27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan Perampokan selalu menjadi momok yang menakutkan untuk pemilik rumah. Tetapi cara terbaik mana untuk membuat rumah anda tetap terlindungi? Paling gampang kamu telah memakai alarm system (kalau tak, lakukan segera), atau mungkin teman memiliki hewan penjaga mempatroli rumah kamu juga. Survei membuktikan bahwa banyak perampok masuk rumah menggunakan pintu depan ataupun belakang. So mempunyai pintu itu harusnya terkunci dan keras. Di bawah ini adalah salah satu tips yang bisa digunakanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Tentukan pintu yang pas. Kalau pintu depan dan belakang teman tidak kokoh, anda perlu memperkuat kalau ditinggal libur panjang. Seperti apa Trik untuk teman ngerti kalau pintu teman rentan? Cukup mengetuknya saja. Pintu rentan maling cuma lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus pada bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: cek terlebih dahulu pintu besi diperkuat bagian as-nya, dan memiliki suatu yang dikenal dengan lock block (batu bata kuat). Kalau ngga, pencuri dapat membelokkan dengan mudah kusen pintu memakai alat pencurian.

Kalau memasang pintu menggunakan kerangka baru, perkirakan juga untuk memakai pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menyerap pukulan palu dari orang-orang yang masuk secara paksa.

Perkuat semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa kaca. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu kudu ngga berkaca, dan teman tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga orang jahat bisa merusak jendela kemudian membuka pintu dari dalam.

Jika anda memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, lapisi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tak bisa dibongkar yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah korban melewati pintu yang tak dikunci dengan benar. Gembok yang terkuat di dunia pun akan menjadi sia-sia jika teman ngga menguncinya. Kunci semua pintu pada bagian luar setiap waktu kamu pergi berlibur – walau teman hanya pergi beberapa menit.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu memiliki kunci deadbolt plus memakai kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh tanpa adanya sekrup yang dapat dilihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya kudu terinstal dengan kuat. Biasanya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu perlu dibuang
 27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Instal deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memperkuat keamanan tambahan saat kamu berada di rumah. Deadlock, seringnya dikenal juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan terang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat dihajar tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan menolongmu secara instan saat kamu tak di rumah, kunci ini sangat mudah terlihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah termudah memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci pada bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) di bagian bawah pintu supaya ngga dapat terbuka. Cara apapun yang kamu pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang direkomendasikan di langkah pengamanan di atas.

Memperkeras Akses Masuk Kamu

Pasang pengaman dari silinder pada sekitar kunci silinder (bagian dimana anda memasukkan kunci kamu) Pencuri seringnya dapat menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya dengan besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tidak bisa dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan menghindari penggunaan pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci telah terpasang dengan tips ini, tetapi kalau punya teman belum ada, teman dapat membelinya.
 27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

Perkuat srike plate yang telah keropos. Strike plate adalah plate besi yang ada pada kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dipasang dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan strike plate berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang memakai baut pendek.
 27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Amankan engsel yang ngga terlindungi. Engsel kudu berada di bagian dalam pintu. Kalau milik kamu tidak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak dapat dicopot. Anda dapat melakukannya dengan langkah melepas paling tidak 2 baut di tengah engsel (pada setiap bagian) dan menggantinya dengan pin engsel yang tidak bisa dicopot (teman bisa membelinya di toko bangunan) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak nampak juga harus diamankan di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu anda kokoh dan bermutu tinggi, terpampang kunci yang kuat, seorang pencuri masih bisa memasuki rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya wajib mencapai dinding.
Perkuat Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dibuka, jadi pakailah langkah yang sama pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah teman layaknya pintu bagian luar anda. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meninggalkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan jendela lainnya membutuhkan perawatan kapanpun, dan pintu yang tidak diperhatikan dengan benar akan membuat pencuri lebih mudah membobol rumah kamu. Terlebih, cek bahwa jalur pada pintu geser masih terawat dan pintunya menempati jalur.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat yang tidak aman. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci teman. Simpan kunci anda sendiri. Kalau teman perlu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada kotak kunci berkualitas yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah anda seperti kerajaan. Pemadam kebakaran memakai alat manual untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang ahli dalam bidang mereka, tetapi mereka wajib mempunyai jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat ditolong karena rumah terlalu sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, ketimbang meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga teman, dan harta benda kamu, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, teman masih dapat jadi korban pada suatu saat, dan teman memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat kamu ngga dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu gampang kalau anda tahu caranya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, setidaknya kita telah mencoba untuk menghalangi peluang untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih telah membaca 27 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan, semoga berguna. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel