10 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling

10 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling Pencurian saat libur panjang selalu jadi suatu yang menakutkan bagi pemilik rumah. Tetapi trik paling gampang seperti apa untuk menjadikan rumah sobat tetap safe? Paling gampang teman sudah memasang alarm system (jika tak, kamu dapat memikirkannya lagi), dan mungkin anda mempunyai hewan penjaga mempatroli rumah teman juga. Poling menunjukkan kalau banyak pencuri masuk rumah menggunakan pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu itu harusnya terkunci dan kokoh. Di bawah ini merupakan salah satu tips yang dapat dilakukanSudahkah Anda Mempunyai Pintu yang Kuat?
 10 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling
Ambil pintu yang tepat. Jika pintu depan dan belakang kamu gampang dibobol, anda wajib memperbaikinya kalau ditinggal libur panjang. Bagaimana Caranya anda ngerti bahwa pintu anda lemah? Cukup diketuk saja. Pintu lemah hanyalah lapisan kayu tipis dengan kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Inti kayu kokoh
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: cek terlebih dahulu pintu besi ditopang bagian dalamnya, dan mempunyai sesuatu yang disebut sebagai lock block (batu bata kokoh). Kalau ngga, pencuri dapat membelokkan dengan gampang kusen pintu menggunakan dongkrak mobil.

Kalau mengganti pintu menggunakan kerangka baru, hitung juga untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini mencegah untuk meredam benturan dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Rombak semua pintu luar yang berjendela dengan pintu tanpa view. Untuk keamanan maksimum, semua pintu perlu tak berkaca, dan anda tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi orang jahat dapat merusak jendela dan membuka pintu dengan gampang.

Kalau anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, perkuat kacanya dengan besi pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang ngga dapat dihancurkan yang dipasang pada belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Sering ditemukan sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membobol rumah korban melintasi pintu yang ngga dikunci dengan benar. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau kamu tak menggunakannya. Kunci semua pintu bagian luar setiap waktu teman pergi keluar – walau anda cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus mempunyai kunci deadbolt didukung menggunakan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt kudu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat yang tidak memakai sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya kudu dipasang dengan kokoh. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang mempunyai panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut wajib dibuang
 10 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling
Terapkan deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra saat anda ada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin bisa dilihat dengan jelas pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat dibuka tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan menolongmu secara instan saat kamu tak di rumah, kunci ini sangat mudah dilihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan memikir dua kali untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Langkah terbaik mengamankan pintu geser adalah dengan menginstal kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau mencari online sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya ngga pindah posisi. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, contohnya) di bagian bawah pintu supaya ngga dapat terbuka. Langkah apapun yang kamu pakai, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan pada langkah pengamanan sebelumnya.

Memperkokoh Pintu Masuk Anda

Gunakan pengaman silinder di samping kunci silinder (bagian dimana kamu memasukkan kunci kamu) Pencuri seringnya dapat menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dsb. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar ngga mudah dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah pemakaian pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan ini, tetapi kalau punya kamu belum ada, teman dapat membelinya.
 10 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling

Perkuat srike plate yang telah keropos. Strike plate adalah plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar harus mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dilengkapi dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah didirikan dengan palang besi berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang memakai baut pendek.
 10 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling
Amankan engsel yang tak terlindungi. Engsel perlu berada pada bagian dalam pintu. Kalau punya kamu tidak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tidak dapat dilepas. Kamu dapat melakukannya dengan cara mencopot paling tidak 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tak bisa dilepas (teman dapat membelinya di toko hardware) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang tak terlihat juga perlu diamankan di kusen pintu memakai batu 7 cm.
 10 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling
Kuatkan kusen pintumu. Walaupun pintu teman keras dan berkualitas tinggi, terpasang kunci yang keras, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan merusak atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya diletakkan di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang keras dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya kudu mencapai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dibobol, jadi gunakan cara yang mirip pada jalan masuk diantara garasi kamu dan rumah anda seperti pintu depan anda. Kunci juga pintu anda ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan furniture lainnya perlu perhatian kapanpun, dan pintu yang tak diperhatikan dengan benar akan menciptakan peluang lebih gampang memasuki rumah teman. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih bagus dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Serapat apapun disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan bertemu kunci kamu. Simpan kunci teman dalam pengawasan. Kalau teman perlu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di kotak kunci bermutu yang diposisikan dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan membuat rumah kamu layaknya kastil. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang jago dalam bidang mereka, tetapi mereka harus mempunyai jalur lain layaknya jendela depan. Banyak kasus terjadi seseorang tidak dapat ditolong karena rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci teman pada kerabat, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci paling kuat akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga kamu, dan harta benda teman, namun jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, teman masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan teman mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku menjadikan teman ngga dapat menikmati hidup kamu.

Membuka gembok itu mudah kalau anda tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Namun, paling tidak kamu sudah mencoba untuk mempersulit kemungkinan untuk pencuri menggondol barang kita dengan gampang.

Terima kasih telah membaca 10 Langkah Mencegah Rumah Dibobol Maling, semoga berguna. Happy long Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel