8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling

8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling Pencurian saat libur panjang selalu menjadi suatu yang menakutkan untuk pemilik rumah. Namun trik paling mudah seperti apa untuk membuat rumah sobat tetap terlindungi? Paling simpel teman telah memakai alarm system (kalau tidak, bergegaslah), dan mungkin teman mempunyai anjing penjaga menjaga rumah anda juga. Survei menunjukkan bahwa banyak perampok masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut harusnya terkunci dan keras. Di bawah ini merupakan salah satu tips yang dapat digunakanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Tepat?
 8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling
Tentukan pintu yang pas. Kalau pintu depan dan belakang anda tidak aman, kamu kudu memperkuat saat mendekati waktu liburan. Seperti apa Trik untuk teman tahu bahwa pintu teman rentan? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu rentan maling hanyalah lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan asli
Bagian dalam kayu kokoh
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: tentukan pintu besi didukung bagian intinya, dan memiliki suatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (batu bata keras). Kalau tak, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu memakai alat pencurian.

Kalau memasang pintu memakai kerangka baru, hitung juga untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk meredam benturan dari orang-orang yang masuk di saat liburan.

Perkuat semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimal, semua pintu harus ngga berjendela, dan kamu ngga ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga orang jahat bisa merusak jendela dan membongkar pintu dengan gampang.

Kalau teman memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dihancurkan yang dipasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab memasuki rumah target melintasi pintu yang tak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi tidak berguna jika teman tidak menguncinya. Kunci seluruh pintu bagian luar setiap waktu teman pergi hangout – bahkan jika teman cuma pergi beberapa saat saja.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus memiliki kunci deadbolt plus menggunakan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt kudu memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat tanpa adanya sekrup yang terlihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling ngga memiliki panjang 2,5cm. Kuncinya perlu terpasang dengan tepat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci itu harus dirombak
 8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling
Instal deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra ketika kamu ada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan jelas pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat didobrak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan menolongmu secara instan ketika kamu ngga berada di rumah, kunci ini sangat mudah dilihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara termudah mengamankan pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat berkreasi atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling tak, letakkan sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) di bagian bawah pintu supaya tidak dapat dibuka paksa. Trik apapun yang kamu pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan di langkah pengamanan di atas.

Memperkeras Jalan Masuk Kamu

Terapkan pengaman silinder pada samping kunci silinder (sisi dimana teman memasukkan kunci kamu) Orang tidak bertanggungjawab terkadang bisa menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dsb. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar ngga bisa dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan tips ini, namun kalau punya anda belum ada, teman dapat membelinya.
 8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling

Rubah srike plate yang sudah keropos. Strike plate merupakan plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar harus mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dilengkapi dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan palang besi berkualitas rendah atau strike plate yang terpasang memakai baut pendek.
 8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling
Amankan engsel yang tidak aman. Engsel harus berada di bagian dalam pintu. Kalau milik anda ngga di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak dapat dilepas. Kamu bisa mengerjakannya dengan langkah melepas paling ngga 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang tidak dapat dilepas (anda dapat menemuinya di toko hardware) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga kudu diamankan di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan bermutu tinggi, terpasang kunci yang kuat, seorang pencuri masih dapat merangsek masuk rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras dapat dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu tertancap di dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat mudah untuk dibuka, jadi perlakukan cara yang sama pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah teman layaknya pintu depan teman. Kunci juga pintu teman saat dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil kamu atau di garasi kamu

Pintu dan jendela lainnya perlu perawatan setiap waktu, dan pintu yang tidak diperhatikan dengan baik akan membuat pencuri lebih gampang membobol rumah teman. Terlebih, pastikan bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi terawat dan pintunya menempati rel.
Jangan biarkan kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Serapat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci anda. Letakkan kunci anda tersendiri. Jika teman wajib meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah anda layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam urusan mereka, tetapi mereka wajib mempunyai jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci paling kokoh akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga anda, dan harta benda kamu, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, teman masih bisa jadi korban pada suatu saat, dan kamu memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan membuat kamu tak bisa menikmati hidup kamu.

Membuka gembok itu mudah kalau teman tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, setidaknya kita sudah mencoba untuk menghalangi peluang untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih telah membaca 8 Tips Mencegah Rumah Dibobol Maling, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel