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Dilanjutkan, pakailah ujung sapu jerami dan pegang sampai menjadi tipis. Tempelkan pucuk bawah sapu jerami ke dinding yang masih agak basah. Tarik jerami dari atas ke bawah hingga timbul bekas garis lurus.
Ulangi cara pengecatan dinding itu hingga akhir. Garis yang terukir nggak perlu lurus. Trik mengecat dinding memakai sapu jerami ini akan mengesankan tembok yang terlihat layaknya wallpaper dinding tembok.


Spons untuk ilusi batu bata ekspos


Kawan dapat membuat batu bata ekspos pada dinding tanpa harus menjebol dinding dan membangunnya ulang. Perangkat yang dipakai pada cara pengecatan tembok ini adalah spons berbentuk persegi. Ukur lebar dan panjang spons, kemudian buatlah sesuai dengan luas tembok yang akan diberi motif.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Gunakan warna cat tembok yang menyerupai warna batu bata. Masukkan salah satu sisi spons ke cat dan tempelkan di tembok. Kerjakan dengan intuisi|teliti} dan artistik agar corak batu bata eksposnya seperti realistis. Dengan memakai teknik mengecat tembok ini, orang yang baru pertama kali melihat ke rumahmu akan menyangka kalau dinding ruangan benar-benar menggunakan batu bata ekspos.


Cetak bintang menggunakan kertas


Cara pengecatan tembok satu ini bisa dikatakan paling murah meriah. Selain memakai cat, kamu cuma memerlukan kertas dan kuas mini. Diawali dengan cara pengecatan dinding ini dengan menggambar motif bintang yang kamu tentukan di kertas. Potong kertas bagian dalam sehingga terbentuk cetakan berbentuk bintang umpamanya.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Lekatkan cetakan tadi memakai perekat yang dapat dipindah pada dinding. Pengecatan tembok pada bagian kertas yang berlubang dengan hati hati. Agar cara mengecat tembok ini menghasilkan corak yang selaras, buat corak bintang itu dengan perkiraan yang kurang lebih sama satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre menggunakan selotip


Berbagai trik pengecatan dinding memang bermacam macam. Diantaranya dengan memakai selotip. Pemakaian selotip bisa membantu teman mendapatkan motif mozaik yang indah di dinding. Dimulai dengan trik pengecatan tembok ini, siapkan selotip dan beberapa cat tembok memiliki warna senada. Tempelkan selotip menjadi pola mozaik yang sobat buat. Lalu, aplikasikan bagian-bagian dinding yang telah dibuat dengan selotip.
 Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional
Tunggu cat hingga kering. Setelah itu, kupas selotip dengan hati hati. Tara..! Jadilah tembok mozaik ombre karya sendiri. Sobat bisa menciptakan tema melakukan trik pengecatan tembok ini dengan pemilihan warna atau mozaik yang kamu ingin. Jangan sampai teman mengecat hingga keluar dari area tembok, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Teknik mengecat ruangan dua warna dalam 6 langkah mudah
Teman akan memerlukan:
Seluruh perlengkapan yang Kawan perlukan untuk pengecatan dinding dua warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Langkah 1: Mulai dengan pengukuran


Tandai titik di mana Kawan pengin dinding dua warna Kawan ketemu
Pertama, Sobat wajib menandai pada titik pertemuan yang Kawan maksud untuk dua warna yang Teman tentukan di dinding Anda. Dengan meteran dan pensil, beri tanda tingginya dengan jarak yang serasi di seluruh dinding.


Kedua: Pakailah warna yang lebih muda


Gunakan warna yang lebih hidup ke dinding terlebih dahulu. Pakailah rol cat Teman, cat warna yang lebih muda di setengah tembok yang Kamu mau, dan cat agak lebih ke arah titik temu yang Sobat mau. Tunggu cat hingga kering.


Ketiga: Tandai memakai kapur


Tandai ulang garis pada dua warna Teman akan dibagi menggunakan kapur dan tali. Gunakan kapur untuk menutupi semua sisi tali. Tarik tali sepanjang dinding, gabungkan titik-titik yang sudah Anda tandai memakai pensil. Lekatkan dengan ujung tali memakai pita penutup. Cek apakah talinya sudah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang dinding.


Langkah 4: Tutup menggunakan Selotip


Tempelkan pita penutup pada sepanjang garis kapur ketika cat telah  kering. Tentukan cat dengan warna pertama telah  benar-benar kering. Kemudian tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Kelima: Aplikasikan warna yang lebih tua


Gunakan rol cat Kamu, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian dinding kedua. Gunakan kuas cat untuk memastikan Anda pengecatan di bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Buka pita penutup untuk menampilkan hasil akhir dinding dua warna Kawan
Ketika cat masih basah, lepas pita penutup untuk melihat hasil akhir desain tembok dua warna Anda.

Nah itulah Ngga perlu Tukang, Inilah Cara Pengecatan Ala Profesional. Semoga dapat memotivasi teman untuk mengecat hunian teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel