Tak Bisa Asal Mengecat, Ini Tahapan Mengecat Ulang Dinding Lama


Pengecatan yaitu cara tergampang untuk mendapatkan tampilan cantik tanpa perlu merogoh biaya mahal. Ruangan akan terkesan berantakan dan kurang cantik kalau tembok tidak diberi cat atau aksesoris yang mempercantik. Selain alasan seni ruangan, kehadiran cat tembok, apalagi cat waterproof, membantu untuk mencegah rusak atau kebocoran pada dinding. Maka dari itu, tembok di dalam suatu ruangan kudu dilapisi cat. Warna yang digunakan pun harus menyesuaikan tema kamar. Tak Bisa Asal Mengecat, Ini Tahapan Mengecat Ulang Dinding Lama
 Tak Bisa Asal Mengecat, Ini Tahapan Mengecat Ulang Dinding Lama
Tak cuma menggoreskan polesan warna monoton di tembok, ternyata banyak trik mewarnai tembok lain yang bisa teman aplikasikan untuk hasil yang berbeda. Teknik pengecatan dinding ini bisa dikerjakan sendiri atau bareng bareng teman-temanmu. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara mengecat dinding yang unik yang dapat anda aplikasikan. Dijamin, hasilnya bakal super kece!


Pakai roller cat tembok yang dilengkapi motif


Dinding dengan warna cat rumah polos dapat anda transformasi menjadi cantik, lho. Cara pengecatan tembok ini adalah dengan memakai roller cat yang sudah ada motifnya. Tentukan tempat tembok yang ingin anda cat. Pastikan kalau lantai dan perabotan di samping tembok telah sobat lindungi dengan kain atau koran.
 Tak Bisa Asal Mengecat, Ini Tahapan Mengecat Ulang Dinding Lama
Penting, cara mengecat tembok seperti ini tidak sama dari cara pada umumnya. Jika teman seringnya melakukan pengecatan dinding dengan arah yang acak acakan dari awal sampai akhir, sobat kudu mengecat dengan arah yang searah dari permulaan sampai selesai.

Cara Pemasangan Kerikil Sikat Pada Garasi

Awali dengan mengecatnya secara simetris. Kalau sobat mengawali trik pengecatan dinding dari arah atas ke bawah, lakukanlah teknik itu hingga akhir. Alasannya adalah supaya motif pada dinding tetap teratur.


Sapu jerami untuk beri garis


Nggak hanya bercorak indah nan lucu, anda bisa membuat tembok yang mempunyai corak tanpa perlu mengecatnya lagi. Untuk mengerjakan trik mengecat dinding ini, kamu hanya membutuhkan sapu jerami. Awali dengan cara pengecatan tembok menggunakan cat polos terlebih dahulu memakai warna yang sobat pilih sampai beberapa lapis. Pada lapis terakhir, diamkan sejenak dan jangan terlalu lama supaya cat masih basah.
 Tak Bisa Asal Mengecat, Ini Tahapan Mengecat Ulang Dinding Lama
Dilanjutkan, pakailah bagian bawah sapu jerami dan pegang dengan kedua tanganmu hingga tipis. Tempelkan pucuk bawah sapu jerami ke dinding yang bercat basah. Seret jerami dari atas ke bawah hingga membentuk garis lurus.
Ulangi trik pengecatan tembok itu sampai selesai. Garis yang terbentuk tidak harus lurus. Trik mengecat tembok memakai sapu jerami ini akan menghasilkan dinding yang terlihat layaknya wallpaper dinding tembok.


Spons untuk membuat ilusi batu bata ekspos


Anda dapat membuat batu bata ekspos pada dinding tanpa harus merusak tembok dan menyusunnya ulang. Alat yang dipakai untuk pengecatan dinding ini adalah spons persegi panjang. Ukur lebar dan panjang spons, kemudian sesuaikan dengan luas dinding yang akan dicat.
 Tak Bisa Asal Mengecat, Ini Tahapan Mengecat Ulang Dinding Lama
Gunakan warna cat tembok yang mirip warna batu bata. Masukkan permukaan spons ke dalam cat dan tempelkan di tembok. Kerjakan dengan intuisi|teliti} dan artistik agar corak batu bata eksposnya seperti batu bata sungguhan. Dengan memilih cara pengecatan tembok ini, tamu yang datang ke dinding ruangan akan mengira bahwa tembokmu benar-benar menggunakan batu bata ekspos.


Motif bintang menggunakan kertas


Teknik mengecat tembok satu ini terbilang paling ekonomis. Selain memakai cat, teman cuma memerlukan kertas dan kuas kecil. Mulailah teknik mengecat tembok ini dengan membuat corak bintang yang teman tentukan di kertas. Potong kertas bagian dalam jadi membentuk cetakan bintang sebagai contoh.
 Tak Bisa Asal Mengecat, Ini Tahapan Mengecat Ulang Dinding Lama
Tempel cetakan tadi menggunakan perekat yang bisa dilepas di dinding. Cat tembok pada bagian kertas yang berlubang dengan rapi. Agar teknik mengecat tembok ini mendapatkan motif yang cantik, buat motif bintang itu dengan perkiraan yang kurang lebih sama satu sama lainnya.


Mozaik warna ombre memakai selotip


Berbagai cara pengecatan dinding memang beragam. Diantaranya dengan memakai selotip. Pemakaian selotip dapat membantu anda mendapatkan motif mozaik yang menyedot perhatian di tembok. Untuk mengawali cara mengecat dinding ini, sediakan selotip dan macam macam cat tembok berwarna senada. Lekatkan selotip membentuk pola mozaik yang anda ingin buat. Kemudian, aplikasikan bagian-bagian dinding yang sudah dibuat oleh selotip.
 Tak Bisa Asal Mengecat, Ini Tahapan Mengecat Ulang Dinding Lama
Tunggu cat sampai mengering. Sesudah itu, lepas selotip perlahan. Jreng jreng jreng..! Jadilah tembok mozaik ombre karya sendiri. Sobat dapat menciptakan rancangan mengerjakan teknik mengecat tembok ini dengan pemilihan warna atau mozaik yang lain. Jangan sampai sobat mengecat sampai keluar dari area yang sudah ditentukan, ya.

Desain Rumah Sederhana Type 56

Trik pengecatan dinding dua warna dalam 6 langkah mudah
Kamu akan memerlukan:
Semua alat yang Sobat perlukan untuk pengecatan ruangan berbagai warna
• Cat untuk masing masing warna
• Rol cat busa
• Nampan cat
• Meteran
• Pensil
• Gulungan tali
• Kapur
• Pita penutup
• Kuas cat
• Gunting


Langkah 1: Mulai dengan pengukuran


Gunakan titik di mana Kawan ingin dinding dua warna Kamu bertemu
Awalnya, Kamu wajib menentukan di mana titik pertemuan yang Anda maksud untuk dua warna yang Anda tentukan di dinding Kawan. Memakai meteran dan pensil, tandai tingginya dengan jarak yang sama di seluruh dinding.


Langkah 2: Aplikasikan warna yang lebih muda


Aplikasikan warna yang lebih muda ke tembok terlebih dahulu. Gunakan rol cat Teman, cat warna yang lebih hidup di setengah tembok yang Sobat mau, dan cat sedikit lebih ke arah titik kumpul yang Teman mau. Tunggu cat sampai kering.


Ketiga: Tandai menggunakan kapur


Tandai ulang garis pada dua warna Teman akan dipisah memakai kapur dan tali. Gunakan kapur untuk menutupi seluruh sisi tali. Tarik tali sepanjang tembok, gabungkan titik-titik yang telah Sobat tandai memakai pensil. Lekatkan dengan ujung tali dengan pita penutup. Cek apakah talinya telah  lurus, kemudian sentak talinya sehingga meninggalkan garis kapur di sepanjang dinding.


Keempat: Tutup menggunakan Selotip


Tempelkan pita penutup di sepanjang garis kapur ketika cat telah  kering. Tentukan cat dengan warna pertama sudah  benar-benar kering. Lalu tempelkan pita penutup sepanjang garis kapur.


Kelima: Aplikasikan warna yang lebih gelap


Gunakan rol cat Kawan, cat warna yang lebih gelap di setengah bagian dinding kedua. Gunakan kuas cat untuk memastikan Anda pengecatan di bagian ujung-ujung pita penutup.


Langkah 6: Buka Selotip penutup


Lepaskan pita penutup untuk menampakkan hasil akhir tembok dua warna Anda
Saat cat masih basah, copot pita penutup untuk melihat hasil akhir desain tembok dua warna Kamu.

Nah itulah Tak Bisa Asal Mengecat, Ini Tahapan Mengecat Ulang Dinding Lama. Semoga dapat memotivasi teman untuk mengecat rumah teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel