Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling

Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling Pencurian saat liburan selalu jadi momok yang menakutkan untuk pemilik rumah. Tetapi trik paling mudah seperti apa untuk menjadikan rumah sobat tetap terlindungi? Paling gampang kamu sudah memakai alarm system (jika tidak, bergegaslah), dan mungkin kamu memiliki hewan penjaga mempatroli rumah kamu juga. Statistik membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah menggunakan pintu depan ataupun belakang. So buat pintu tersebut tetap terkunci dan aman. Berikut ini adalah salah satu tips yang dapat digunakanApakah Anda Mempunyai Pintu yang Anti Maling?
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling
Pilih pintu yang tepat. Jika pintu depan dan belakang kamu tidak keras, teman kudu memperbaikinya secepatnya. Bagaimana Trik untuk anda tahu bahwa pintu kamu lemah? Bisa dengan diketuk saja. Pintu tidak aman cuma lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar kudu kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Inti kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: tentukan pintu besi didukung bagian dalamnya, dan memiliki sesuatu yang disebut sebagai lock block mudahnya (beton bata kuat). Jika tak, pencuri bisa membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu menggunakan kerangka baru, tentukan untuk menggunakan pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk menolak pukulan palu dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Perbaiki semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk keamanan maksimum, seluruh pintu wajib ngga berjendela, dan teman tak ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi pencuri dapat masuk melalui jendela kemudian membongkar pintu dari dalam.

Kalau kamu memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dihancurkan yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar pencurian saat liburan, pencuri membongkar rumah korban melewati pintu yang tidak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau anda tidak menguncinya. Kunci semua pintu pada bagian luar kapanpun kamu pergi hangout – bahkan jika teman cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt ditambah memakai kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt kudu memiliki kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh tanpa adanya sekrup yang bisa dilihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya perlu terinstal dengan kokoh. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci itu harus diganti
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling
Pasang deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memperkuat keamanan tambahan ketika teman ada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan jelas pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak dapat dirusak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini ngga akan menolongmu secara langsung ketika anda tak berada di rumah, kunci ini sangat mudah dilihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terbaik mengamankan pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya tidak bergeser. Paling tak, letakkan sebuah tongkat (kayu silinder tebal, misalnya) di bagian bawah pintu supaya tak dapat terbuka. Trik apapun yang anda pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan di langkah di atas.

Memperkuat Pintu Masuk Anda

Pasang pengaman dari silinder pada samping kunci silinder (bagian tempat anda memasukkan kunci kamu) Pencuri seringkali dapat menghancurkan atau menyopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dsb. Lindungi kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak dapat dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari penggunaan pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan tips ini, namun jika punya anda belum ada, kamu dapat membelinya.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling

Rubah srike plate yang telah renta. Strike plate adalah plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar wajib mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang terpasang dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Banyak rumah didirikan dengan palang besi berkualitas rendah atau palang besi yang terpasang menggunakan baut pendek.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling
Amankan engsel yang tidak aman. Engsel kudu ada pada bagian dalam pintu. Kalau milik teman tidak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tak bisa dilepas. Anda dapat mengerjakannya dengan langkah melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang ngga dapat dicopot (teman dapat membelinya di toko perkakas) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang tidak terlihat juga kudu diperkuat di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan berkualitas tinggi, diperkokoh kunci yang keras, seorang pencuri masih dapat membobol rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mengenai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi biasanya sangat mudah untuk dibobol, jadi perlakukan cara yang mirip pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah teman layaknya pintu depan kamu. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan jendela lainnya perlu perhatian setiap saat, dan pintu yang tidak diperhatikan dengan benar akan menciptakan peluang lebih mudah membobol rumah kamu. Terutama, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi baik dan pintunya menempati rel.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat yang tidak aman. Selihai apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci anda. Letakkan kunci kamu sendiri. Kalau kamu perlu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci bermutu yang dipasang dengan benar dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah kamu seperti kastil. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam bidang mereka, namun mereka perlu memiliki jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat diselamatkan karena rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci paling kokoh akan menjadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga anda, dan harta benda teman, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, teman masih dapat jadi korban pada suatu saat, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat teman tidak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu mudah jika kamu tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Namun, setidaknya kita sudah berusaha untuk mempersulit peluang untuk pencuri menggondol barang kita dengan gampang.

Terima kasih telah membaca Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Maling, semoga berguna. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel