16 Cara Mencegah Rumah Dibobol Pencuri

16 Cara Mencegah Rumah Dibobol Pencuri Pencurian saat liburan selalu menjadi momok yang menakutkan bagi pemilik rumah. Namun trik paling gampang seperti apa untuk membuat rumah sobat tetap aman? Paling simpel kamu telah memasang alarm system (kalau ngga, anda dapat mempertimbangkannya lagi), dan mungkin teman mempunyai anjing penjaga mempatroli rumah anda juga. Statistik menunjukkan kalau banyak perampok masuk rumah melewati pintu depan ataupun belakang. Jadi memiliki pintu tersebut harusnya terkunci dan kokoh. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 16 Cara Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Buatlah pintu yang aman. Jika pintu depan dan belakang teman tidak aman, teman perlu menggantinya saat mendekati waktu liburan. Bagaimana Caranya kamu tahu kalau pintu teman tidak kuat? Cukup diketuk saja. Pintu mudah dibobol hanyalah lapisan kayu tipis dengan kardus di bagian dalamnya. Untuk pintu bagian luar harus kuat dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca berserat
Papan asli
Bagian dalam kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: tentukan pintu besi ditopang bagian intinya, dan mempunyai suatu yang dikenal dengan lock block mudahnya (batu bata keras). Kalau tidak, pencuri bisa membengkokkan kusen pintu memakai dongkrak mobil.

Jika memasang pintu memakai kerangka baru, tentukan untuk memakai pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu dengan kekuatan ekstra ini membantu untuk menolak benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk secara paksa.

Rombak semua pintu yang letaknya di luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa jendela. Untuk keamanan maksimal, seluruh pintu kudu ngga berkaca, dan teman tak ada jendela yang berdampingan dengan pintu jadi pencuri dapat merusak jendela dan membuka pintu dengan mudah.

Kalau anda memiliki pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdampingan, lapisi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau rangkaian polycarbonate yang tak dapat dihancurkan yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar pencurian saat liburan, pencuri membobol rumah target memakai pintu yang tidak dikunci dengan benar. Gembok yang paling keras di dunia pun akan jadi tidak berguna jika anda tak menguncinya. Kunci seluruh pintu pada bagian luar kapanpun kamu pergi hangout – bahkan jika teman cuma pergi beberapa menit.

Pasang kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar wajib mempunyai kunci deadbolt ditambah memakai kunci yang terpasang di gagang pintu. Kunci deadbolt perlu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh tanpa adanya sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa memakai kunci gerendel paling tak mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya perlu terinstal dengan tepat. Umumnya rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut harus diganti
 16 Cara Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Pasang deadlock.

Menambah kunci tambahan akan menambah keamanan ekstra saat anda berada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan mudah pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak dapat didobrak tanpa mendobrak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini ngga akan menolongmu secara langsung ketika kamu ngga di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan orang tak bertanggungjawab pun akan maju mundur untuk menjajal membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan lupakan pintu geser.
Cara terbaik mengamankan pintu geser yaitu dengan menginstal kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat berkreasi atau mencari di toko kunci sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menghindari pintunya supaya tak bergeser. Paling tak, taruh sebuah tongkat (kayu silinder tebal, contohnya) di bagian bawah pintu supaya ngga dapat dibuka paksa. Langkah apapun yang kamu pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis di langkah pengamanan sebelumnya.

Memperketat Jalan Masuk Anda

Aplikasikan pengaman dari silinder pada samping kunci silinder (sisi dimana teman memasukkan kunci kamu) Orang tidak bertanggungjawab seringkali bisa menghancurkan atau menyopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dicongkel memakai linggis dan sebagainya. Lindungi kuncinya memakai besi pengaman kunci atau cincin pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup supaya tidak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di sekitar silinder akan mencegah penggunaan pipa guna melepas silindernya. Banyak kunci telah menjadi aman dengan ini, namun kalau punya anda belum ada, anda dapat membelinya.
 16 Cara Mencegah Rumah Dibobol Pencuri

Rubah srike plate yang telah keropos. Strike plate merupakan plate besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Banyak rumah dibangun dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang dipasang menggunakan baut pendek.
 16 Cara Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Lindungi engsel yang ngga terlindungi. Engsel kudu ada pada bagian dalam pintu. Jika milik anda tak di dalam pintu, pasang kembali pintunya atau perkuat engsel dengan pin yang tak dapat dicopot. Anda bisa mengerjakannya dengan cara melepas paling ngga 2 baut di tengah engsel (di setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang ngga dapat dilepas (kamu bisa membelinya di toko hardware) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang tak nampak juga perlu diamankan pada kusen pintu memakai batu 7 cm.
 16 Cara Mencegah Rumah Dibobol Pencuri
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu anda keras dan bermutu tinggi, diperkokoh kunci yang sulit dijebol, seorang pencuri masih bisa memasuki rumah dengan merusak atau membobol kusen pintu. Kebanyakan kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kokoh dapat dengan gampang menjebol kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu mengenai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dibobol, jadi pakailah langkah yang mirip pada pintu diantara garasi kamu dan rumah kamu seperti pintu depan anda. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah pada mobil anda atau di garasi anda

Pintu dan jendela lainnya butuh perawatan dari waktu ke waktu, dan pintu yang tidak dirawat dengan baik akan menciptakan peluang lebih mudah memasuki rumah kamu. Khususnya, cek bahwa jalur pada pintu geser dalam kondisi bagus dan pintunya tetap dalam jalur.
Jangan sampai kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Selihai apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci teman. Simpan kunci kamu sendiri. Kalau kamu harus meninggalkan kuncinya di luar, taruh di tempat kunci bermutu yang diposisikan dengan benar dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah anda layaknya kastil. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk menolong masuk rumah saat ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam bidang mereka, namun mereka harus memiliki jalur mudah seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa ditolong karena rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci teman pada tetanggamu, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang nampak jelas dengan kunci teman disamping pintunya.

Sistem kunci paling kokoh akan jadi percuma kalau kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri kamu, keluarga teman, dan harta benda anda, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan teman, teman masih bisa menjadi korban pada suatu ketika, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat teman tak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu mudah jika kamu tahu cara melakukannya, bahkan untuk deadbolt. Tetapi, paling tidak kamu sudah mencoba untuk mempersulit peluang untuk pencuri mengambil barang kita dengan mudah.

Terima kasih telah membaca 16 Cara Mencegah Rumah Dibobol Pencuri, semoga berfaedah. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel