Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok

Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok Perampokan selalu jadi suatu yang menakutkan bagi pemilik rumah. Namun cara terbaik apa untuk menjadikan rumah teman tetap terjaga? Paling mudah teman sudah memakai alarm system (jika ngga, segera lakukan), atau mungkin teman mempunyai anjing penjaga mempatroli rumah kamu juga. Poling menunjukkan kalau banyak pencuri masuk rumah memakai pintu depan ataupun belakang. Jadi buat pintu tersebut tetap terkunci dan kuat. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukanApakah Anda Memiliki Pintu yang Kuat?
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Buatlah pintu yang kokoh. Kalau pintu depan dan belakang kamu rentan maling, anda kudu menggantinya secepatnya. Bagaimana Caranya teman ngerti kalau pintu anda tidak kuat? Bisa dengan mengetuknya saja. Pintu gampang dibobol hanyalah lapisan kayu tipis dengan ditutup kardus di bagian dalamnya. Semua pintu bagian luar memeng terlihat kokoh dan terbuat dari bahan-bahan ini:
Kaca yang mempunyai serat
Papan asli
Inti kayu padat
Besi
9 Cara Mengatasi WC Mampet Karena Kain

(Tips: cek terlebih dahulu pintu besi ditopang bagian dalamnya, dan memiliki sesuatu yang disebut sebagai lock block (batu bata kuat). Kalau ngga, pencuri dapat membengkokkan kusen pintu menggunakan alat pencurian.

Kalau mengganti pintu memakai kerangka baru, tentukan untuk menggunakan pintu kaca berserat yang mengarah ke arah keluar bukan ke dalam rumah (dan jangan lupa menggunakan engsel pengaman). Pintu seperti ini membantu untuk menahan benturan dari orang-orang yang masuk kalau suasana sepi.

Perbaiki semua pintu yang letaknya di luar yang berjendela dengan pintu tanpa view. Untuk tambahan keamanan maksimum, semua pintu perlu tidak berkaca, dan kamu ngga ada jendela yang cukup dekat dengan pintu sehingga orang jahat bisa merusak jendela kemudian membongkar pintu dengan gampang.

Jika teman mempunyai pintu kaca geser, panel pintu kaca atau jendela yang berdekatan, lapisi kacanya dengan besi pengaman di bagian luarnya atau panel polycarbonate yang ngga bisa dihancurkan yang terpasang di belakang kaca.

Kunci Pintu Kamu
Pada sebagian besar pencurian saat liburan, orang tidak bertanggungjawab memasuki rumah target menggunakan pintu yang tidak terkunci. Gembok yang terkuat di dunia pun akan menjadi tidak berguna jika teman tak menguncinya. Kunci seluruh pintu bagian luar kapanpun anda pergi berlibur – bahkan jika teman cuma pergi beberapa saat saja.

Perkuat kunci pintu deadbolt.

Kecuali pintu geser, semua pintu bagian luar kudu mempunyai kunci deadbolt plus dengan kunci yang terpasang pada gagang pintu. Kunci deadbolt kudu berkualitas tinggi (tingkat 1 atau 2), besi padat yang tidak menggunakan sekrup yang dapat dilihat dari luar), ditambah dengan kunci gerendel paling ngga sepanjang 2,5cm. Kuncinya kudu terinstal dengan tepat. Kebanyakan rumah mempunyai kunci deadbolt dengan kualitas rendah atau kunci gerendel yang panjangnya kurang dari 2,5 cm. Kunci seperti itu wajib diperkuat
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Instal deadlock.

Memperkuat kunci tambahan akan memberikan keamanan tambahan saat anda ada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk pergi liburan’ adalah deadbolt yang tak memiliki kuncinya. Ini mungkin dapat dilihat dengan terang pada pintu kalau dilihat dari luar, tetapi kunci ini ngga dapat didobrak tanpa merusak pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tak akan membantumu secara instan saat teman tidak di rumah, kunci ini sangat mudah dilihat dan pencuri pun akan maju mundur untuk mencoba mendobraknya.
Contoh Model Rumah Minimalis Beserta Denah Terlengkap

Jangan biarkan pintu geser.
Langkah termudah mengamankan pintu geser adalah dengan memasang kunci pintu yang mempunyai kunci di bagian atas dan bawahnya. Anda juga dapat membuat atau membeli sebuah stang yang mengayun ke bawah dari kusen pintu sampai tengah-tengah pintu untuk menahan pintunya supaya tidak pindah posisi. Paling tidak, taruh sebuah tongkat (kayu penyangga, contohnya) di bagian bawah pintu supaya tak bisa dibuka paksa. Cara apapun yang anda gunakan, cobalah untuk memperkuat kacanya menggunakan panel polycarbonate, seperti yang ditulis pada langkah di atas.

Memperkokoh Jalan Masuk Kamu

Aplikasikan pengaman dari silinder di sekitar kunci silinder (bagian dimana kamu memasukkan kunci anda) Pencuri seringnya bisa merusak atau mencopot kunci silinder dengan menggunakan palu, kunci inggris, atau dibongkar memakai linggis dsb. Lindungi kuncinya menggunakan besi pengaman kunci atau ring pelindung pada kedua sisi pada pintunya. Pasang besi pengaman kunci dengan sekrup agar tak dapat dilepas. Lingkaran pengaman kunci di samping silinder akan menghindari penggunaan pipa guna mencopot silindernya. Banyak kunci sudah terpasang dengan tips ini, namun jika punya anda belum ada, teman dapat membelinya.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok

Rubah srike plate yang sudah rapuh. Strike plate adalah batang besi yang di sekitar kunci pintu (lubang pada pintu yang mana kuncinya berada). Seluruh pintu bagian luar bagusnya mempunyai pengaman besi strike plate yang kokoh yang dilengkapi dengan 4 baut yang mempunyai panjang 7,6 cm. Banyak rumah didirikan dengan strike plate dengan mutu rendah atau palang besi yang dipasang memakai baut pendek.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Amankan engsel yang tak terlindungi. Engsel harus berada di bagian dalam pintu. Kalau punya kamu tidak di dalam pintu, tambahkan kembali pintunya atau amankan engsel dengan pin yang tidak dapat dicopot. Kamu dapat melakukannya dengan langkah mencopot paling tidak 2 baut di tengah engsel (pada setiap sisi) dan menggantinya dengan pin engsel yang tak bisa dicopot (teman dapat membelinya di toko bangunan) atau baut panjang yang mempunyai kepala dua. Engsel yang ngga terlihat juga harus diperkuat di kusen pintu menggunakan batu 7 cm.
 Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok
Pertebal kusen pintumu. Walaupun pintu anda kuat dan bermutu tinggi, dilengkapi kunci yang kuat, seorang pencuri masih bisa merangsek masuk rumah dengan menghancurkan atau mencongkel kusen pintu. Seringnya kusen pintu cuma ditempel di dinding, jadi satu linggis atau tendangan yang keras dapat dengan mudah memisahkan kusennya dengan dinding. Amankan kusen pintu di dinding dengan melengkapinya beberapa baut 7cm antara kusen dan palang pintu. Bautnya perlu mengenai dinding.
Perhatikan Pintu Garasi
Pintu garasi dikenal sangat gampang untuk dibuka, jadi pakailah cara yang sama pada jalan masuk diantara garasi kamu dan rumah teman layaknya pintu depan kamu. Kunci juga pintu kamu ketika dalam garasi dan jangan meletakkan kunci rumah di mobil anda atau di garasi kamu

Pintu dan jendela lainnya perlu perawatan dari waktu ke waktu, dan pintu yang tidak dijaga dengan benar akan membuat pencuri lebih mudah membobol rumah teman. Khususnya, pastikan bahwa jalur pada pintu geser masih terawat dan pintunya tetap dalam rel.
Jangan sampai kunci “disimpan” di bawah karpet pintu, dalam tanaman, atau tempat seperti itu. Serapat apapun disembunyikannya, ada peluang baik seorang pencuri akan menemukan kunci teman. Simpan kunci anda sendiri. Jika kamu kudu meninggalkan kuncinya di luar, letakkan pada kotak kunci berkualitas yang diposisikan dengan tepat dan tersembunyi.

Jangan menjadikan rumah teman layaknya kerajaan. Pemadam kebakaran menggunakan alat sederhana untuk masuk rumah ketika ada panggilan darurat. Mereka memang jago dalam bidang mereka, tetapi mereka perlu mempunyai jalur mudah layaknya jendela depan. Banyak kejadian seseorang tidak dapat diselamatkan karena rumah sangat sulit dibuka akhirnya pemilik rumah tidak bisa keluar dengan mudah.

Tinggalkan salinan kunci anda pada kerabat, atau minta tolong untuk menyembunyikannya di sekitar rumah mereka, daripada meninggalkan kunci,  sembunyikan-kunci yang terlihat jelas dengan kunci anda disamping pintunya.

Sistem kunci terkuat akan jadi percuma jika kusen pintunya lemah. Pastikan kusen pintu sekuat dan seaman kunci pintu.
Ingat Ingat
Jangan terobsesi dengan kemanan. Tentunya kamu mau mengambil semua langkah rasional untuk melindungi diri teman, keluarga anda, dan harta benda teman, tetapi jangan membuat rumah kamu seperti penjara. Tak peduli sebanyak apa persiapan anda, kamu masih bisa menjadi korban pada suatu saat, dan anda mempunyai kehidupan sehari-hari – jangan biarkan rasa taku membuat teman tidak dapat bersenang senang.

Membuka gembok itu mudah jika anda tahu cara melakukannya, bahkan pada deadbolt. Tetapi, paling tidak kita telah berusaha untuk menutup peluang untuk pencuri mengambil barang kita dengan gampang.

Terima kasih telah membaca Liburan Anti Was was, Akali dengan Pintu Anti Rampok, semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel