Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong Perampokan selalu menjadi suatu yang mengkhawatirkan bagi pemilik rumah. Namun cara terbaik apa untuk menjadikan rumah sobat tetap terjaga? Paling gampang kamu telah memakai alarm system (kalau ngga, lakukan segera), atau mungkin kamu memiliki anjing penjaga mempatroli rumah anda juga. Survei menunjukkan kalau banyak pencuri masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu tersebut harusnya terkunci dan kokoh. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukanApakah Kamu Memiliki Pintu yang Tepat?
 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Buatlah pintu yang kokoh. Kalau pintu depan dan belakang teman lemah, teman perlu merenovasinya ketika mendekati waktu liburan. Bagaimana Caranya anda ngerti bahwa pintu kamu perlu direnovasi? Cukup diketuk saja. Pintu lemah cuma lapisan kayu tipis dengan kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu kuat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi ditopang bagian dalamnya, dan mempunyai sesuatu yang dikenal dengan lock block (batu bata kuat). Kalau tidak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu menggunakan dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu dan kerangka baru, hitung juga untuk memakai pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk meredam benturan dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Ganti semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa kaca. Untuk keamanan maksimum, semua pintu kudu tidak berjendela, dan teman tak ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga orang jahat dapat masuk melalui jendela dan membongkar pintu dari dalam.

Kalau anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, backingi kacanya dengan besi pengaman di bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tak dapat dibongkar yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab memasuki rumah korban memakai pintu yang tak dikunci dengan benar. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi sia-sia kalau kamu tak menggunakannya. Kunci semua pintu bagian luar setiap waktu kamu pergi hangout – bahkan jika kamu hanya pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt plus memakai kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt perlu memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras yang tidak memakai sekrup yang dapat dilihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling ngga memiliki panjang 2,5cm. Kuncinya perlu dipasang dengan benar. Umumnya rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut perlu diperkuat
 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Terapkan deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memberikan keamanan tambahan ketika kamu ada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang tak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan jelas pada pintu jika dilihat dari luar, namun kunci ini tak dapat dihajar tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini ngga akan membantumu secara instan ketika anda ngga di rumah, kunci ini sangat gampang dilihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk menjajal mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terkeren memperkuat pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya agar ngga pindah posisi. Paling ngga, taruh sebuah tongkat (kayu silinder tebal, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya tidak bisa dibuka paksa. Trik apapun yang teman pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah sebelumnya.

Memperkokoh Akses Masuk Kamu

Aplikasikan pengaman silinder pada sekitar kunci silinder (bagian dimana teman memasukkan kunci anda) Orang tidak bertanggungjawab seringkali dapat menghancurkan atau mencopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar memakai linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya memakai besi pengaman kunci atau ring pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar ngga dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah pemakaian pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan ini, namun kalau punya kamu belum ada, teman bisa membelinya.
 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Perkuat srike plate yang sudah rapuh. Strike plate adalah plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar kudu mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Banyak rumah dilengkapi dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang terpasang menggunakan baut pendek.
 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Lindungi engsel yang tak aman. Engsel perlu berada di bagian dalam pintu. Jika punya kamu ngga di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak bisa dicopot. Anda bisa mengerjakannya dengan cara melepas paling ngga 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tidak dapat dilepas (anda dapat membelinya di toko perkakas) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak nampak juga kudu diamankan pada kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu anda kuat dan bermutu tinggi, dilengkapi kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib mencapai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibuka, jadi perlakukan cara yang mirip pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah teman seperti pintu depan kamu. Kunci juga pintu kamu saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan perangkat keras lainnya memerlukan perawatan kapanpun, dan pintu yang ngga diperhatikan dengan baik akan membuat pencuri lebih gampang membobol rumah anda. Terutama, cek bahwa jalur pada pintu geser masih terawat dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Simpan kunci kamu dalam pengawasan. Jika kamu perlu meninggalkan kuncinya di luar, taruh pada tempat kunci berkualitas yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan menjadikan rumah kamu layaknya benteng. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam urusan mereka, namun mereka kudu mempunyai jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak bisa ditolong karena rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci anda pada kerabat, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya anda mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga kamu, dan harta benda kamu, namun jangan membuat rumah teman seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, anda masih dapat jadi korban pada suatu saat, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku menjadikan anda tidak dapat menikmati hidup teman.

Membuka gembok itu gampang jika kamu tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, paling tidak kamu sudah berusaha untuk mempersulit peluang untuk pencuri menggondol barang kita dengan mudah.

Terima kasih sudah membaca Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong, semoga berguna. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel