16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan Pencurian saat berlibur selalu menjadi suatu yang menakutkan bagi pemudik. Namun trik paling gampang seperti apa untuk menjadikan rumah teman tetap terlindungi? Kemungkinan besar anda telah menggunakan alarm system (kalau ngga, segera lakukan), atau mungkin kamu mempunyai anjing penjaga menjaga rumah teman juga. Statistik menunjukkan kalau banyak perampok masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. Jadi mempunyai pintu itu tetap terkunci dan kokoh. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa digunakanApakah Kamu Mempunyai Pintu yang Anti Maling?
 16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Buatlah pintu yang tepat. Kalau pintu depan dan belakang anda lemah, anda kudu memperbaikinya saat mendekati waktu liburan. Bagaimana Trik untuk anda ngerti bahwa pintu kamu perlu diganti? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu lemah hanyalah lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar perlu solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Inti kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: pastikan pintu besi ditopang bagian intinya, dan memiliki suatu yang dikenal dengan lock block (beton bata keras). Jika tak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu menggunakan alat pencurian.

Kalau memasang pintu dan kerangka baru, perkirakan juga untuk memakai pintu kaca yang memiliki serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk menahan benturan dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Rombak semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa kaca. Untuk tambahan keamanan maksimum, semua pintu kudu tak berkaca, dan anda tak ada jendela yang berdampingan dengan pintu sehingga orang jahat bisa masuk melalui jendela dan membuka pintu dengan mudah.

Kalau teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdekatan, backingi kacanya dengan jeruji pengaman di bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tak dapat dihancurkan yang terpasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar perampokan, pencuri memasuki rumah target melintasi pintu yang tak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan menjadi tidak berguna kalau teman ngga menguncinya. Kunci semua pintu pada bagian luar setiap waktu kamu pergi keluar – walau kamu hanya pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar perlu mempunyai kunci deadbolt didukung dengan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt kudu mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh yang tidak menggunakan sekrup yang dapat dilihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya perlu dipasang dengan tepat. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci itu kudu dirombak
 16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra saat teman berada di rumah. Deadlock, terkadang dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan jelas pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak dapat dirusak tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tidak akan menolongmu secara instan saat teman tidak di rumah, kunci ini sangat mudah terlihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah terkeren memperkuat pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga bisa membuat atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk mencegah pintunya supaya ngga bergeser. Paling ngga, letakkan sebuah tongkat (kayu untuk menahan, misalnya) di bagian bawah pintu supaya tak bisa dibuka paksa. Langkah apapun yang kamu gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah pengamanan sebelumnya.

Memperketat Akses Masuk Kamu

Pasang pengaman silinder yang ada di sekitar kunci silinder (bagian dimana anda memasukkan kunci anda) Orang tidak bertanggungjawab seringkali bisa merusak atau menyopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya dengan besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak bisa dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari pemakaian pipa untuk mencopot silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan tips ini, namun kalau punya anda belum ada, teman dapat membelinya.
 16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

Perkuat srike plate yang telah rapuh. Strike plate adalah batang besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan palang besi berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang menggunakan baut pendek.
 16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Perkuat engsel yang tidak aman. Engsel harus berada pada bagian dalam pintu. Jika punya teman tak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tak bisa dilepas. Anda dapat mengerjakannya dengan cara melepas paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga bisa dilepas (anda dapat mendapatkannya di toko hardware) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang ngga nampak juga wajib diamankan di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu teman keras dan mempunyai mutu tinggi, terpampang kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh bisa dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu mengenai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dibobol, jadi pakailah cara yang mirip pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah anda layaknya pintu depan teman. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya perlu perawatan setiap saat, dan pintu yang tak dijaga dengan baik akan membuat pencuri lebih gampang membobol rumah anda. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih terawat dan pintunya menempati rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci teman. Letakkan kunci teman tersendiri. Kalau kamu wajib meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada tempat kunci berkualitas yang dipasang dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah anda seperti kastil. Pemadam kebakaran memakai alat sederhana untuk masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam bidang mereka, namun mereka perlu mempunyai jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat diselamatkan sebab rumah sangat sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga kamu, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, kamu masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan teman memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku menjadikan anda ngga dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu gampang jika anda tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, paling tidak kamu sudah berusaha untuk menutup peluang untuk pencuri mengambil barang kita dengan gampang.

Terima kasih telah membaca 16 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan, semoga berfaedah. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel