27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri

27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri Perampokan selalu menjadi suatu yang menakutkan bagi pemilik rumah. Tetapi trik terbaik mana untuk menjadikan rumah sobat tetap terjaga? Kemungkinan besar anda telah memakai alarm system (kalau ngga, anda dapat memikirkannya lagi), atau mungkin anda mempunyai hewan penjaga menjaga rumah teman juga. Survei membuktikan bahwa banyak pencuri masuk rumah melalui pintu depan ataupun belakang. Jadi mempunyai pintu tersebut harusnya terkunci dan kokoh. Berikut ini merupakan salah satu tips yang dapat digunakanSudahkah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri
Pilih pintu yang keras. Kalau pintu depan dan belakang anda lemah, kamu kudu merenovasinya secepatnya. Seperti apa Trik untuk anda tahu bahwa pintu teman lemah? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu lemah cuma lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat keras dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang memiliki serat
Papan asli
Bagian dalam kayu solid
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Catatan: tentukan pintu besi didukung bagian as-nya, dan mempunyai suatu yang dikenal dengan lock block (batu bata kuat). Jika ngga, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu menggunakan dongkrak mobil.

Kalau memasang pintu memakai kerangka baru, tentukan untuk menggunakan pintu kaca yang memiliki serat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa memakai engsel pengaman). Pintu seperti ini mencegah untuk menolak benturan dari pencuri rumah kosong yang masuk di saat liburan.

Perbaiki semua pintu luar yang mempunyai kaca dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimum, semua pintu kudu ngga berkaca, dan kamu tak ada jendela yang cukup dekat dengan pintu jadi orang jahat dapat masuk melalui jendela kemudian membuka pintu dengan gampang.

Jika anda mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela didekatnya, lapisi kacanya dengan jeruji pengaman pada bagian luarnya atau panel polycarbonate yang tak dapat dihancurkan yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar perampokan, orang tidak bertanggungjawab membongkar rumah target memakai pintu yang tidak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan jadi sia-sia kalau teman tak menguncinya. Kunci semua pintu bagian luar setiap waktu kamu pergi berlibur – bahkan jika kamu hanya pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar harus mempunyai kunci deadbolt plus memakai kunci yang ada di gagang pintu. Kunci deadbolt wajib mempunyai kualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi kokoh tanpa adanya sekrup yang terlihat dari luar), jangan lupa menggunakan kunci gerendel paling ngga mempunyai panjang 2,5cm. Kuncinya wajib terinstal dengan benar. Biasanya rumah memiliki kunci deadbolt berkualitas rendah atau kunci gerendel yang memiliki panjang kurang dari 2,5 cm. Kunci tersebut kudu diganti
 27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri
Instal deadlock.

Menambah kunci tambahan akan memberikan keamanan tambahan saat anda ada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga dengan ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ yaitu deadbolt yang ngga memiliki kuncinya. Ini mungkin bisa terlihat dengan terang pada pintu jika dilihat dari luar, tetapi kunci ini tidak dapat didobrak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman seperti ini tidak akan menolongmu secara instan saat teman tak di rumah, kunci ini sangat gampang terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba membongkarnya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Amankan pintu geser.
Cara terbaik memperkuat pintu geser yaitu dengan memasang kunci pintu yang memiliki kunci di bagian atas dan bawahnya. Kamu juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu ke tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya agar tidak pindah posisi. Paling tak, taruh sebuah tongkat (kayu untuk menahan, contohnya) pada bagian bawah pintu agar tak dapat terbuka. Cara apapun yang anda pakai, cobalah untuk memperkuat kacanya dengan panel polycarbonate, seperti yang dijelaskan di langkah pengamanan di atas.

Memperketat Jalan Masuk Anda

Pakai pengaman silinder yang ada pada samping kunci silinder (bagian tempat anda memasukkan kunci anda) Pencuri terkadang dapat menghancurkan atau mencopot kunci silinder dengan memakai palu, kunci inggris, atau dibongkar menggunakan linggis dan sebagainya. Jaga kuncinya dengan besi pengaman kunci atau cincin pelindung di kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak gampang dibongkar. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari pemakaian pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan ini, tetapi jika punya kamu belum ada, teman bisa membelinya.
 27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri

Perkuat srike plate yang telah rapuh. Strike plate merupakan batang besi yang mengelilingi kunci pintu (lubang pada pintu dimana kuncinya berada). Semua pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang keras yang dipasang dengan 4 baut yang memiliki panjang 7,6 cm. Sudah sering rumah didirikan dengan strike plate dengan mutu rendah atau strike plate yang terpasang dengan baut pendek.
 27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri
Amankan engsel yang tak aman. Engsel wajib berada pada bagian dalam pintu. Kalau milik kamu ngga di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak dapat dicopot. Kamu dapat mengerjakannya dengan cara mencopot paling ngga 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan memperkuatnya dengan pin engsel yang ngga dapat dilepas (kamu bisa menemuinya di toko bangunan) atau baut panjang berkepala dua. Engsel yang tak nampak juga perlu diamankan di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu anda kuat dan mempunyai mutu tinggi, terpasang kunci yang jelas, seorang pencuri masih dapat memasuki rumah dengan menghancurkan atau membobol kusen pintu. Seringnya kusen pintu hanya ditempel di dinding, jadi sebuah linggis atau tendangan yang kuat dapat dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu pada dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm diantara kusen dan palang pintu. Bautnya harus mengenai dinding.
Jangan lupakan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dibobol, jadi perlakukan langkah yang sama pada pintu diantara garasi anda dan rumah anda seperti pintu depan teman. Kunci juga pintu teman ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan perangkat keras lainnya membutuhkan perawatan kapanpun, dan pintu yang ngga dirawat dengan baik akan menciptakan peluang lebih gampang membobol rumah kamu. Terutama, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih baik dan pintunya menempati rel.
Jangan biarkan kunci “disembunyikan” di bawah karpet pintu, dalam pot, atau tempat seperti itu. Tidak peduli sebaik apa disembunyikannya, ada kemungkinan baik seorang pencuri akan menemukan kunci kamu. Letakkan kunci teman dalam pengawasan. Kalau teman wajib meninggalkan kuncinya di luar, letakkan di tempat kunci berkualitas yang dipasang dengan benar dan tersembunyi.

Jangan membuat rumah kamu seperti kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Pemadam memang ahli dalam bidang mereka, namun mereka kudu mempunyai jalur lain seperti jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak bisa diselamatkan sebab rumah terlalu sulit dibobol akhirnya pemilik rumah tidak dapat keluar dengan gampang.

Tinggalkan salinan kunci anda pada kerabat, atau minta tolong untuk menyimpannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan alat,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terkokoh akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri anda, keluarga teman, dan harta benda anda, namun jangan membuat rumah anda seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, kamu masih dapat jadi korban pada suatu ketika, dan kamu mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku menjadikan teman tak dapat melangkah maju ke depan.

Membuka gembok itu mudah kalau kamu tahu caranya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, setidaknya kita sudah mencoba untuk mempersulit peluang untuk pencuri menggondol barang dengan gampang.

Terima kasih telah membaca 27 Cara Mengamankan Rumah dari Pencuri, semoga berguna. Happy Weekend.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel