Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong Perampokan selalu menjadi momok yang menakutkan bagi pemilik rumah. Tetapi cara terbaik apa untuk membuat rumah teman tetap terjaga? Kemungkinan besar anda sudah memakai alarm system (jika tidak, bergegaslah), dan mungkin anda memiliki anjing penjaga mempatroli rumah anda juga. Poling membuktikan bahwa banyak perampok masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu itu tetap terkunci dan kokoh. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukanApakah Anda Memiliki Pintu yang Tepat?
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Tentukan pintu yang kokoh. Jika pintu depan dan belakang anda lemah, anda kudu memperbaikinya secepatnya. Seperti apa Caranya teman ngerti bahwa pintu teman lemah? Bisa dengan diketuk saja. Pintu lemah cuma lapisan kayu tidak tebal dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar harus solid dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan yang bukan kaleng kaleng
Bagian dalam kayu kuat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: pastikan pintu besi ditopang bagian dalamnya, dan mempunyai sesuatu yang disebut sebagai lock block (beton bata kuat). Jika tidak, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu menggunakan dongkrak mobil.

Kalau memasang pintu memakai kerangka baru, pertimbangkan untuk menggunakan pintu kaca yang mempunyai serat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk meredam pukulan palu dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Rombak semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, semua pintu kudu ngga berjendela, dan kamu tidak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga orang jahat dapat merusak jendela kemudian membongkar pintu dari dalam.

Jika kamu memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, lapisi kacanya dengan besi pengaman di bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang ngga dapat dihancurkan yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Anda
Pada sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah target menggunakan pintu yang tak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi tidak berguna kalau teman tidak menguncinya. Kunci semua pintu pada bagian luar setiap waktu anda pergi berlibur – walau kamu cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt didukung dengan kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt kudu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi keras yang tidak menggunakan sekrup yang terlihat dari luar), kalau perlu dengan kunci gerendel paling tidak sepanjang 2,5cm. Kuncinya perlu dipasang dengan kokoh. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu kudu diganti
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Pasang deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan menambah keamanan tambahan saat anda ada di rumah. Deadlock, seringnya disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk keluar’ yaitu deadbolt yang ngga mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan jelas pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini tak dapat dibuka tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tidak akan membantumu secara langsung saat kamu tidak di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Langkah termudah memperkuat pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci pada bagian atas dan bawahnya. Kamu juga bisa membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya tidak bergeser. Paling ngga, letakkan sebuah tongkat (kayu silinder tebal, contohnya) pada bagian bawah pintu supaya tak dapat terbuka. Langkah apapun yang teman gunakan, cobalah untuk menguatkan kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah sebelumnya.

Memperkuat Akses Masuk Anda

Pakai pengaman silinder pada samping kunci silinder (sisi dimana anda memasukkan kunci teman) Orang tidak bertanggungjawab seringnya dapat menghancurkan atau mempreteli kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dicongkel menggunakan linggis dsb. Jaga kuncinya dengan besi pengaman kunci atau silinder pelindung pada kedua sisi pintunya. Terapkan besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan mencegah penggunaan pipa untuk melepas silindernya. Banyak kunci sudah menjadi aman dengan ini, namun jika punya kamu belum ada, teman dapat membelinya.
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong

Perkuat srike plate yang sudah renta. Strike plate merupakan plate besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar wajib mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Sudah sering rumah dibangun dengan strike plate berkualitas rendah atau palang besi yang dipasang dengan baut pendek.
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Lindungi engsel yang tak aman. Engsel harus berada di bagian dalam pintu. Jika punya anda tidak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tak dapat dicopot. Kamu bisa melakukannya dengan cara mencopot paling tak 2 baut di tengah engsel (di setiap bagian) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang tak dapat dicopot (anda dapat membelinya di toko perkakas) atau baut panjang yang memiliki kepala dua. Engsel yang tidak nampak juga perlu diperkuat pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong
Perkokoh kusen pintumu. Walaupun pintu kamu kuat dan berkualitas tinggi, terpampang kunci yang jelas, seorang pencuri masih bisa memasuki rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan gampang memisahkan kusennya dengan dinding. Pastikan kusen pintu pada dinding dengan memasang beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya harus tertancap di dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dibobol, jadi gunakan langkah yang mirip pada jalan masuk diantara garasi anda dan rumah kamu seperti pintu depan teman. Kunci juga pintu kamu saat dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil kamu atau di garasi anda

Pintu dan jendela lainnya perlu perawatan kapanpun, dan pintu yang ngga dirawat dengan benar akan menciptakan peluang lebih mudah membobol rumah kamu. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser masih bagus dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Serapat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan bertemu kunci anda. Simpan kunci teman sendiri. Kalau kamu harus meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada tempat kunci berkualitas yang diposisikan dengan benar dan tidak terlihat.

Jangan menjadikan rumah kamu seperti kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat manual untuk menolong masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam urusan mereka, namun mereka wajib mempunyai jalur lain seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan karena rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau diskusikan untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci kamu disamping pintunya.

Sistem kunci paling kuat akan menjadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya teman mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga kamu, dan harta benda anda, tetapi jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan kamu, kamu masih dapat menjadi korban pada suatu saat, dan anda memiliki kehidupan sehari-hari – jangan biarkan ketakutan menjadikan teman ngga dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah kalau anda tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Namun, setidaknya kamu sudah berusaha untuk menghalangi kemungkinan untuk pencuri mengambil barang dengan gampang.

Terima kasih telah membaca Langkah Mengamankan Rumah dari Pencuri Rumah Kosong, semoga berfaedah. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel